Pebola voli Surabaya Bhayangkara Samator Khan Aimal (kanan) melakukan smes ke arah lawannya Jakarta BNI 46 pada Final Four Proliga 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/3/2022). Surabaya Bhayangkara | ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Olahraga

Lavani Vs Samator di Grand Final Proliga 2022

kemenangan Jakarta BNI 46 atas Pertamina Pertamax juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Lavani.

JAKARTA -- Tim bola voli putra Bogor Lavani menjadi penantang Surabaya Bhayangkara Samator pada grand final PLN Mobile Proliga 2022 yang bakal bergulir di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Ahad (27/3).

Lavani dipastikan lolos ke final berkat kemenangan Jakarta BNI 46 atas Jakarta Pertamina Pertamax dengan skor 3-1 (25-23, 22-25, 25-20, dan 25-20) pada laga terakhir final four, Ahad (20/3).

Hasil tersebut membuat Lavani berada di peringkat kedua klasemen final four dengan empat poin, hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah. Lavani sebenarnya masih memiliki satu pertandingan tunda melawan Jakarta Pertamina Pertamax. Namun, laga itu tak akan berpengaruh karena Pertamina sejauh ini belum meraih satu poin pun alias selalu kalah pada dua laga sebelumnya.

Kepastian Lavani lolos ke final adalah sebuah kejutan mengingat tim yang didirikan presiden Republik Indonesia periode 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hadir dengan status debutan. Hasil ini pun sesuai dengan target yang dicanangkan. Sebelumnya, manajer Lavani Ossy Dermawan mengatakan, Lavani mengusung untuk bisa ke lolos ke final.

Dalam perjalanannya memang tidak mudah. Bahkan, pada babak final four Proliga, sebanyak 11 pemain Lavani sempat terpapar Covid-19. Adapun kemenangan Jakarta BNI 46 atas Pertamina Pertamax juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Lavani.

Pelatih BNI 46 Samsul Jais mengatakan, timnya lebih baik secara mental dan teknik. "Anak-anak bermain lepas. Siapa yang kuat di servis, itu yang akan menang," ujar Samsul dalam keterangan resmi, Senin (21/3).

Samsul juga mengatakan akan tetap melakukan evaluasi meski timnya menang. Hal itu guna menghadapi perebutan posisi 3-4 pada pekan depan dan kembali berhadapan dengan Jakarta Pertamina Pertamax.

Sementara itu, pelatih Jakarta Pertamina Pertamax Pascal Wilmar mengatakan, kekalahan tim asuhannya lebih karena masalah mental. "Anak-anak tidak bisa melepaskan tekanan," ujar Pascal.

Dari putri, tim Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia melaju ke final setelah Bandung BJB Tandamata mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron pada Ahad. Bandung BJB Tandamata tampil meyakinkan dengan menang telak atas Pertamina Fastron 3-0 (25-15, 25-17, dan 25-17) yang memberi mereka keuntungan tersendiri karena pada laga ini Pertamina Fastron gagal meraih satu poin.

Dalam klasemen akhir final four Proliga 2022, Bandung BJB Tandamata mengantongi tujuh poin dari tiga kemenangan. Dengan berada di puncak klasemen, tim asuhan Alim Suseno itu berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 40 juta. 

Sementara itu, Gresik Petrokimia berada pada urutan kedua dengan empat poin yang sama dengan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan. Namun, rasio poin Petrokimia lebih baik, yakni 1,04 berbanding 0,87, sedangkan rasio set kedua tim sama 0,83. Adapun Jakarta Pertamina Fastron gagal ke final setelah hanya mendulang tiga poin hasil dari satu kemenangan dan dua kali kalah.

Pelatih Gresik Petrokimia Ayub Hidayat menyambut baik hasil kali ini karena tim asuhannya akhirnya dapat menembus final. "Kami berterima kasih sama Bandung BJB Tandamata. Mereka bermain sportif, tanpa memilih lawan," kata Ayub.

Pelatih Bandung BJB Tandamata Alim Suseno tidak menduga tim asuhannya bisa menang tiga set langsung. "Sejak awal saya katakan, kami tidak akan meremehkan lawan walaupun sudah tidak ada pengaruh lagi bagi tim Bank BJB," kata Alim dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, kemenangan Yola Yuliana dan kawan-kawan karena mereka menekan melalui servis. Kebetulan, servis para pemainnya bagus.

Pelatih Pertamina Fastron, Octavian, mengakui tim asuhannya tertekan sejak awal. "Jadi panik. Tidak ada pressure dari awal," kata Octavian.

Selain itu, kata Octavian, Bandung BJB Tandamata bermain santai sejak awal karena tidak ada beban. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat