Sejumlah kru MotoGP dari Tim Ducati bersiap terbang ke Lombok usai melakukan tes usap PCR di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3/2022). | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kabar Utama

Pembalap MotoGP Mengaspal di Jakarta

Para pembalap akan terlebih dulu disambut oleh Presiden Joko Widodo.

AKARTA -- Para pembalap MotoGP dijadwalkan melakukan parade di Jakarta pada hari ini, Rabu (16/3), sebelum memulai balapan MotoGP Mandalika 2022. Ada sebanyak 20 pembalap yang akan “mengaspal” di Ibu Kota, terdiri atas 16 pembalap MotoGP, dua pembalap Moto2, serta dua pembalap Indonesia, yaitu Mario Aji (Moto3) dan Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup). 

Parade tersebut dilakukan untuk menandai kembalinya Indonesia ke dalam kalender balapan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun. Rute parade dimulai dari Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski yang berlokasi di area Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. 

Rencananya, para pembalap akan terlebih dulu disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, para pembalap yang bakal hadir adalah nama-nama yang sudah tak asing bagi penggemar MotoGP, antara lain Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, dan Alex Marquez. 

Heru mengatakan, para pembalap hadir bersama motor balap yang akan digunakan untuk berlomba di Sirkuit Mandalika. Presiden yang akan secara langsung melepas iring-iringan para pembalap menuju Bundaran HI. 

photo
Sejumlah kru MotoGP bersiap melakukan tes usap PCR di setibanya Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3/2022). - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

“Jadi, Presiden hanya beraudiensi dan setelah itu melepas para pembalap dengan motor balap masing-masing. Presiden tidak ikut dalam iring-iringan tersebut,” kata Heru, Rabu (15/3). 

Ia mengatakan, Sekretariat Presiden menyiapkan siaran langsung kegiatan parade melalui akun Youtube Sekretariat Presiden. "Kami live streaming mulai pukul 09.30 WIB,” kata Heru.

Pihak Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP menyatakan, kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika merupakan bentuk apresiasi terhadap kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia.

“Dan ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. Oleh karena itu, sebagai bentuk penghargaan dari kami, para pembalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktu Bapak Presiden,” kata Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta.

Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda turut memastikan sebanyak 20 pembalap bakal mengaspal di Jakarta. Parade MotoGP, kata dia, dimulai dari Istana Negara di Jalan Merdeka Utara dan finis di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat. 

 
Bapak Presiden menerima para pembalap ini diawali dengan sarapan bersama, lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana.
 
 

"Totalnya ada 20 pembalap, termasuk juga di dalam rangkaian itu ada pembalap Moto3 dan juga pembalap ATC dari Indonesia," kata Cahyadi saat ditemui di area Monumen Nasional (Monas), Selasa (15/3).

Mengenai pertemuan Presiden dengan para pembalap, kegiatan tersebut adalah bentuk penghormatan terhadap Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP sebelum sesi balapan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setelah itu, kata dia, Presiden Jokowi melepas secara resmi dan mengucapkan selamat bertanding kepada para pembalap. 

"Bapak Presiden menerima para pembalap ini diawali dengan sarapan bersama, lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana," kata Cahyadi.

Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, PMJ mengerahkan 500 personel gabungan untuk mengamankan parade para pembalap MotoGP. Menurut Sambodo, di belakang rombongan 20 pembalap utama akan ada sekitar 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia, seperti dari Yamaha, Ducati, dan Suzuki.

Dengan demikian, ada sekitar 80 sepeda motor dalam parade dari Istana Merdeka ke Hotel Kempinski. “Kami dari pihak Polda Metro Jaya melaksanakan pengamanan jalur mulai dari Istana Negara sampai dengan Kempinski. Kita akan melaksanakan penutupan jalur pada saat rombongan melintas, terutama dari arah utara ke arah selatan,” ungkap Sambodo,

Sementara itu, dari arah berlawanan, yaitu selatan ke utara, tetap berjalan normal seperti biasa dan tidak ada penutupan arus. Kemudian, di sepanjang jalan yang menjadi rute parade, petugas akan ditempatkan di depan pusat perkantoran, hotel, dan sebagainya. Petugas tersebut menjaga agar tidak ada penonton yang tiba-tiba menyelonong ke tengah parade. 

“Kami dari PMJ mengimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari dulu kawasan Jalan Thamrin ini dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB,” kata Sambodo. 

Sambodo juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan parade MotoGP. Ia mengingatkan, parade ini penting untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi pelaksanaan MotoGP pada 18-20 Maret 2022. 

Akomodasi 

Mengenai akomodasi di Lombok menjelang perhelatan MotoGP, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut para calon penonton maupun wisatawan dari berbagai daerah masih bisa mendapatkan kamar penginapan. Kemenparekraf menyebut hingga saat ini masih terdapat 6.492 kamar di wilayah Lombok, NTB.

photo
Seorang pengunjung berjalan di dekat tenda yang didirikan di area camping ground Kuta Beach Park The Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/3/2022). - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.)

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, kamar yang paling banyak terisi yakni di Gili, sekitar 2.635 kamar. Mayoritas yang terisi yakni hotel berbintang sekitar 950 kamar, hotel melati 144 kamar, vila 302 kamar, bungalo 855 kamar, serta homestay 216 unit. "Jadi, jangan khawatir, masih ada 6.492 kamar di Lombok," kata Vinsensius. 

Sementara itu, untuk akomodasi penginapan di sekitar Sirkuit Mandalika, baik hotel maupun homestay sudah terisi 100 persen. Penginapan yang masih tersedia di Mandalika yakni camping ground Bobobox dan Eiger dengan jumlah sekitar 1.300 tenda.

"Buat para milenial atau wisatawan yang touring, ada akomodasi camping ground yang bisa dipakai untuk menginap," ujarnya.

Soal harga sangat beragam, bergantung pada jenis penginapan. Untuk tarif penginapan jenis glamping, tarif sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta per malam. Adapun homestay bertarif sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per malam. Tarif paling tinggi yakni untuk hotel berbintang, sebesar Rp 3,9 juta per malam.

Ia memastikan, tarif penginapan telah diatur oleh pemerintah setempat sehingga kenaikan harga akomodasi akan terkendali. Menurut dia, kenaikan harga diatur paling tinggi sebesar tiga kali lipat di wilayah inti, dua kali lipat di zona kedua, dan satu kali lipat paling tinggi di zona luar utama. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kukuh di Puncak Klasemen, Real Madrid Fokus ke El Clasico

Dalam duel melawan Mallorca, babak pertama berkesudahan imbang 0-0. Usai turun minum, Real Madrid trengginas.

SELENGKAPNYA

Larangan Berhijab yang Merenggut Identitas Aliya

Muslim India khawatir hak mereka terpinggirkan sebagai minoritas.

SELENGKAPNYA

Kemenag: Ada Tiga Aktor Sertifikasi Halal

MUI menilai penetapan logo halal perlu melibatkan aspirasi berbagai pihak.

SELENGKAPNYA