Pemain Real Madrid Vinicius Junior menendang bola di hadapan penjaga gawang Liverpool Alisson, dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/Peter Powell

Olahraga

Kukuh di Puncak Klasemen, Real Madrid Fokus ke El Clasico

Dalam duel melawan Mallorca, babak pertama berkesudahan imbang 0-0. Usai turun minum, Real Madrid trengginas.

PALMA -- Real Madrid melanjutkan tren positif. Teranyar, Madrid membungkam tuan rumah Real Mallorca dalam lanjutan La Liga Spanyol. Los Blancos unggul 3-0 atas Mallorca di Stadion Iberostar, Selasa (15/3) dini hari WIB. Itu kemenangan ke-20 si Putih di kompetisi paling elite di ranah matador sepanjang musim 2021/22.

Hasil tersebut memantapkan posisi skuad polesan Carlo Ancelotti di singgasana klasemen sementara. Seusai pertandingan, Don Carlo bereaksi. Ia langsung mengalihkan fokus timnya ke duel selanjutnya. Madrid akan bertemu Barcelona pada journada ke-29 La Liga.

Partai tersebut berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Senin (21/3) dini hari WIB. Jelas, mereka membidik kemenangan. Setelah itu, kompetisi antarklub rehat sejenak.

"Kami harus memastikan, kami menuju jeda internasional dalam kondisi yang baik. Saya pikir tim ini terlihat bagus, dari sisi kebugaran," kata Ancelotti, dikutip dari laman resmi klubnya.

Dalam duel melawan Mallorca, babak pertama berkesudahan imbang 0-0. Usai turun minum, Madrid trengginas. Gol kubu tamu diciptakan Vinicius Junior pada menit ke-55 dan Karim Benzema pada menit ke- 77 dan 82.

Dari kemenangan tersebut, ada satu nama menjadi sorotan. Dia adalah Casemiro. Gelandang asal Brasil itu menjadi starter di Stadion Iberostar, Selasa (15/3) dini hari WIB. Ia bermain sampai menit ke-61, sebelum digantikan oleh Eduardo Camavinga. Timnya unggul tiga gol tanpa balas.

"Casemiro meraih kemenangan ke-150 di pentas La Liga dengan seragam Real Madrid," demikian laporan yang dikutip dari situs resmi klub tersebut.

Khusus di Liga Spanyol, hingga kini eks pemain Sao Paulo itu sudah unjuk gigi dalam 214 pertandingan. Selama periode tersebut, ia mencetak 23 gol. Ia telah merasakan trofi La Liga dalam dua kesempatan, yakni pada 2017 dan 2020.

Kemenangan atas Mallorca membuat El Real melanjutkan tren positif. Peluang si Putih menuju tangga juara terbuka lebar. Mereka hanya perlu mempertahankan apa yang sudah dicapai hingga pengujung musim. "Ini pertandingan yang sulit, tetapi setelah menekan tinggi, kami berhasil memimpin dan kemudian permainan menjadi terbuka," ujar gelandang Los Blancos, Fede Valverde.

Kini, Los Blancos nyaman di singgasana. Dengan mengantongi 66 poin, anak asuh Carlo Ancelotti unggul 10 angka atas Sevilla di urutan kedua. Fakta demikian tidak membuat sang arsitek besar kepala.

Ia enggan sesumbar. Secara matematis, para pesaing masih bisa mengejar mereka. Ada 10 pertandingan tersisa. "Dengar, saya katakan kepada Anda, bagaimana mungkin kalah di final Liga Champions ketika Anda sempat unggul 3-0, dan itu terjadi pada saya. Semoga itu tidak terjadi lagi," ujar Don Carlo.

Selain Sevilla, Madrid perlu mewaspadai Barca. Raksasa Katalunya menunjukkan kebangkitan dan kini berada di urutan ketiga tabel klasifika. Duel El Clasico pekan depan bakal dimanfaatkan Blaugrana untuk mendekati El Real.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat