Suasana pasar kaget atau pasar tumpah Gasibu di kawasan Monumen Perjuangan (Monju), Kota Bandung, dipadati pengunjung, Ahad (13/3/2022). Kondisi tersebut sebagai pertanda kondisi perekonomian warga Kota Bandung sudah kembali menggeliat di tengah pandemi. | Edi Yusuf/Republika

Nasional

Kasus Covid-19 Terus Tunjukkan Perbaikan

Aktivitas Ramadhan bisa kembali normal bila cakupan vaksinasi dan booster terus ditingkatkan.

JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan perbaikan. Kasus Covid-19 terus berkurang hingga keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) juga turun.

Reisa mengatakan, data per Sabtu (12/3) menunjukkan bahwa kasus Covid-19 di 30 provinsi sudah mengalami penurunan. Hanya empat provinsi yang masih terjadi kenaikan kasus Covid-19, yakni Aceh, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Timur. 

Hingga Ahad (13/3), keterisian tempat tidur berkurang menjadi 21,72 persen dari 23,97 persen pada sehari sebelumnya. Reisa berharap, tren penurunan kasus Covid-19 terus berlanjut seiring dengan situasi pandemi, baik global maupun nasional.

Kendati demikian, ia mewanti-wanti pandemi belum sepenuhnya berakhir. "Jadi, kita harus terus waspada dan tetap jalankan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, lakukan vaksinasi dan vaksin penguat (booster)," ujar Reisa dalam sebuah konferensi virtual, Senin (14/3).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, meski angka-angka penanganan pandemi Covid-19 membaik, masih ada beberapa catatan yang perlu dikejar. Terutama cakupan vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan vaksinasi booster untuk segera membentuk kekebalan Covid.

“Untuk mencegah risiko terburuk dari infeksi COVID-19 faktor berikutnya yang harus dikejar dengan cepat adalah pemenuhan vaksinasi lengkap dan booster secara nasional. Apabila angka vaksinasi lengkap dan booster dengan cepat kita penuhi, persiapan menuju epidemi akan semakin cepat kita bisa lakukan,” kata Nadia.

Kemarin, Satgas Covid-19 mencatat kasus aktif Covid-19 kembali turun dan sudah menyentuh angka 312.958 atau turun 29.938 dari 342.896 pada Ahad. Kasus aktif adalah jumlah orang yang positif Covid-19 dan masih menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit.

Penurunan kasus aktif ini konsisten sejak Senin (28/2) pada 569.736 kasus hingga kini mulai menyentuh angka 300 ribuan kasus. Angka kasus konfirmasi harian juga mengalami penurunan menjadi 9.629 dari hari sebelumnya yang berada di angka 11.585. Sedangkan, kasus kematian tercatat 271 orang meninggal. 

photo
Suasana pasar kaget atau pasar tumpah Gasibu di kawasan Monumen Perjuangan (Monju), Kota Bandung, dipadati pengunjung, Ahad (13/3/2022). - (Edi Yusuf/Republika)

Jelang Ramadhan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, aktivitas di bulan Ramadhan bisa kembali normal bila cakupan vaksinasi dua dosis dan booster terus ditingkatkan. Terutama, vaksinasi untuk kelompok rentan.

"Mudah-mudahan, kalau kita bisa disiplin vaksinasi dosis kedua untuk masyarakat dan juga lansia, mudah-mudahan nanti kondisi kita di bulan puasa menjadi lebih baik dan ini merupakan salah satu kondisi agar kita bisa mengkaji kembali apa yang akan kita putuskan nanti di masa ramadhan dan idulfitri tahun ini," kata Budi dalam Konferensi Pers secara daring, Senin (14/3).

Hadir dalam kesempatan yang sama, Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan hal ini bakal diberlakukan jika vaksinasi booster terus ditingkatkan. Cakupan vaksinasi booster masih tertinggal dibandingkan Arab Saudi dan Malaysia.

"Menjelang Ramadhan dan nanti Lebaran kita berharap akan lebih bebas dalam bulan Ramadhan tapi untuk itu kami titip supaya kita semua melakukan vaksinasi lengkap dan booster," tegas Luhut.

Luhut meminta masyarakat untuk tidak memilih-milih jenis vaksin Covid-19 booster. Seluruh jenis vaksin sudah dinyatakan efektif melawan varian baru Korona yang ada.

"Kita berharap ibadah umat Islam dalam Lebaran nanti dapat berjalan maksimal dengan tetap menerapkan prokes sehingga tidak terjadi lonjakan kasus," terang dia. "Masih ada dua minggu sebelum bulan puasa untuk mepercepat vaksinasi ini," sambung dia.

Laju vaksinasi kemarin mencatat penambahan cukup baik. Vaksinasi dosis 1 mencapai 193.474.037. Lalu vaksinasi dosis 2 mencapai 151.486.424. Sementara vaksinasi ketiga atau booster tercatat 14.628.765.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Siswa Sambut Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran tatap muka membuat siswa lebih memahami materi yang diberikan guru.

SELENGKAPNYA

Tingkatkan Kemampuan Deteksi Covid-19 Meski Kasus Turun

Kemampuan mendeteksi Covid-19 harus makin ditingkatkan meski kasus Covid-19 saat ini menurun.

SELENGKAPNYA