Pesepak bola Bali United Brwa Nouri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSIS Semarang Pratama Arhan (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (20/2/2022). Bali United berhasil kalahkan PSIS Semarang dengan | ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.

Olahraga

Bali United Enggan Anggap Enteng Persipura

Bali United harus selalu mematuhi protokol kesehatan agar tidak mengganggu tim untuk pertandingan.

BALI -- Bali United menargetkan poin penuh saat menghadapi Persipura Jayapura pada laga lanjutan pekan ke-27 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada Kamis (23/2) malam WIB. Tambahan tiga poin akan membawa Bali United ke puncak klasemen sementara menggeser Arema FC. 

Namun, pelatih Stefano Cugurra Teco menilai pertandingan tidak akan berjalan mudah karena Persipura saat ini berbeda dari putaran pertama saat Serdadu Tridatu berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. Saat ini, Persipura berada dalam penanganan pelatih Angel Alfredo Vera. 

"Kita memang menang waktu itu, tapi sekarang saya pikir kita harus tetap bekerja keras seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya untuk mendapatkan hasil positif," kata Teco dalam konferensi pers virtual menjelang pertandingan, Rabu (23/2). 

Di sisi lain, Teco mengaku kesulitan untuk mempersiapkan tim secara maksimal di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. Selain jadwal yang padat, tim pelatih harus bergantung pada hasil tes PCR yang memaksa pemainnya untuk absen ketika menunjukkan hasil tes positif Covid-19. 

"Jadi, kita dari Bali United harus selalu mematuhi protokol kesehatan agar tidak mengganggu tim untuk pertandingan, dan itu selalu kita lakukan dari awal Covid-19. Saya orang Brasil, saya lihat di liga Brasil juga banyak tim yang terganggu korona," tuturnya. 

Mengenai Persipura, Teco memahami, tim Mutiara Hitam sedang dalam kondisi yang tidak baik di musim ini dengan posisi mereka di zona degradasi. Namun, dia tidak mau menganggap remeh Persipura karena mereka merupakan tim yang diisi dengan pemain-pemain berkualitas. 

Pelatih Persipura Angel Alfredo Vera mengatakan, persiapan tim kurang maksimal karena banyak pemain yang positif Covid-19, alasan yang sama saat tim Mutiara Hitam tidak datang ke stadion untuk melawan Madura United yang berstatus sebagai laga tunda tersebut. Namun, Alfredo memastikan kali ini timnya siap menghadapi Bali United. 

"Persiapan tidak sesuai dengan yang kita pikir karena banyak pemain yang tidak tersedia. Tetapi, dengan pemain yang ada, kami siap untuk pertandingan berikutnya," kata Alfredo dalam konferensi pers virtual menjelang pertandingan

"Banyak pemain bagus di Persipura, kita harus respek dan kerja keras untuk bisa menang," kata Teco. "Persipura punya waktu lebih untuk persiapan melawan kita," ujarnya.

photo
Pesepak bola Persipura Jayapura Elisa Yahya Basna (kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola Persebaya Surabaya Akbar Firmansyah (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (6/2/2022). Persipura mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0. - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Tampil seadanya

Persipura Jayapura akan tampil dengan tim seadanya saat menghadapi Bali United pada laga lanjutan pekan ke-27 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada Kamis (23/2/2022) malam WIB. Sebelumnya, Persipura mangkir dari pertandingan melawan Madura United, Senin (21/2) lalu.

Pelatih Angel Alfredo Vera mengatakan persiapan tim kurang maksimal karena banyak pemain yang positif Covid-19, alasan yang sama saat tim Mutiara Hitam tidak datang ke stadion untuk melawan Madura United yang berstatus sebagai laga tunda tersebut. Tapi kali ini Alfredo memastikan timnya siap menghadapi Bali United.

"Persiapan tidak sesuai dengan yang kita pikir karena banyak pemain yang tidak tersedia. Tetapi dengan pemain yang ada kami siap untuk pertandingan berikutnya," kata Alfredo dalam konferensi pers virtual jelang pertandingan, Rabu (23/2/2022).

Pelatih asal Argentina itu belum bisa memastikan berapa jumlah pemain yang tersedia nanti. Namun dengan adanya pemain yang kembali dari karantina dan yang pulih daro cedera, ia berharap jumlah pemain yang ada dapat memenuhi kuota minimal untuk mengisi line up agar mereka bisa tetap menghadapi Bali United.

"Sebenarnya kami tidak hitung berapa pemain yang tersedia. Kami punya pemain yang baru dari karantina juga pemain yang baru pulih dari cedera. Kondisi kami seperti itu tetapi kami akan memaksimalkan pemain yang kita punya untuk bisa mendapatkan poin," katanya.

Persipura saat ini masih menunggu keputusan dari Komdis PSSI karena mangkir dari pertandingan melawan Madura United. Sanksi tersebut dapat berupa denda hingga pengurangan poin yang tentunya dapat membuat skuad Mutiara Hitam semakin terpuruk di zona degradasi.

Tapi Alfredo enggan mengomentari kemungkinan sanksi yang akan menimpa Persipura. Dia tidak mau mengganggu fokus anak asuhnya kepada pertandingan yang akan datang dan menargetkan kemenangan di setiap pertandingan tersisa agar bisa selamat dari degradasi. Mutiara Hitam saat ini duduk di peringkat ke-16 dengan nilai 22 poin.

"Kita harus menang, itu cara yang kami punya sekarang kalau kami mau selamat dari degradasi," kata Alfredo. "Pemain punya motivasi karena ini kesempatan mereka untuk bisa main. Kita harus kerja keras untuk bisa mendapat poin," tambahnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (persipurapapua1963)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat