Sejumlah pesepak bola Madura United FC melakukan selebrasi usai gol yang dicetak Rafael Silva (tengah) pada lanjutan liga 1 melawan Persipura Jayapura di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/10/2021). Pertandingan babak pertama s | ANTAANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Olahraga

Persiapan Persipura dan Madura United Sama-Sama Mepet

Persipura sudah mengetahui taktik Madura United

JAKARTA -- Persipura Jayapura akan berhadapan dengan Madura United pada laga tunda BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (21/2) malam WIB. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu sedang memburu poin untuk bangkit dari zona degradasi.

Namun, pelatih Persipura Alfredo Vera mengakui, hal itu tidak akan mudah. Ia menilai, secara kolektif tim maupun individu, Madura United mempunyai kekuatan yang lebih baik. Namun, ia menjamin para pemainnya akan berjuang untuk mendapatkan poin.

"Secara individu, mereka punya banyak pemain yang berpengalaman. Secara kolektif, tim mereka lebih rapi. Kita lihat nanti bagaimana kami berusaha untuk menang agar mendapatkan poin," kata Alfredo dalam konferensi pers virtual menjelang pertandingan, Ahad (20/2).

Pelatih berpaspor Argentina itu meminta anak asuhnya untuk mengantisipasi kecepatan dari para pemain Madura United. Ia yakin skuad Mutiara Hitam sudah terbiasa dan tahu cara menghadapi Laskar Sape Kerrab.

Senada dengan itu, penyerang Persipura Ramai Rumakiek menilai pertandingan melawan Madura United tidak akan mudah. Ia mengakui, calon lawannya itu diisi oleh beberapa pemain berkualitas, seperti Alberto Goncalves dan Greg Nwokolo.

Persipura tidak dalam bentuk terbaik menjelang laga tersebut. Selain persiapan yang sangat singkat setelah pertandingan sebelumnya, Persipura harus bermain tanpa beberapa pemain andalan yang cedera dan terpapar Covid-19.

Klub Bumi Cenderawasih itu telah kehilangan sosok Yevhen Bokhasvili dan Hedipo Gustavo pada dua laga sebelumnya karena harus menjalani karantina. Terbaru, Alfredo mengatakan, Yevhen telah kembali ke tim tapi yang lainnya belum bisa dipastikan.

Pelatih Madura United Fabio Lefundes juga menyebut persiapan timnya kurang maksimal. Namun, ia memastikan tekad pemain untuk meraih tiga poin. "Kami tidak punya banyak persiapan, tapi kami sudah bicara dengan pemain terkait strategi menghadapi pertandingan nanti," kata Fabio.

Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu baru beristirahat dari pertandingan terakhir melawan Arema FC, Jumat (18/2). Alberto Goncalves dkk menelan kekalahan 0-1 dalam pertandingan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Madura United FC (maduraunited.fc)

Fabio telah melupakan kekalahan tersebut dan bersiap untuk menghadapi Persipura. Ia yakin Persipura juga mempunyai motivasi tinggi untuk keluar dari zona degradasi. Ia juga tak mau meremehkan Persipura karena melihat posisinya di klasemen saat ini.

Laga tunda itu dilakoni oleh kedua tim hanya dengan jeda satu hari setelah laga pekan ke-26 pada Jumat (18/2). Persipura menelan kekalahan 0-3 dari Persib Bandung pada laga terakhir, sementara Madura United kalah 0-1 dari Arema FC.

Kedua tim tentu akan sama-sama memburu kemenangan pada laga ini. Terlebih, Persipura belum pernah menang dalam tiga laga terakhir.

Persipura saat ini duduk di peringkat ke-16 klasemen dengan perolehan 22 poin. Skuad Mutiara Hitam butuh minimal tiga poin untuk keluar dari zona degradasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (persipurapapua1963)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat