Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022). | ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Kabar Utama

Lintasan dan Kawasan Sirkuit Mandalika Dibenahi

Perbaikan lintasan menjadi salah satu evaluasi dari tes pramusim yang digelar pada 11-13 Februari.

JAKARTA -- Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) akan melakukan sejumlah perbaikan untuk menyempurnakan Pertamina Mandalika International Circuit menjelang balapan resmi MotoGP 2022 pada Maret mendatang.

Beberapa perbaikan itu mencakup pengaspalan hingga penataan kawasan. Proses perbaikan dilakukan setiap hari selama 24 jam dan ditargetkan selesai sepekan sebelum balapan.

Perbaikan lintasan menjadi salah satu evaluasi dari tes pramusim yang digelar pada 11-13 Februari. Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, Dorna Sports dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) meminta agar dilakukan peningkatan kebersihan sirkuit dan perbaikan aspal.

Mansoer menjelaskan, kotornya sirkuit saat tes pramusim karena masih ada beberapa pengerjaan proyek untuk infrastruktur pendukung. Hal tersebut cukup berkontribusi atas munculnya debu di sirkuit.

Mengenai aspal, Mansoer menegaskan ITDC berkomitmen melakukan penyempurnaan sesuai waktu. Rencana tersebut sudah disampaikan kepada Dorna dan FIM dan mereka akan melakukan monitor terhadap proses penyempurnaan.

“Kami selaku pemiliki sirkuit sudah sepakat untuk berkomitmen melakukan apa pun yang perlu dilakukan dalam hal penyempurnaan tepat waktu. Pengerjaan dilakukan sesuai standar persyaratan yang sudah ditetapkan,” kata Mansoer dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2).

Mansoer menambahkan, ITDC juga akan melakukan penyempurnaan fasilitas sirkuit lainnya, seperti tribun penonton dengan material terbaik. Pengerjaan VIP Village juga sedang dikebut, termasuk landscape dan penataan kawasan.

Mansoer menjelaskan, tes pramusim kemarin diikuti oleh 24 pembalap MotoGP lengkap dengan 523 ofisialnya. Mereka tiba di Lombok sejak 7 Februari melalui sistem bubble. Ia mengeklaim Dorna, FIM, dan pembalap mengapresiasi keindahan sirkuit serta panitia dan petugas marshal.

Dalam tes pramusim hari pertama, kata Mansoer, sempat ada penundaan karena lintasan kotor. Setelah pembersihan dilakukan, tes kembali dilanjutkan pada siang hari. Kecepatan motor pembalap pun mengalami peningkatan dari hari ke hari, yaitu di atas 300 kilometer per jam.

“Saya sampaikan yang kita lakukan kemarin tes pramusim memang bertujuan evaluasi dan masukan jika ada catatan penyempurnaan dari berbagai aspek untuk kepentingan MotoGP. Jadi, tes ini memang dilakukan untuk menentukan penyempurnaan,” ujarnya.

photo
Pekerja menyelesaikan pembangunan tribun penonton jelang penyelenggaraan balapan MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Media asing the Race lewat artikelnya berjudul "Will MotoGP's Newest Circuit Remedy Its Safety Concerns?" yang terbit pada Senin (14/2) mengungkap keluhan para pembalap terkait kondisi lintasan Sirkuit Mandalika. Belum sempurnanya permukaan aspal sirkuit, bahkan dinilai bisa sampai membahayakan keselamatan pembalap.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, kepada The Race saat itu menyebut, tidak mungkin menjalani balapan dalam kondisi trek yang kotor dan banyak kerikil. "Ada dua alasan, pertama, Anda tidak bisa menyalip karena hanya ada satu jalur (untuk membalap) dan sisanya seperti genangan," kata Espargaro.

Namun, Espargaro yakin panitia bisa membersihkan lintasan dalam waktu sebulan ke depan sebelum balapan digelar pada 20 Maret 2022.

Pembalap lainnya, Francesco Bagnaia, mengunggah foto lengannya yang memar kemerahan di media sosial Instagram. Ia menyebut memar itu akibat kerikil yang terpental bak peluru di lintasan Mandalika saat dilalui motor.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menambahkan, Dorna Sports memberikan dua catatan usai tes pramusim. Catatan pertama berupa rekomendasi dan kedua bersifat keharusan yang harus dikerjakan oleh MGPA.

photo
Serba-serbi Sirkuit Mandalika - (Republika)

Dorna merekomendasikan agar dilakukan pengecetan ulang pada beberapa tempat seperti tenda marshal dan race start. Tujuan dari rekomendasi tersebut supaya sirkuit Mandalika terlihat lebih bagus ketika balapan berlangsung.

“Karena, balapan ini akan live di seluruh dunia,” kata Priandhi.

Untuk catatan Dorna Sports yang harus dikerjakan oleh MGPA adalah memperbaiki permukaan lintasan balap. Tujuanya agar kecepatan kendaraan para pembalap berjalan sesuai dengan limit maksimal kecepatan. 

Menurut Priandhi, balapan akan berlangsung seru jika kondisi lintasan bagus sehingga memuaskan penonton, baik yang hadir langsung maupun yang menonton dari layar televisi.

Ia mengatakan, rekomendasi dan catatan dari Dorna tersebut telah disampaikan kepada ITDC agar segera dilaksanakan. Priandhi mengeklaim, tes pramusim yang berlangsung selama tiga hari secara umum memuaskan pembalap dan Dorna.

Menurut Priandhi, Dorna juga menyebut Sirkuit Mandalika merupakan salah satu sirkuit teraman di dunia karena lintasan lebar pun dengan tikungan run-off-nya.

“Dorna mengatakan ini sirkuit baik, dari sisi lintasan dari pembalap karena karakter setiap tikungannya berbeda, jadi pembalap tak mudah untuk menjadi juara,” kata Priandhi.

PT PP (Persero) menyatakan akan melakukan pengaspalan ulang pada Pertamina Mandalika International Circuit. Direktur Utama PP Novel Arsyad mengatakan, perusahaan telah melakukan komunikasi intensif dengan ITDC, MGPA, FIM, dan Dorna Sports agar perbaikan dapat memenuhi standar yang ditetapkan.

"Berdasarkan masukan, kita finalkan dan sepakati untuk melakukan pengaspalan ulang," ujar Novel, Rabu (16/2).

Novel mengatakan, perusahaan telah cukup teliti dalam mengerjakan pembangunan lintasan sirkuit. Dengan panjangnya lintasan, Novel tak menampik jika terdapat kemungkinan tidak optimalnya kondisi lintasan.

"Barangkali ada titik tertentu yang sentuhannya ada yang terlewat, mungkin ada bagian tertentu di tikungan 1 atau 17 yang terkelupas yang akhirnya batunya sempat terlepas dari aspal," ujar Novel.

photo
Pembalap Ducati Lenovo Team Jack Miller memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Novel meyakini hal tersebut bukan kesalahan dari sisi konstruksi karena hanya terdapat pada sejumlah kecil dari keseluruhan sirkuit. Meski relatif kecil, Novel menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan kualitas terbaik dalam perbaikan kondisi sirkuit.

Novel menyampaikan, pengaspalan ulang hanya dilakukan di sejumlah titik trek yang bermasalah. Ia mengatakan, pengaspalan ulang akan dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 kilometer tersebut.

"(Pengaspalan ulang) sebagian saja, 17,5 persen dari total lintasan, tidak semua lintasan. Kita akan melakukan pengupasan pelapis aspal teratas sekitar lima cm, lalu kita bersihkan untuk aspal ulang," kata Novel menambahkan.

Novel menyampaikan, perusahaan telah mulai mengirimkan peralatan dan material untuk memperbaiki lintasan sejak Selasa (15/2). Sementara, batu-batu pecah dari Palu telah dipersiapkan untuk dimuat dan diberangkatkan ke Lombok.

"Semua material sesuai standar FIM. Kita tidak akan mengubah atau mengganti spesifikasi. Harapannya pekan depan kami sudah bisa mulai kerjakan di lapangan," ujarnya.

Novel mengatakan, PP menargetkan pengerjaan perbaikan lintasan akan dilakukan sesegera mungkin agar siap digunakan saat balapan pada 18 Maret 2022.

"Keyakinan kami selesai satu pekan sebelum 18 Maret 2022, insya Allah bisa kita selesaikan. Kami bekerja 24 jam dan memastikan sesuai jadwal dan standar yang dibutuhkan," kata Novel. 

Sesuai Jadwal 

Holding BUMN pariwisata dan pendukung atau InJourney memastikan penyelengaraan MotoGP Mandalika tetap berlangsung sesuai jadwal, yaitu pada 18-20 Maret 2022. Perbaikan sirkuit yang sedang dilakukan diyakini bisa selesai tepat waktu. 

photo
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Pol Espargaro berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Direktur Marketing InJourney, Maya Watono mengatakan, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan melakukan perbaikan terhadap kondisi sirkuit, fasilitas pendukung, akomodasi, dan teknis penyelenggaraan MotoGP. 

"Pasti akan jalan (sesuai jadwal) dan kita tentu akan siap. Semua kita kerahkan agar terpenuhi sesuai standar," ujar Maya dalam konferensi pers, Rabu (16/2). 

Maya menyampaikan, ajang pramusim yang digelar beberapa waktu lalu, berjalan dengan cukup baik dan mendapatkan respons positif dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Dorna Sports, dan para pembalap. “Pembalap sangat suka dengan keindahan trek yang menjadi salah satu trek terindah di dunia. Untuk area run-off  juga dinilai positif sesuai dengan standar keamanan,” kata Maya. 

Maya menyebut ajang pramusim juga menjadi bahan evaluasi bagi ITDC dalam menghadapi gelaran balap yang sesungguhnya pada Maret. Maya menilai, sejumlah perbaikan akan terus dilakukan agar penyelenggaraan MotoGP bisa berjalan optimal.

"Tentu ada catatan dari FIM dan Dorna yang sangat serius. Kita juga menindaklanjuti dengan serius. Kita mengerjakan perbaikan dengan spesifikasi terbaik yang sesuai standar," ucap Maya.

Maya menyampaikan, ITDC, MGPA, PT PP, dan Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), bekerja sama dalam memperbaiki kondisi sejumlah titik di lintasan sirkuit. Maya optimistis perbaikan akan berjalan maksimal dengan mengedepankan kualitas material terbaik. 

Maya berharap, masyarakat terus mendukung ajang yang akan membawa citra positif Indonesia di kancah global. “Ini ajang kebanggaan Indonesia setelah 25 tahun. Sorotan dunia, media exposure saya yakin akan sangat luar biasa," kata Maya.

Persiapan juga sudah dilakukan Kementerian Perhubungan untuk mengatur transportasi penonton MotoGP. Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan, sebanyak 188 unit  shuttle bus akan disediakan untuk mengakomodasi pergerakan penonton MotoGP 2022. 

"Sebanyak 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan empat unit bus VIP. Lalu 103 unit bus dari ITDC Mandalika," kata Budi dalam konferensi video, Rabu (16/2).

photo
Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Budi menjelaskan, shuttle bus tersebut akan dioperasikan gratis. Rencananya, bus tersebut akan dioperasikan dengan delapan rute, yaitu dari parkir barat ke gate 3, parkir barat ke gate 1, parkir barat ke gate dua, parkir timur ke gate 2, parkir timur ke gate 1, parkir timur ke gate 2, dan gate 3 ke gate 2. 

Dengan adanya shuttle bus tersebut, semua pergerakan kendaraan dapat diatur. "Di dalam kawasan kecuali VVIP pakai kendaraan yang ada (shuttle bus). Parkir ada di luar kawasan tempat kegiatan," tutur Budi. 

Budi memastikan waktu tunggu shuttle bus tidak akan lebih dari lima menit sehingga penonton MotoGP tidak akan menunggu terlalu lama. Dia menegaskan, masing-masing penonton akan menggunakan gelang dengan warna yang sesuai dengan penggunaan shuttle bus

Plt Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Arif Toha menambahkan, terdapat rute pelayaran yang disiapkan untuk MotoGP 2022.

"Kami menyediakan armada kapal dan rute pelayaran untuk MotoGP, yaitu Surabaya-Lembar, Surabaya-Lembar-Waingapu Benoa-Lembar-Bima, dan Tanjung Wangi-Lembar," kata Arif. 

Dia menjelaskan, untuk rute Surabaya-Lembar, akan ada penggunaan dua unit kapal Ro-ro PT Damai Lautan Nusantara dan satu unit kapal PT Dharma Lautan Utama. Selanjutnya, untuk rute Surabaya-Lembar-Waingapu, masyarakat dapat menggunakan satu unit kapal Ro-ro milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni. 

Lalu, untuk rute Benoa-Lembar-Bima, akan dioperasikan satu unit kapal penumpang Pelni. Sementara untuk rute Tanjung Wangi-Lembar, akan dioperasikan pula tiga unit kapal Ro-ro milik PT Atosim Lampung Pelayaran. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat