Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez melaju di depan paddock saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). | ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Kabar Utama

'Sirkuit Mandalika Mengagumkan' 

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, jadi yang pertama kali menjajal sirkuit kebanggaan Indonesia.

MANDALIKA -- Para pembalap MotoGP 2022 telah menjajal Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (11/2). Pada hari pertama tes pramusim tersebut, pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32,466 detik.

Jalannya sesi tes pramusim sempat terkendala kondisi lintasan yang kotor. Namun, hal tersebut dinilai bukan permasalahan signifikan. Para pembalap tetap bisa menyelesaikan tes pramusim hari pertama. 

Loris Capirossi yang saat ini menjabat sebagai Race Direction Representative dari Dorna Sports, mengaku terkesan dengan Sirkuit Pertamina Mandalika. Capirossi menjadi salah satu perwakilan dari Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP, yang ikut mengawasi dan terlibat dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

Bersama Franco Uncini selaku Grand Prix Safety Officer FIM, Capirossi sempat meninjau pembangunan trek di Lombok itu pada April tahun lalu saat aspal lintasan bahkan belum rampung. Kini, mantan pembalap MotoGP yang juga juara dunia kelas 125cc dan 250cc itu menyaksikan bagaimana wujud jadi lintasan Mandalika dalam kunjungan keduanya ke trek tersebut. 

photo
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso (kiri) dan pembalap Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini (kanan) memacu kecepatan sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU)

"Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan, layout treknya semua orang suka, para pembalap menikmatinya," kata Capirossi di Mandalika, Jumat (11/2). 

MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun absen. Kali ini, Sirkuit Mandalika menjadi venue baru yang bakal menggelar balapan kedua pada 20 Maret mendatang. Sirkuit sepanjang 4,3 km itu itu juga mendapat kehormatan sebagai arena tes pramusim pada 11-13 Februari yang menjadi momen krusial bagi tim dan pembalap dalam pengembangan motor baru mereka serta menentukan arah di awal musim.

Sebagai sirkuit baru, Capirossi memaklumi apabila terdapat sejumlah kendala, seperti ketika kondisi lintasan kotor yang mengganggu jalannya hari pertama tes. Sesi tes sempat dihentikan sementara untuk memberikan kesempatan penyelenggara membersihkan trek sebelum membuka kembali lintasan pada pukul 12.00 WITA.

"Soal treknya, normal pertama kalinya sedikit kotor karena tidak ada yang membalap sebelum kami. Saat ini tidak terlalu masalah karena ini baru tes. Kita punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya. Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru, hal seperti itu normal," kata Capirossi yang pernah membalap untuk Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki di MotoGP tersebut.

Terkait dengan homologasi trek, Capirossi mengungkapkan trek Sirkuit Mandalika telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIM. Menurut dia, Sirkuit Pertamina Mandalika memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. "Kami sangat senang dengan konstruksinya, tentang keamanan, tentang semuanya. Untuk homologasi tidak ada masalah," kata dia.

Sebelum semua pembalap melakukan pengujian di Sirkuit Pertamina Mandalika, pitlane reporter Dorna, yaitu Simon Crafar, meninjau terlebih dahulu sirkuit yang baru dipakai dalam MotoGP ini. Simon yang juga mantan pembalap MotoGP menguji setiap sudut lintasan untuk melihat kualitas dan keamanan dari sirkuit tersebut.  

Setelah mengujinya, Simon menilai Sirkuit Pertamina Mandalika seharusnya bisa membuat semua orang kagum. Menurut Simon, hanya ada dua titik pengereman keras, yaitu di tikungan 1 dan 10.

Selain itu, ia menilai Sirkuit Pertamina Mandalika adalah sirkuit yang sangat mengalir, bukan sirkuit mengandalkan kekuatan tenaga kuda. Meskipun, kata dia, kekuatan tenaga kuda selalu membantu dalam setiap balapan.

photo
Pembalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins memacu sepeda motornya saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.)

Simon melihat ada banyak tikungan yang memaksa pembalap untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar atau membuka gas dengan keras pada sudut kemiringan yang besar. ''Hal ini dapat menciptakan beberapa tabrakan front-end dan pasti akan menghasilkan beberapa drift on-throttle yang spektakuler,'' kata Simon dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (11/2).

Ada beberapa perubahan arah yang cepat yang membuatnya kagum, sehingga ia merasa sirkuit ini seperti Ascari Chicane di Monza atau Hockenheim lama. Menurut dia, Sirkuit Pertamina Mandalika setelah Tikungan 6 seperti di Sirkuit Misano, Italia.

Kemudian, setelah Tikungan 6 sampai Belokan 10 seperti di Ascari Chicane di Monza atau Sirkuti Hockenheim lama. Ini tepat setelah Tikungan 10 hingga setelah Tikungan 14 seperti di Sepang, Malaysia. 

"Kemudian bagian terakhir benar-benar mengingatkan saya pada bagian terakhir dari Termas de Rio Hondo Argentina. Kesan pertama saya tentang trek ini adalah megah," ucap Simon.

Ada banyak cerita pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2020 pada Jumat kemarin. Juara dunia MotoGP musim lalu, Fabio Quartararo, misalnya, punya cara unik untuk menjajal sirkuit di Pulau Lombok ini.

Ia merasakan sirkuit yang pertama kali diinjaknya itu dengan melakukan jogging sebanyak satu lap. ''Lap pertama di sirkuit Mandalika,"  kata pembalap Monster Energy Yamaha tersebut. 

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, jadi yang pertama kali menjajal sirkuit kebanggaan Indonesia. "Tes Mandalika sedang berlangsung dan Alex Rins jadi pembalap MotoGP pertama di trek Mandalika," tulis MotoGP dalam akun Instagram, Jumat (11/2). Suzuki kemudian membalas tweet tersebut seraya bangga. "Itu pembalap kami," kata Suzuki.

Sesi tes pramusim hari pertama sempat ditunda selama lebih dari satu jam pada pagi hari. Penundaan dilakukan karena lapisan lumpur dan tanah mengotori trek lintasan akibat hujan deras pada malam hari. "Para petugas membersihkan trek, menghilangkan lebih dari 40 kg material," demikian laporan yang dikutip dari the-race.com, Jumat (11/2).

Balapan dilanjutkan pada pukul 12.00 WITA. Tetapi beberapa pengendara menolak untuk kembali ke lintasan karena mempertimbangkan faktor keamanan. Rapat dadakan pun dilakukan. "Delegasi pembalap mengadakan pertemuan dengan Race Direction dan petugas keselamatan FIM," demikian laporan yang dikutip dari motogp.com.

Delegasi pembalap diwakili oleh juara dunia Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, dan Maverick Vinales dari Aprilia. Kemudian, Fransesco Bagnaia dari Ducati dan Alex Rins (Suzuki). Mereka bertemu dengan perwakilan Race Direction Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, dan petugas keselamatan FIM, Franco Uncini, untuk membahas kondisi lintasan.

Hasilnya, mereka bersepakat setidaknya menyelesaikan 20 putaran sebelum pukul 15.00 WITA. Uji coba kemudian dilanjutkan hingga usai. Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32,466 detik. Upaya terbaiknya dicapai pada lap ke-68 dari 69 lap yang ia tempuh.

Urutan kedua ditempati pembalap Aprilia Aleix Espargaro yang merupakan kakak kandung Pol Espargaro. Adapun juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo berada di peringkat lima. Sementara juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menempati posisi ke-17.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat