Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Tangerang menggelar aksi damai memperingati Hari Pers Nasional 202 di halaman Pemerintah Kota Tangerang, Banten, Rabu (9/2/2022). | ANTARA FOTO/Fauzan/tom.

Nasional

Ketua KPK Puji Pers Beritakan Kasus Korupsi

Regulasi untuk mendukung tumbuhnya jurnalisme berkualitas sedang dikaji.

JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan insan pers memiliki andil penting dalam upaya pemberantasan korupsi. Di KPK, dia melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa Tanah Air.

“Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan 'headline' atau 'top issue' dalam rating media massa," kata Firli dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Rabu (9/2).

Menurutnya, andil besar serta peran nyata rekan-rekan jurnalis dan media sebagai salah satu pilar demokrasi sangat dibutuhkan dalam menghadapi hingga menyelesaikan ragam permasalahan bangsa. Salah satunya perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat akar.

Firli juga mengapresiasi para jurnalis yang bertugas di KPK karena kerap menggali lebih dalam kasus korupsi yang sedang ditangani. Tak sekedar mewartakan peristiwanya saja, dengan naluri jurnalistiknya, para insan pers bisa menggali lebih dalam kasus korupsi yang diungkap KPK.

“Sehingga setiap berita yang diwartakan ke publik sarat dengan edukasi pencegahan hingga penindakan korupsi yang tepat, cepat, terukur, dan efisien," ujar Firli.

Lebih lanjut, ia mengatakan peran pers sebagai pilar demokrasi sudah sangat tepat sebagai kontrol sosial demokrasi. Selain itu, kata dia, seiring perjalanan waktu, pers memberikan andil nyata dalam mewujudkan tujuan negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Perlu dicatat, ruh demokrasi sejatinya adalah keterbukaan dan transparansi yang seyogyanya menjadi energi untuk terus menggelorakan semangat demokrasi. Di sini lah salah satu peran besar pers, yakni ikut memonitor dan menjaga transparansi, akuntabilitas, keterbukaan, dan sistem tata kelola pemerintahan agar selalu baik untuk menutup peluang atau celah terjadinya korupsi," ujar dia.

Ketua DPR RI Puan Maharani juga menilai pers Indonesia memiliki peran dalam menangkal dan melawan informasi bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat. "Saya mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan media massa dalam melawan berita bohong. Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2022," kata Puan.

Dia menilai, "banjir" informasi tidak terkendali atau infodemi telah menyebar ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital. Fenomena tersebut menurut dia menyebabkan, masyarakat banyak terpapar hoaks.

"Misalnya hoaks tentang vaksin. Media massa mempunyai tugas penting untuk meluruskan mis-informasi dan berbagai hoaks tersebut," ujar dia.

Puan mengatakan, tantangan jurnalis saat ini adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Dia menilai, jurnalisme harus hadir sebagai lembaga "clearing house" untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat.

"Saya mengapresiasi media massa yang telah melakukan verifikasi melalui 'fact-cheking' untuk meluruskan berita-berita bohong, terutama dalam penanganan Covid-19 dan vaksinasi," kata Puan.

Jangan bosan mengkritik

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama Forum Wartawan Polri (FWP) merayakan Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-76  di balai wartawan Polda Metro Jaya, Selasa (8/2). Dalam kesempatan itu, Fadil menyampaikan pandangan terhadap insan pers.

"Mudah-mudahan dengan usianya yang sudah matang insan pers khususnya teman-teman Forum Wartawan Polri akan semakin profesional, akan semakin kritis, objektif memberitakan hal-hal berkaitan dengan Polda Metro Jaya," kata Fadil.

Orang nomor satu di Polda Metro Jaya menyebut wartawan yang biasa bertugas di Polda Metro Jaya bukanlah sekedar mitra melainkan sahabat. Ia meminta agar wartawan tidak bosan atau lelah dalam menyampaikan kritik instansinya untuk lebih baik. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat