Pebalap Repsol Honda Marc Marquez melambaikan tangan saat tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kabar Utama

Pembalap MotoGP Siap Jajal Mandalika 

Para pembalap dan ofisial MotoGP Mandalika tidak diwajibkan menjalani karantina terpusat.

LOMBOK -- Setelah dihelat di Sepang, Malaysia, tes pramusim MotoGP 2022 akan berlangsung di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 11-13 Februari mendatang. Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP dipastikan siap tampil dalam tes pramusim tersebut, sebagian di antaranya sudah tiba di Lombok. 

Dari seluruh pembalap yang dipastikan mengikuti tes pramusim, terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik, seperti juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team, serta Francesco Bagnaia dan Jack Miller dari Ducati Lenovo Team. Selain itu ada juga Joan Mir dari Team Suzuki Ecstar, Johann Zarco dari Pramac Racing, dan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing.

Tujuh pembalap tersebut merupakan pembalap dengan poin tertinggi selama musim MotoGP 2021. Marc Marquez dan adiknya, Alex Marquez, serta Quartararo sudah tiba di Indonesia. Marquez pun langsung pamer swafoto dengan latar belakang tulisan Lombok di Bandara Zainuddin Abdul Majid (BIZAM). 

Kabar tibanya Marquez di Indonesia juga disampaikan akun Twitter MotoGP. "Marc Marquez sudah tiba di Indonesia. Sangat menyenangkan melihat juara dunia delapan kali itu tiba jelang tes Mandalika," demikian pernyataan MotoGP dalam akun Twitter resmi mereka, Selasa (8/2).

Berbeda dengan Marquez yang ditunggu awak media di bandara, kedatangan Quartararo lebih senyap dari sambutan dan pengawalan. MotoGP Official Test di Pertamina Mandalika Circuit terdiri atas sesi tes dan latihan selama tiga hari. Seluruh pembalap akan mengikuti MotoGP Official Test yang dijadwalkan pada pukul 10.00 -17.45 WITA untuk sesi tes dan dilanjutkan dengan sesi latihan selama 15 menit hingga pukul 18.00 WITA.

''Kami sangat antusias dalam menyambut 24 pembalap yang akan mencoba lintasan Pertamina Mandalika Circuit di 11-13 Februari mendatang. Apalagi, terdapat nama-nama pembalap terbaik MotoGP di antara 24 pembalap yang hadir tersebut,'' kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, Selasa (8/2).

Priandhi menambahkan, Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru yang belum dikenal oleh pembalap MotoGP. Karena itu, official test ini sangat penting bagi pembalap dan kru tim untuk mengenal karakteristik sirkuit sebelum sesi balapan di Pertamina Mandalika Circuit pada Maret mendatang. 

''Kami berharap semua pembalap dan kru tim memaksimalkan official test ini dan mendapatkan pengalaman yang terbaik dengan sirkuit kami,'' ujar pria yang akrab disapa Andhi ini.

photo
Tim balap MotoGP tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). Sebanyak 24 pebalap bersama tim telah tiba di Lombok untuk mengikuti tes pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Cicruit pada 11-13 Februari 2022. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Selama tes resmi berlangsung, para pembalap beserta kru akan mengikuti kebijakan skema travel bubble. Dengan adanya sistem tersebut, mereka hanya boleh berkegiatan di wilayah yang dibatasi dengan durasi waktu yang ditentukan. 

Andhi mengatakan, MGPA berupaya melaksanakan perhelatan MotoGP 2022 tanpa melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah diatur oleh Pemerintah Indonesia untuk mencegah kemungkinan transmisi penyebaran Covid-19. "Kami berharap semua berjalan lancar dan kita semakin siap dalam menggelar balapan MotoGP pada Maret mendatang," kata Andhi. 

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting menjelaskan, para pembalap dan ofisial MotoGP Mandalika tidak diwajibkan menjalani karantina terpusat karena sudah berada pada skema perlindungan travel bubble. "Kalau sudah karantina bubble, artinya karantina terpusat tidak dikerjakan karena tumpang tindih," kata Alexander kepada Republika, Selasa (8/2). 

Alexander mengatakan, skema bubble memungkinkan orang-orang yang berada di dalamnya terlindungi dari risiko penularan Covid-19. Mereka hanya boleh berinteraksi dengan orang-orang yang sudah ditentukan dan yang sudah dipastikan negatif Covid-19. 

photo
Serba-serbi Sirkuit Mandalika - (Republika)

"Bubble kan ada dalam karantina yang gelembungnya bergerak, tapi tidak boleh pecah, sehingga setiap orang akan konsisten dalam bubble-nya masing-masing tanpa menjadi pecah," kata dia.

Ia menambahkan, sistem karantina bubble untuk MotoGP 2022 telah diatur dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi Covid-19 yang terbit pada 3 Februari 2022.

Dalam aturan itu disebutkan sejumlah ketentuan, di antaranya pelaku sistem bubble MotoGP 2022 di Mandalika, memasuki kawasan bubble MotoGP 2022 di Mandalika melalui pintu masuk kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Mereka harus terlebih dahulu menunjukkan kartu atau sertifikasi vaksin Covid-19 dosis lengkap. Kemudian, menunjukkan hasil negatif Covid-19 melalui pemeriksaan RT-PCR di negara/wilayah asal yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam. 

Selama berada di kawasan sistem bubble,  peserta hanya diperkenankan melakukan interaksi dengan orang yang berada dalam satu kelompok, melakukan kegiatan di zona yang telah ditentukan pada setiap fasilitas atau sarana-prasarana dalam kawasan bubble di Mandalika, dan menjalani pemeriksaan tes cepat antigen secara rutin setiap hari.  

Sebelumnya, CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta sempat melontarkan pernyataan bahwa MotoGP tidak akan menggelar balapan di negara yang mewajibkan karantina 14 hari. "Kami tidak akan menerima peraturan karantina. Jika mereka meminta kami untuk karantina selama 14 hari pada suatu negara, maka kami tidak akan pergi ke negara tersebut," kata Ezpeleta, dikutip dari GP One.

photo
Sejumlah warga saat menonton perhelatan WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Ahad (21/11). Antusiasme warga untuk menonton perhelatan itu tetap tinggi meskipun hujan deras mengguyur sirkuit tersebut. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Kepala Biro Operasional Polda Nusa Tenggara Barat Kombes Pol Imam Thobroni memastikan, pihaknya mengawal ketat penerapan sistem bubble untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada ajang tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Pengawalan sudah dilakukan sejak para pembalap dan kru tiba di Bandara International Zainuddin Abdul Madjid pada Senin (7/2) malam. "Kami kawal mereka dari bandara sampai ke hotel penginapan," ujarnya.

Dari pemetaan lapangan, jelasnya, ada sekitar 22 hotel di kawasan Kuta Mandalika, sekitar Sirkuit Mandalika, yang menjadi lokasi penginapan para pembalap, kru, dan tamu undangan tes pramusim MotoGP 2022. "Hotel-hotel ini yang digunakan untuk penerapan sistem bubble. Jadi, saat tiba di hotel, mereka langsung diisolasi," ucap dia.

Dia menambahkan, para peserta hanya boleh bergerak dari lokasi penginapan ke Sirkuit Mandalika. Imam memastikan, mereka tidak boleh berinteraksi langsung dengan masyarakat luar. Bahkan, para pembalap dan kru hanya diperbolehkan menjalankan aktivitas olahraga di sekitar hotel yang dekat dengan kawasan Pantai Kuta Mandalika dan Sirkuit Mandalika.

"Kalau liburan, itu hanya boleh ke kawasan Pantai Tanjung Aan, yang lain tidak boleh. Nongkrong di kafe juga tidak boleh," ucap dia. 

Sambutan bandara

PT Angkasa Pura I (Persero) menyampaikan bahwa Bandara Internasional Lombok mulai menerima kedatangan para pembalap, kru, dan ofisial tim peserta tes pramusim kejuaraan dunia balap motor MotoGP, yang akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Mandalika. Ada sebanyak 483 peserta MotoGP 2022 yang tiba pada Senin (7/2) dengan dua nomor penerbangan. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, dua penerbangan carter dari maskapai Malaysia Airlines pada Senin, menjadi penerbangan pertama yang tiba di Lombok. Pesawat dengan nomor penerbangan MH8760 mengangkut 248 penumpang, serta disusul dengan penerbangan MH8756 yang mengangkut 235 penumpang.

Malam harinya, pesawat kargo dari maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8496 mendarat pada pukul 21.08 WITA. Pesawat kargo berjenis Boeing 777F yang bertolak dari Bandara Internasional Kuala Lumpur tersebut mengangkut logistik sebanyak 71.318 kg kargo.

Selanjutnya, Bandara Internasional Lombok kembali kedatangan pesawat kargo pengangkut logistik tim peserta tes pramusim MotoGP 2022, dengan mendaratnya pesawat maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8394 pada Selasa (8/2) siang.

Pesawat dengan tipe Boeing 747-F tersebut mendarat pada pukul 12.11 WITA dengan mengangkut 77.993 kg logistik, yang sebelumnya berangkat dari Kuala Lumpur.

photo
Pekerja membongkar muat logistik MotoGP dari atas pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan QR8496 dari Kuala Lumpur tersebut membawa logistik berupa motor, mesin dan perangkat lainnya yang akan digunakan pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika 11-13 Februari 2022 mendatang. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Ia mengungkapkan, AP I selaku pengelola Bandara Internasional Lombok menerapkan skema bubble dalam penanganan kedatangan para pembalap dan tim untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Skema bubble ini diatur melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi Covid-19, yang terbit pada  3 Februari 2022.

Skema bubble dilaksanakan dengan membagi orang-orang yang terlibat ke dalam kelompok yang berbeda, dengan memisahkan orang yang berisiko terpapar Covid-19 dengan masyarakat umum. Interaksi antarkelompok atau bubble akan dibatasi untuk meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19.

"Para penumpang yang baru tiba akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan secara ketat dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," kata Faik Fahmi.

Untuk mendukung kelancaran penanganan kedatangan para pembalap, kru, dan ofisial tim peserta tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, AP I  menyiapkan 12 jalur pemeriksaan dokumen kesehatan, enam jalur pemeriksaan paspor, dua conveyor belt, dan empat jalur pemeriksaan bea cukai. AP I juga menyiapkan moda transportasi khusus yang akan mengangkut dari bandara menuju kawasan sirkuit.

Faik mengatakan, AP I berupaya keras memberikan pelayanan prima kepada pembalap, kru tim, ofisial, dan penonton selama berada di bandara. "Tentunya dengan tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat," kata Faik. 

photo
Pekerja membongkar muat logistik MotoGP dari atas pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). Pesawat dengan nomor penerbangan QR8496 dari Kuala Lumpur tersebut membawa logistik berupa motor, mesin dan perangkat lainnya yang akan digunakan pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika 11-13 Februari 2022 mendatang. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Masyarakat Lombok yang berprofesi sebagai sopir berharap dapat dilibatkan dalam akomodasi ajang MotoGP Mandalika. Pada Selasa (8/2), ratusan sopir, pemuda, dan Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Pujut mendatangi kantor PT ITDC Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Kepala Desa Ketara, Lalu Buntaran mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan supaya warga lokal harus diberdayakan. Namun, menurut dia, para sopir transportasi lokal hingga saat ini tidak dilibatkan dalam akomodasi transportasi ajang tes pramusim ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika.  

Reza, perwakilan dari sopir transportasi lokal mengatakan, ITDC harus bertanggung jawab supaya melibatkan para sopir lokal dalam akomodasi transportasi ajang MotoGP Mandalika. "Kami hanya menuntut supaya dilibatkan dalam akomodasi transportasi," katanya.

Managing Direkrut ITDC, Bram Subiandoro mengatakan, apa yang menjadi aspirasi para sopir transportasi lokal tersebut akan didiskusikan untuk mencari solusi terbaik. "Apa yang menjadi keinginan itu akan selesaikan dengan baik. Mohon sabar dan supaya ada solusi terbaik," katanya saat menerima massa aksi. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat