Kepala pelatih Barcelona Xavi Hernandez | EPA-EFE/Toni Albir

Olahraga

07 Feb 2022, 08:51 WIB

Xavi Hernandez Akui tidak Adil kepada Dani Alves

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku tidak adil kepada Dani Alves dalam melakukan pemilihan skuad Liga Europa.

KATALUNYA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku tidak adil kepada Dani Alves dalam melakukan pemilihan skuad Liga Europa. Itu berkaitan dengan datangnya pemain-pemain baru di skuad Blaugrana dalam bursa transfer musim dingin.

Barcelona menikmati jendela transfer Januari lalu dengan cukup sukses. Barcelona berhasil mengontrak tiga pemain secara total, yakni Ferran Torres, Adama Traore, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Adapun Dani Alves dikontrak beberapa bulan sebelumnya. 

Keempat pemain itu didaftarkan untuk masuk ke dalam skuad Barcelona di Liga Europa. Tapi, persoalan yang timbul ialah Blaugrana hanya bisa mendaftarkan tiga pemain baru ke dalam skuad Liga Europa mereka.

Setelah bermusyawarah, Xavi memutuskan, Alves adalah orang yang akan ditinggalkan, dengan Traore, Torres, dan Aubameyang sebagai gantinya. Xavi berbicara tentang keputusan itu untuk pertama kalinya dan menyatakan memang harus tidak adil kepada seseorang.

Xavi mengaku tidak enak melakukan hal tersebut. Namun, dia harus membuat keputusan hingga akhirnya tidak mengikutsertakan mantan rekan setimnya itu karena di posisi full-back sudah terdapat pemain yang baik.

“Saya harus bersikap tidak adil kepada seseorang dan itu adalah Dani. Dia memberi kami banyak hal di dalam dan di luar lapangan dan saya yakin dia akan terus melakukan itu," kata Xavi, dilansir dari Marca, Ahad (6/2). Sisi positifnya, Alves telah terdaftar di skuad La Liga Barca dan dia akan dapat terus membantu klub dalam musim liga mereka.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Xavi Hernández (xavi)

Keputusan Xavi mencoret Alves tentu menjadi kejutan jika mengingat motivasi pemain gaek tersebut saat memutuskan bersedia dipinang Barcelona di pertengahan musim. Kala itu, Alves yang pernah berjaya bersama Barca merasa harus kembali ke Camp Nou demi membantu Xavi meraih prestasi.

Barcelona akan menghadapi Napoli pada pertandingan 32 besar Februari ini yang berlangsung dalam dua leg. Mengingat striker Ansu Fati tengah berjuang melawan cedera, Xavi memutuskan untuk memprioritaskan opsi serangnya, sedangkan untuk posisi Alves di bek kanan sudah ada alternatifnya.

Alves yang menikmati musim sarat trofi bersama Barca antara 2008-2016 mencapai kesepakatan November lalu untuk bergabung kembali dengan bekas klubnya hingga akhir musim ini sebagai pemain bebas transfer. Dia bergabung dengan klub Brasil Sao Paulo pada 2019 setelah memperkuat Juventus dan Paris St Germain, tetapi memutuskan kontraknya karena berselisih soal gaji yang belum dibayarkan. "Saya ke Barca untuk membantu tim ini meraih kembali kejayaan," ujar dia.

Torres, Traore, dan Aubameyang semuanya bergabung dalam bursa transfer Januari. Torres meninggalkan Manchester City untuk bergabung dengan Barcelona dengan bayaran 55 juta euro ditambah bonus iklan 10 juta euro.

Pemain sayap cepat Spanyol Adama Traore bergabung pekan ini sebagai pemain pinjaman dari klub Liga Premier Wolverhampton Wanderers hingga akhir musim. Aubameyang menyelesaikan kepindahannya ke Barcelona dengan status bebas transfer setelah mengakhiri kontraknya dengan Arsenal pada Rabu (2/2). 

photo
Kepala pelatih Barcelona Xavi Hernandez berbicara dengan Jordi Alba. - (AP/Joan Monfort)
';
×