Ilustrasi Seoul Music Awards | Youtube

Geni

Yang Terpilih di Seoul Music Awards

Grup NCT 127 menyabet penghargaan utama yang disebut Daesang. dalam Seoul Music Awards

Ajang penghargaan musik tertinggi di Korea Selatan, Seoul Music Awards (SMA), telah mengantongi nama-nama pemenang. Pemenang dipilih berdasarkan kombinasi kriteria angka penjualan karya musik, pilihan penggemar, dan penilaian juri.

SMA 2022 telah berlangsung pada akhir pekan lalu. Acara yang digelar di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan, itu dipandu oleh Kim Sung Joo, Boom, dan Seolhyun "AOA".

Dalam ajang yang digelar untuk ke-31 ini, grup musik NCT 127 berhasil meraih hadiah utama yang disebut Daesang. Kelompok beranggotakan sembilan personel itu juga mendapatkan penghargaan utama yang disebut Bonsang bersama beberapa musisi lain.

Ini pertama kalinya NCT 127 memenangkan Daesang. Dalam pidato penerimaan penghargaan, para personel tidak bisa menyembunyikan rasa haru. Mereka berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung perjalanan karier mereka.

"Kami tidak mengharapkan ini, tetapi kami sangat tersentuh karena telah menerima penghargaan sebesar ini," ujar salah satu personel, Taeyong, dikutip dari laman Soompi, Senin (24/1).

NCT 127 mengapresiasi peran besar SM Entertainment, termasuk pendiri agensi, Lee Soo Man, beserta staf lain di perusahaan. Taeyong pun berterima kasih kepada boy band lain yang ada di bawah naungan brand NCT.

Beberapa nama yang dia sebutkan, yakni NCT Dream, WayV, dan NCT 2021. Taeyong juga berbangga karena semua anggota NCT 127 telah berusaha keras bersama-sama, berharap mereka semua terus sehat dan bahagia.

"Jika bukan karena anggota yang keren, luar biasa, energik, dan berbakat, saya tidak berpikir kami akan mencapai pencapaian setinggi ini,” ujarnya.

Personel lain, Doyoung, tidak menyangka bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Dia berjanji, NCT 127 akan terus bekerja keras agar bisa menjadi artis yang sesuai dengan apresiasi bergengsi yang didapat.

"Saya sudah lama bermimpi menerima penghargaan seperti ini. Terima kasih telah memberi kami penghargaan yang luar biasa. Ini semua karena para penggemar," kata Doyoung, mengapresiasi penikmat musik mereka yang dijuluki NCTzens.

Johnny pun ikut memberikan pidato. Dia berterima kasih kepada orang tuanya dan orang tua para personel NCT 127. "Mereka adalah alasan kami bisa sampai di sini. Mereka bintangnya, merekalah yang mendukung kami," ujarnya.

"Saudara" NCT 127, yakni NCT Dream, juga berjaya di Seoul Music Awards. NCT Dream memenangkan gelar album terbaik untuk Hot Sauce. Para personel menyampaikan pidato mereka dalam tiga bahasa, yakni Korea, Inggris, dan Mandarin.

Jaemin bicara dalam bahasa Korea, Chenle dengan bahasa Mandarin, dan Mark dalam bahasa Inggris. Grup beranggotakan tujuh personel itu mengatakan, album mereka merupakan sebuah karya istimewa.

"Sangat spesial bagi kami karena ini adalah album pertama kami bersama-sama, album full-length pertama kami, dan memiliki gelar ini adalah sebuah kehormatan besar," kata Mark.

BTS memborong tiga penghargaan di gelaran tersebut. Grup yang memopulerkan lagu "Dynamite" itu memenangkan kategori artis dunia terbaik, artis terbaik U+ Idol Live, dan penghargaan Bonsang.

Bonsang tidak hanya dianugerahkan kepada satu musisi saja. Selain BTS dan NCT 127, penerima lain yakni ENHYPEN, Heize, Brave Girls, Oh My Girl, Seventeen, Kang Daniel, aespa, ATEEZ, The Boyz, dan IU.

Penyanyi IU yang memiliki nama asli Lee Ji-eun mendapat Bonsang serta memenangkan kategori lagu terbaik untuk karyanya, "Lilac". Penghargaan itu membuat IU menyadari betapa banyak cinta yang dia terima atas karyanya.

Bagi IU, penghargaan itu bisa didapat berkat produser yang membantunya menggarap album Lilac, serta para UAENA (sebutan untuk penggemarnya). Lagu "Lilac" termuat dalam album IU berjudul sama.

"Saat saya mempersiapkan album Lilac tahun lalu, saya senang dan bahagia tetapi juga sulit karena tema mengakhiri usia 20-an saya adalah bagian utama dari proses," kata dia.

Penyanyi Lim Young-woong yang mendalami genre trot menyabet penghargaan terbanyak, yakni kategori OST Award, Trot Award, Popularity Award (Korea), dan Bonsang. Kategori Ballad Award didapatkan oleh Wendy "Red Velvet".

Untuk kategori penampilan terbaik dimenangkan oleh STAYC dan ENHYPEN. Lang Lee mendapat juara di kategori Discovery of the Year, sedangkan Lee Mujin, OMEGA X, dan EPEX menerima gelar "Rookie of the Year".

Boy band EXO mendapat piala untuk kategori K-Wave Award (di luar Korea). Penghargaan khusus berupa Special Jury Award diberikan kepada Jung Dong-ha. Sementara, HyunA meraih penghargaan di kategori R&B/Hip Hop Award.

HyunA memberikan pidato penerimaan penghargaan tidak hanya untuk dirinya. Dia juga mewakili rekan satu labelnya, Heize, yang memenangkan Bonsang namun absen karena alasan kesehatan.

Menurut pelantun lagu "I'm Not Cool", ini pertama kalinya dia mewakili penerimaan penghargaan musisi lain. Dia membacakan memo yang diberikan oleh Heize, berisi pesan kepada para penggemar.

"Dia berkata, 'Terima kasih telah mencintai musik Heize selama ini. Saya merindukan penggemar saya dan saya harap Anda semua tetap hangat terlepas dari cuacanya,'" ujar HyunA saat membacakan memo Heize.

Menurut HyunA, Heize jatuh sakit sebelum ajang itu. Namun, dia tidak mengungkapkannya karena enggan membuat penggemarnya khawatir. HyunA berjanji akan menjaga dan menemani rekannya itu dan mendoakan kebaikan bagi semua orang.

"Saya harap kalian semua tetap sehat secara mental dan fisik tahun ini, termasuk semua artis yang ada di sini," ujarnya.

Selain HyunA, para musisi lain turut tampil memeriahkan Seoul Music Awards. Mereka di antaranya NCT 127, NCT Dream, ENHYPEN, The Boyz, Oh My Girl, STAYC, Brave Girls, Wendy "Red Velvet", Kang Daniel, OMEGA X, Lim Young Woong, dan Lee Mujin.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat