Perangkat IoT di rumah (ilustrasi) | Dok TCL

Inovasi

23 Jan 2022, 08:42 WIB

Teknologi Televisi yang Kian ‘Berwarna’

Selama pandemi, rumah menjadi pusat segala aktivitas. Mulai dari, bekerja, olahraga, hingga mendapatkan hiburan. Industri smart TV dan teknologi layar pun berkembang pesat dalam dua tahun belakangan. 

Setelah sukses menghadirkan seri TV TCL Q725 ukuran 50, 55 dan 65 inch lengkap dengan Sistem Operasi Android 11.0, pada Sabtu (22/1), TCL menghadirkan TCL 43Q725 yaitu seri TV QLED 4K HDR 43 inch yang sudah dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos. 

Selain ukurannya yang hadir lebih kecil, yakni 43 inch, keluarga baru Q725 ini hadir lengkap dengan Google TV sebagai sistem operasinya. “TCL 43Q725 menjadi TV QLED TCL pertama yang menggunakan Google TV, hal ini akan memberikan pengalaman yang benar-benar baru sehingga produk kami mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perkembangan teknologi terkini,” kata Peter Chen, General Manager TCL Indonesia.

Menurutnya, selama ini TCL terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang imersif dan memberikan teknologi yang tercanggih dan terkini. TCL 43Q725 hadir dengan bingkai tipis berbahan logam untuk memastikan bahwa layar TV akan terlihat lebih maksimal.

photo
Smart TV terbaru dari TCL - (Dok TCL)

Perangkat ini menawarkan visual profesional 4K dan HDR 10+ 4 juta piksel dengan teknologi Quantum Dot yang menghadirkan kualitas tampilan detail menakjubkan. Quantum dot display adalah perangkat tampilan yang menggunakan quantum dot, nanocrystals semikonduktor yang dapat menghasilkan cahaya merah, hijau, dan biru monokromatik murni.

Dengan begitu, televisi ini dapat bereproduksi dalam detail yang menakjubkan dalam semua nuansa cahaya, warna alami untuk pengalaman menonton yang benar-benar nyata melalui 3.840 x 2.160 piksel atau sekitar empat  kali jumlah piksel di TV Full HD.

Mulai ditawarkan pada 25 Januari 2022 mendatang, TCL 43Q725 didukung dengan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos sehingga mampu memberikan pengalaman sinematik berkualitas tinggi dengan gambar dinamis dan audio yang imersif.

 
Dolby Vision adalah teknologi canggih yang menggabungkan High Dynamic Range (HDR) dengan kemampuan warna cerah untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik.
 
 

Ini membuat tampilan gambar pada layar TCL 43Q725 terlihat lebih jelas dengan kecerahan, kontras, warna, dan detail yang apik. Untuk penonton cilik, televisi ini dilengkapi pilihan fitur anak yang bisa disesuaikan penggunaannya sehingga anak-anak dapat menikmati hiburan sesuai usia. 

Layar Penunjang Produktivitas 

photo
Teknologi layar penunjang produktivitas juga berkembang pesat selama pandemi. - (Dok LG Electronics Indonesia )

Teknologi layar saat ini juga berperan penting untuk menunjang produktivitas para penggunanya. Pekan lalu, LG Electronics Indonesia memperkenalkan seri LG One:Quick Series. 

Meskipun berpusat pada layar LCD-LED, LG One:Quick Series merupakan kategori baru bahkan bagi perangkat elektronik solusi bisnis. Kelengkapan masing-masing serinya dirancang untuk memungkinkan komunikasi antar rekan kerja maupun pertemuan bisnis lebih besar dapat terhubung meski dalam jarak jauh. 

“Hal inilah yang menjadikannya sebagai lompatan besar bagi solusi komunikasi di era baru. Saat ruang yang berbeda tak lagi menjadi halangan interaksi untuk menunda sebuah keputusan besar dalam bisnis,” ujar Agustian Yusetia, selaku General Manager IT & ID B2B Business Solutions LG Electronics Indonesia. 

Menurutnya, ada alasan kuat bagi LG untuk membawa perangkat All-in-One Video Conferencing Display bagi kebutuhan bisnis ini ke Indonesia. Tak hanya kejaran tren sesaat kala pandemi saat pertemuan tatap muka dibatasi, namun keberadaan video conference dipercaya akan semakin bertumbuh secara berkesinambungan beriringan dengan perkembangan bisnis penggunanya. 

Ini tak lepas dari dua hal penghalang besar yang kerap menjadi alasan menunda keputusan bisnis. Efektivitas waktu yang tak lagi terganggu karena harus menunggu seluruh personel turut hadir dan menekan biaya operasional terkait perjalanan personel. 

Apalagi, menurutnya pula, bila melihat pertumbuhan infrastruktur lebih baik di Indonesia yang memungkinkan sebuah bisnis terbagi dalam beberapa kantor yang beroperasi menangani masing-masing unit bisnisnya. “Keberadaan perangkat video conference akan sangat membuka peluang besar bagi sebuah keputusan bisnis dibuat, tanpa mensyaratkan mobilitas tinggi bagi para personilnya,” ujar Agustian. 

Seri LG One:Quick terdiri dari tiga perangkat solusi komunikasi bisnis inovatif yang masing-masing dibuat untuk memenuhi ragam kebutuhan berbeda, yaitu LG One:Quick Works (model 55CT5WJ), LG One:Quick Flex (model 43HT3WJ) dan LG One:Quick Share (model SC-00DA). Bila dua model pertama dibangun dengan dukungan komputasi berbasis Windows yang dilengkapi dengan layar sentuh teknologi terbaru “In-Cell Touch” sehingga pengoperasioannya semudah mengoperasikan Smart-Phone atau Tablet, model yang terakhir merupakan solusi berbagi tampilan layar secara nirkabel. 

Keberadaan video conference dipercaya akan semakin bertumbuh secara berkesinambungan beriringan dengan perkembangan bisnis penggunanya.

AGUSTIAN YUSETIA, General Manager IT & ID B2B Business Solutions LG Electronics Indonesia. 
 

 

Untuk menunjang pertemuan tatap muka yang besar, mikrofonnya dapat menjangkau jarak hingga enam meter dengan meminimalisir gangguan penangkapan suara dari bunyi di sekitarnya. Sementara kamera 4K dengan resolusi 3.840 x 2.160 akan bekerja otomatis mendeteksi dan memberikan fokus utamanya pada pihak yang sedang berbicara 

Salah satu fitur revolusioner dalam solusi pertemuan bisnis adalah penggunanya dapat melakukan pengaturan untuk membuat tampilan layar pada ruang pertemuan utama terhubung secara real-time pada berbagai ruang pertemuan lainnya. Menurut Agustian, dengan inovasi yang memungkinkan interaksi lebih baik dari jarak jauh ini, diharapkan akan terjadinya keseimbangan antara kerja dan menikmati kehidupan yang lebih baik bagi para pihak dalam dunia bisnis yang baru ini.

  ';

×