Petugas kesehatan melayani warga lanjut usia (lansia) calon penerima vaksin COVID-19 dosis ketiga (booster) jenis Pfizer di Puskesmas Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara, Senin (17/1/2022). Pemerintah Kota Medan mulai melakukan program vaksinasi dosis k | ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Nasional

Vaksin Lengkap Jadi Syarat Masuk Hotel Hingga Mal

Pengusaha hotel mengimbau para wisatawan melengkapi dosis vaksin sebelum berekreasi.

JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Dalam aturan ini, ada substansi yang mengalami perubahan, yakni pengetatan untuk orang yang bisa masuk hotel, supermarket, bioskop, fasilitas olahraga, dan pusat kebugaran pada semua level.

"Untuk hotel, supermarket, bioskop, fasilitas olahraga dan kebugaran pada semua levelnya hanya menerapkan pada kategori hijau aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk," ujar Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA, Selasa (18/1).

Sesuai ketentuan di aplikasi PeduliLindungi, status kategori hijau didapat setelah pengguna divaksinasi dosis lengkap atau dosis kedua. Dalam Inmendagri sebelumnya, level kuning dan hijau pada aplikasi itu dapat diperbolehkan masuk pusat perbelanjaan.

Sedangkan, untuk tempat wisata, fasilitas olah raga dan kebugaran hanya mewajibkan penggunaan PeduliLindungi. Dalam aturan baru itu, kata Syafrizal, terdapat pengecualian bagi masyarakat yang tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

photo
Sejumlah anak bersama orang tuanya beraktivitas di area Sky Bridge Ciwalk usai disuntik vaksin Covid-19 saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (29/12/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Ada dua Inmendagri baru yang diterbitkan terkait perpanjangan PPKM di Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali. Inmendagri Nomor 3 dan Nomor 4 Tahun 2022 merupakan bentuk mitigasi menghadapi potensi peningkatan kasus penularan Covid-19, terutama varian omikron.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor Yuno Abeta Lahay mengatakan, pihaknya sudah dalam posisi berhati-hati terkait kenaikan kasus Covid-19. Para pengusaha hotel sudah membuat strategi yang sama, terutama terkait pembatasan dan pengetatan yang terjadi.

“Alarm lampu kuningnya sudah menyala. Kita saat ini juga sudah mulai lagi lebih waspada, mulai lagi dengan persiapan-persiapan dari sisi manajemen dan pelayanan,” ujar Yuno, kemarin. Ia hanya berharap Kota Bogor bisa melewati masa puncak omikron dan bisnis jasa hotel dan restoran tetap menjadi primadona.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat