Sejumlah alat tes usap COVID-19 terletak di atas sebuah meja saat tes massal di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (10/1/2022). Tes usap yang dilakukan kepada 500 warga Krukut tersebut menindaklanjuti ditemukannya 36 kasus COVID- | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Nasional

Bus Disiagakan Evakuasi Pasien Covid-19 di Krukut

Jika sudah mengantar pasien Krukut ke Wisma Atlet, bus segera disterilkan kembali dengan disinfektan untuk mencegah Covid-19.

JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan empat bus sekolah untuk mengevakuasi pasien Covid-19 dari Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, ke Wisma Atlet Kemayoran. "Kita siapkan empat unit bus dengan empat pengemudi, yang siaga bila dibutuhkan," kata Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI, Ali Murtadho, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (11/1). 

Empat bus tersebut terdiri atas dua unit minibus dengan kapasitas 17 orang dan dua unit medium bus dengan kapasitas 20 orang. "Bus itu akan datang menjemput sesuai dengan panggilan dari kelurahan," katanya.

Menurut Ali Murtadho, jika sudah mengantar pasien ke Wisma Atlet, bus segera disterilkan kembali dengan disinfektan. Sopir dan petugas dari puskesmas sudah mulai mengantar warga Krukut yang positif sejak pekan lalu. "Awalnya kami mengantar 14 orang, kemudian kami mengantar 19 orang lagi ke Wisma Atlet," kata dia.

Hingga saat ini, empat bus tersebut masih disiagakan selama berlangsungnya proses tracing Covid-19 di Kelurahan Krukut. "Kita berharap upaya ini dapat membantu pihak kelurahan dalam mengevakuasi warganya yang positif," kata Ali.

Wali Kota Jakarta Barat Wahyu Yani Purwoko mengaku sudah memberlakukan karantina skala mikro di empat RT di RW 02 Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 setelah ditemukan kasus di Tamansari.

"Petugas daru Puskesmas Taman Sari sudah melakukan tracing kepada 120 warga kontak erat kemarin. Kita akan tracing terus sampai 500 warga kontak erat," katanya, Selasa (11/1).

photo
Petugas kesehatan melakukan tes usap Covid-19 kepada seorang warga saat tes massal di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (10/1/2022). Tes usap yang dilakukan kepada 500 warga Krukut tersebut menindaklanjuti ditemukannya 36 kasus COVID-19 di wilayah itu di mana satu di antaranya suspek varian Omicron. - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.)

Yani berharap dengan karantina skala mikro, penyebaran Covid-19 di Kelurahan Krukut dapat ditangani dengan baik. Sebelumnya, warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 10 orang di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Tambahan itu berdasarkan hasil tes usap antigen dan polymerase chain reaction (PCR), Senin (10/1).

"Ada 10 orang yang positif, hasil tes antigen. Kini mereka sedang menjalankan isolasi mandiri menunggu persetujuan rujukan di Wisma Atlet," kata Lurah Krukut Ilham Nurkarin saat dihubungi di Jakarta.

Tes usap antigen dan PCR itu dilakukan dalam rangka pelacakan penyebaran Covid-19 setelah 36 warganya berstatus positif Covid-19 beberapa hari lalu. Dengan temuan itu, total warga Krukut yang berstatus positif Covid-19 menjadi 46 warga. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat