Para pemain Chelsea | EPA-EFE/ANDY RAIN

Olahraga

Chelsea The Blues Menatap Final

Chelsea The Blues punya modal berharga dari kemenangan 2-0 pada leg pertama.

LONDON -- Dengan satu kaki sudah berada di final Piala Carabao, Chelsea akan melakukan perjalanan ke markas Tottenham Hotspur untuk menyelesaikan pekerjaan pada leg kedua semifinal, Kamis (13/1) dini hari. The Blues punya modal berharga dari kemenangan 2-0 pada leg pertama dan hanya butuh 90 menit lagi untuk menyiapkan pertarungan dengan melawan Arsenal atau Liverpool.

Skuad asuhan Thomas Tuchel itu datang ke Tottenham Hotspur Stadium dengan penuh kepercayaan diri yang tinggi. Romelu Lukaku cs tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir di semua kompetisi, walaupun lima di antaranya berakhir imbang. Tapi, mereka setidaknya mencetak dua gol dalam enam dari tujuh pertandingan tandang terakhir menjelang leg kedua ini.

Selain itu, kemenangan 2-0 di Stamford Bridge pekan lalu menandai kemenangan ketiga Chelsea dan clean sheet ketiga melawan Tottenham, yang hanya mencetak dua gol dalam delapan pertemuan dengan juara bertahan Liga Champions tersebut sejak Februari 2019. Memang, Chelsea seolah tidak ingin menganggap besar kemenangan melawan klub nonliga, Chesterfield, di Piala FA dengan skor 5-1. Tapi, paling tidak kemenangan itu membawa hawa positif untuk menghadapi lawan sesama tim London tersebut.

Namun, Chelsea kali ini tidak akan diperkuat kiper andalannya, Edouard Mendy, yang positif Covid-19 saat bertugas untuk Senegal dalam ajang Piala Afrika. Selain itu, Thiago Silva dan N'Golo Kante juga belum bisa dipastikan sudah pulih dari Covid-19 atau belum. Tapi, Tuchel berharap Silva dan Kante bisa ikut dalam perjalanan ke Tottenham Hotspur Stadium. Sebab, keduanya sudah mendapatkan tes negatif Covid-19.

''Apakah mereka kembali, bergantung pada bagaimana perasaan Thiago dan N'Golo Kante dalam diri mereka sendiri, dan itu juga tergantung pada tes yang mereka lakukan dan peraturan, jika saya tidak salah,'' kata Tuchel, dikutip dari laman resmi Chelsea, Selasa (11/1).

Sementara Reece James, Ben Chilwell, dan Trevoh Chalobah masih akan absen untuk leg kedua ini. Arrizabalaga, Jorginho, dan Kai Havertz bakal kembali berebut tempat di starting XI. Sementara Saul Niguez, yang mulai mendapatkan kepercayaan Tuchel, kemungkinan akan kembali diturunkan sejak awal. Saul tampil dalam kemenangan Chelsea pada leg pertama, serta saat timnya mengalahkan Chesterfield di Piala FA.

"Saya pikir dia akan menjadi pemain penting bagi kami dan saya berharap begitu juga. Saya melihat lebih banyak kepercayaan diri padanya dalam setiap pertandingan, dia dalam kondisi yang baik dan adaptasinya terhadap cara kami bermain telah berkembang lebih jauh dari sebelumnya," ungkap Tuchel. 

Di sisi lain, the Lilywhites sadar kalau ada kesenjangan cukup besar dari sisi kekuatan dengan Chelsea. Hal tersebut juga diakui oleh manajer Antonio Conte, khususnya setelah kalah pada leg pertama. Spurs bahkan nyaris dikalahkan oleh Morecambe di Piala FA, akhir pekan lalu. Beruntung ada Lucas Moura dan Harry Kane yang menyelamatkan mereka menjelang pertandingan berakhir sehingga bisa menang 3-1.

Gelandang Spurs, Harry Winks, mengakui timnya tidak cukup baik melawan tim kasta ketiga di Inggris. Ia menilai pemain Spurs justru kerap menyulitkan diri sendiri dan didikte oleh lawan. Menurut pemain internasional Inggris tersebut, Spurs terlalu sering tampil ceroboh dan kehilangan konsentrasi. Bahkan, timnya enggan merayakan kemenangan yang didapat dari Piala FA karena sadar performa yang ditampilkan tidak cukup bagi.

"Saya tidak tahu alasannya, tetapi kami semua dapat melihat diri kami sendiri dan berkata, 'kami tidak cukup baik'," kata Winks, dikutip dari laman resmi Spurs.

Jika permainan itu kembali ditampilkan melawan Chelsea, bisa dipastikan Spurs akan kesulitan untuk bisa membalikkan keadaan. Bahkan, bisa saja Spurs, yang tanpa kehadiran Son Heung-min karena cedera, bakal kembali menelan kekalahan. 

Spurs harus menunjukkan ketajaman dan kekejaman mereka agar bisa menang melawan Chelsea. Eric Dier kemungkinan akan bisa dimainkan setelah cedera ringan. Steven Bergwijn juga memiliki peluang untuk masuk ke dalam skuad. Tapi, Cristian Romero masih akan absen. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat