Tugu Pancakarsa Kabupaten Bogor | Youtube

Bodetabek

Tugu Pancakarsa Jadi Ikon Baru

Di tengah kegelapan malam, gemerlap lampu warna-warni menghiasi Tugu Pancakarsa.

OLEH SHABRINA ZAKARIA

Setelah masa pembangunan yang cukup panjang selama tiga tahun, Tugu Pancakarsa akhirnya diresmikan menjadi salah satu ikon Kabupaten Bogor. Tugu setinggi 20 meter ini, berlokasi di pintu masuk Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Proses pembangunan Tugu Pancakarsa dilakukan Pemkab Bogor sejak 2019 silam. Dimulai dengan membebaskan lahan seluas kurang lebih 3.500 meter persegi, yang berada tepat di pintu masuk utama Sirkuit Sentul. Dilanjutkan pada 2020 dengan pembangunan konstruksi, dan finalisasi pada 2021. Hingga akhirnya diresmikan pada Senin (27/12) malam.

Di tengah gelapnya malam, gemerlap lampu warna-warni menghiasi Tugu Pancakarsa. Dihiasi air mancur yang menari-nari, dilewati kendaraan yang kini melintas satu arah.

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, menuturkan, tugu ini didedikasikan untuk masyarakat Kabupaten Bogor, dengan menghadirkan Cibinong sebagai Ibu Kota Kabupaten Bogor yang indah, bersih, dan nyaman. Tidak hanya Tugu Pancakarsa, tapi juga kawasan Sentul sampai dengan Kandang Roda, dan dari Kandang Roda sampai Pakansari yang jalannya sudah diperbaiki.

Di samping itu, filosofi dari Tugu Pancakarsa adalah tugu yang dibuat dari lima lawang, yaitu Lawang Kori. Kelima lawang ini disatukan menjadi lima yang menggambarkan program Pemkab Bogor, yaitu Pancakarsa. Pancakarsa terdiri atas Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Membangun, Bogor Maju, dan Bogor Berkeadaban.  

“Saya ingin ada perkembangan untuk masyarakat, mereka bisa berjalan kaki dengan aman dan nyaman, karena disediakan ruang jalan kaki yang cukup luas. Tidak harus selalu berkendara, kalau jaraknya dekat itu bisa jalan kaki dengan selamat, aman, dan nyaman,” ujar Ade Yasin beberapa waktu lalu.

Tak hanya meresmikan Tugu Pancakarsa, enam taman yang dibangun Pemkab Bogor pada tahun ini juga diresmikan secara simbolis. Enam taman tersebut, yaitu Taman Perubahan di Kecamatan Bojonggede, Taman Tematik di Kecamatan Jasinga, Alun-alun Kecamatan Leuwiliang, Taman Tematik di Kecamatan Klapanunggal, Alun-alun Kecamatan Cariu, dan Taman Tugu Pancakarsa.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika, mengatakan, Pemkab Bogor juga menggelontorkan dana sebesar Rp 356,5 miliar untuk program mempercantik wajah Ibu Kota atau city beautification project.

Program tersebut meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, jalur pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

“Kita masih banyak pekerjaan rumah (PR) untuk penataan Ibu Kota ini. Salah satunya sisi taman di jalur pedestrian. Nanti akan ada pohon jakaranda. Harapannya bulan April atau Mei akan berbunga juga (seperti) sakura,” kata Ajat.

Air mancur dioperasikan

Pemkab Bogor juga mulai mengoperasikan air mancur di Tugu Pancakarsa. Rencananya, air mancur di Tugu Pancakarsa akan menyala pada pagi dan malam hari.

Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar alias Gus Udin mengatakan, taman tempat didirikannya ikon baru Kabupaten Bogor itu kini sudah dibuka untuk umum usai diresmikan pada 27 Desember 2021 lalu. Dia menyebutkan, waktu operasional air mancur di Tugu Pancakarsa akan diatur berdasarkan jam dan hari selama satu pekan.

Pada Senin hingga Jumat, akan difungsikan sembilan pompa untuk menyemburkan air pada pukul 07.30 WIB 09.00 WIB dan pukul 19.00 WIB-21.00 WIB. Pada akhir pekan, sembilan pompa menyemburkan air pada pukul 07.30 WIB-09.30 WIB dan 69 pompa menyemburkan air pukul 19.00 WIB-20.00 WIB.

“Khusus lampu vertikal yang ada pada setiap sisi konstruksi Tugu Pancakarsa mulai dinyalakan pada 7 Januari 2022 lalu,” kata Gus Udin. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DPKPP Kabupaten Bogor (@dpkppbogorkab)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat