Pesepak bola Bhayangkara FC Renan Da Silva (tengah) menghadang pesepak bola PSS Sleman pada pertandingan Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (22/11/2021). PSS Sleman dan Bhayangkara FC bermain imbang dengan skor 0-0. | ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Olahraga

04 Jan 2022, 08:18 WIB

Geliat Perpindahan Pemain Liga 1

Pemain Persikabo Julyano Pratama kini merapat ke PSM Makassar menjelang putaran kedua Liga 1.

BANDUNG -- Borneo FC merekrut pemain muda Persib Bandung, Indra Mustafa, pada Senin (3/1). Indra menjadi pemain lokal pertama Persib yang hengkang pada masa bursa tranfer paruh musim. 

Presiden Borneo FC Nabil Husein mengatakan, Indra akan menambah kekuatan di lini belakang tim. Indra mendapatkan kontrak selama dua tahun. "Kami ucapkan selamat datang untuk Indra Mustafa, semoga kehadirannya bisa menambah kekuatan lini belakang kita," kata Nabil, Senin (3/1).

Nabil berharap Indra mampu menunjukkan penampilan yang baik. Sebagai rekrutan anyar, Indra pun diharapkan dapat bersaing untuk memperebutkan posisi pemain inti. 

Kepindahan Indra memang terkesan mendadak. Pada dua hari lalu, Persib mengumumkan 31 pemain yang dibawa ke Bali, termasuk Indra Mustafa. Melalui akun Instagram pribadinya, Indra pamit dari Persib dan berterima kasih atas dukungan yang diterimanya selama ini.

"Atas nama pribadi saya ucapkan banyak-banyak berterima kasih kepada tim Persib. Semoga semakin sukses dan jaya selalu. Kepada Bobotoh di mana pun kalian berada, terima kasih untuk doa dan dukungan yang luar biasa yang selalu kalian kasih kepada saya," tulis Indra.

"Di mana ada pertemuan pastinya juga akan ada perpisahan. Sampai bertemu kembali saya pamit," tulis Indra melanjutkan.

Di tempat lain, pemain Persikabo Julyano Pratama yang baru saja dilepas klub asalnya kini merapat ke PSM Makassar menjelang putaran kedua Liga 1 musim 2021/2022. Julyano Pratama yang sudah mengikuti latihan bersama tim Juku Eja pada Ahad (2/1) itu mengaku siap membawa tim kebanggaan Sulawesi Selatan tersebut ke papan atas klasemen Liga 1.

"Saya berterima kasih kepada PSM yang memanggil saya untuk bergabung dengan tim asal kelahiran saya," kata Julyano di Makassar, Senin.

Ia menjelaskan, keputusan bergabung dengan PSM Makassar merupakan panggilan hati. Selain itu, kebetulan juga karena pada saat yang bersamaan ia mendapatkan panggilan dari tim PSM.

Mengenai agenda PSM yang tidak hanya akan berfokus di Liga 1, tapi juga Piala AFC, ia pun mengaku siap jika pada akhirnya mendapatkan kepercayaan dari tim pelatih. Saat ini, ia memilih berfokus meningkatkan kemampuannya sebelum dipanggil tim pelatih sembari menunggu kedatangan pelatih kepala PSM Joop Gall yang masih menjalani masa karantina di Jakarta. "Saya bersama para pemain yang lain akan fokus mempersiapkan diri (bermain di Piala AFC)," kata Julyano.

Manajemen PSM Makassar telah memutuskan melepas puluhan pemain yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan tim per Desember 2021. Kepergian para pemain tersebut membuat manajemen kini mencari pemain-pemain baru yang dianggap bisa mengangkat prestasi tim pada putaran kedua nanti. 


×