Modal Kerja BJBSNasabah melintas usai mengambil uangnya di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Jabar Banten Syariah (BJBS), Jakarta, Ahad (14/4). Untuk memperkuat sektor pembiayaannya, Bank BJB Syariah telah menyalurkan modal kerja hingga Rp 1,14 tril | Republika/Aditya Pradana Putra

Ekonomi

BJB Syariah Jadi Investor Institusional Bizhare

Kolaborasi digital BJB Syariah dan Bizhare membuat pengembangan UMKM menjadi mudah, aman, dan efisien.

 

JAKARTA -- Platform securities crowdfunding (SCF) Bizhare dan BJB Syariah melakukan penandatanganan kerja sama pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). BJB Syariah akan mendukung perkembangan bisnis UMKM di Indonesia melalui skema urun dana Bizhare sebagai investor institusional.

BJB Syariah juga akan mendukung proses pendanaan produk layanan Bizhare yang terbaru, yaitu sukuk melalui berbagai layanan perbankan yang dimilikinya. Direktur Utama Bank BJB Syariah, Indra Falatehan, mengungkapkan antusiasmenya pada kolaborasi ini.

"Kami sangat antusias akan kerja sama ini karena saat ini kami sedang menggalakkan pemanfaatan crowdfunding untuk pembiayaan UMKM," kata Indra dalam keterangan pers, akhir pekan lalu.

Menurut Indra, banyak potensi kerja sama yang dapat dilakukan di ekosistem digital bersama Bizhare. Kolaborasi melalui platform digital ini membuat upaya mengembangkan bisnis UMKM menjadi mudah, aman, dan efisien.

Kerja sama lainnya yang akan dilakukan berupa metode pembayaran melalui rekening escrow dan virtual account yang akan hadir di platform Bizhare. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna rekening syariah berinvestasi melalui Bizhare khususnya untuk pembelian produk Sukuk.

CEO Bizhare, Heinrich Vincent, berharap, kerja sama ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mengawali 2022. Ia juga terbuka atas potensi kolaborasi dan sinergi lainnya.

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi bersama BJB Syariah untuk bisa mempercepat penyaluran pendanaan kepada UMKM dan melengkapi ekosistem yang ada," katanya.

Dengan kerja sama kali ini, investor akan dimudahkan untuk melakukan transaksi dalam berinvestasi pada bisnis-bisnis UKM Syariah yang ada di Bizhare. Dengan kemudahan berinvestasi melalui layanan oleh BJB Syariah ini, dia berharap, 350 UMKM syariah yang mengajukan pendanaan dapat terpenuhi kebutuhan pendanaannya pada 2022.

Potensi kolaborasi lainnya juga termasuk mengoptimalisasi customer base kedua pihak. BJB Syariah memiliki keunggulan di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Bizhare dapat mengoptimalisasi customer base tersebut sesuai pengembangan yang ingin dilakukan perusahaan tekfin tersebut.

BJB Syariah juga dapat bersinergi dengan Bizhare yang memiliki lebih dari 110 ribu customer base. BJB Syariah dapat memasarkan produk perbankan secara digital serta mengawinkan produk perbankan dan tekfin.

Keduanya berharap kerja sama tersebut dapat menjadi jendela untuk kolaborasi yang lebih besar dalam mewujudkan ekosistem ekonomi syariah. Inovasi baru dapat diciptakan untuk melahirkan cara pemasaran yang dinamis untuk kedua belah pihak baik secara luring maupun digital.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat