Sejumlah petugas memasang pembatas jalan di jalur Inspeksi Kanal Banjir Timur, Cipinang, Jakarta, Kamis (30/12/2021). Penutupan kawasan KBT itu untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerumunan warga yang hendak merayakan pergantian malam Tahun Baru | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Utama

11 Titik di DKI Jakarta Ditutup

Sejumlah lokasi wisata akan diawasi sepanjang pergantian tahun.

JAKARTA -- Untuk dua hari pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021, sedikitnya 11 titik di Ibu Kota bakal ditutup. Ribuan personel kepolisian akan diterjunkan guna menegakkan regulasi untuk mencegah merebaknya Covid-19 pada Malam Tahun Baru tersebut.

"Kita semua sepakat tidak ada perayaan Tahun Baru di Jakarta, di kafe, bar, restoran maupun hotel," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/12).

Kebijakan Malam Tanpa Kerumunan alias Crowd Free Night (CFN), kata Sambodo, akan diperpanjang menjadi dua hari tersebut. Penerapan CFN mulai berlaku pada pukul 22.00 sampai 04.00 WIB. Nantinya polisi juga akan melakukan penyekatan terbatas sebelum memasuki waktu penerapan CFN.  

Sambodo menekankan, CFN diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan pada saat malam pergantian tahun dan saat libur Tahun Baru. Hal itu juga dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, apalagi sudah ditemukan kasus Covid-19 varian omikron di Indonesia.

 
photo
Sejumlah petugas memasang pembatas jalan di jalur Inspeksi Kanal Banjir Timur, Cipinang, Jakarta, Kamis (30/12). Penutupan kawasan KBT itu untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerumunan warga yang hendak merayakan pergantian malam tahun baru 2022. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Ada 11 titik yang diberlakukan CFN pada malam Tahun Baru. Di antaranya kawasan Asia Afrika, Gunawarman, Senopati, dan SCBD, Mahakam, Bulungan, Barito, Sudirman-Thamrin, Kota Tua, Monas, Kemayoran, Pantai Indah Kapuk 2, Kemang, Banjir Kanal Timur (BKT), dan kawasan Danau Sunter. 

Selain itu, pihaknya juga bakal memberlakukan kebijakan Ganjil-Genap sejak Jumat (31/12) sampai Ahad (2/1/2) pukul 18.00 WIB. Adapun untuk tempat wisata juga bakal dibatasi jam operasionalnya.   

Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kebun Binatang Ragunan juga dibatasi untuk jam operasionalnya. Kebun Binatang Ragunan baru dibuka pukul 09.00 WIB dan harus tutup pukul 15.00 WIB pada 31 Desember 2021, serta 1 dan 2 Januari 2022. "Kawasan Setu Babakan dan Museum Fatahilah dalam tiga hari ke depan juga akan tutup," kata Sambodo. 

Rencananya Polda Metro Jaya menerjunkan sekitar 4.000 personel untuk mengamankan CFN selama dua hari tersebut. “Jumlah sebenarnya sedang kita hitung karena ada penambahan hari dan titiknya,” ujar Sambodo. 

Sementara itu, Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penerapan CFN. Satpol PP bakal mengerahkan 1.600 personel membantu pengamanan Tahun Baru.

"Dalam hal ini saya juga mengingatkan kepada satgas internal untuk meningkatkan pengawasan di objek wisata. Tentu juga kepada semua pelaku usaha bahwa malam Tahun Baru tidak ada kegiatan," tutur Bernard.  

Wakapolda DI Yogyakarta Brigjen R Slamet Santoso mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli skala besar selama malam Tahun Baru. Patroli ini dilakukan seluruh jajaran kepolisian dari tingkat Polda DIY, polres hingga polsek, termasuk TNI. 

"Kita tidak mengeluarkan perizinan keramaian pada saat malam Tahun Baru. Kita akan menggelar patroli skala besar dengan instansi terkait untuk menciptakan di malam Tahun Baru itu betul-betul bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata Slamet di Sleman, Rabu (29/12). 

Slamet juga menegaskan bahwa kegiatan konvoi maupun arak-arakan dilarang di malam Tahun Baru. Larangan yang dikeluarkan selama malam Tahun Baru ini berdasarkan atas Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021. "Kita pastikan tidak ada (konvoi dan arak-arakan), mudah-mudahan tidak ada perayaan (malam Tahun Baru) yang sifatnya massal," ujar Slamet. 

Pihaknya juga memperketat pengawasan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tempat-tempat keramaian hingga pintu masuk ke DIY. Mulai dari destinasi wisata, tempat hiburan, terminal hingga stasiun. 

photo
Anggota Pramuka membantu mengatur lalu-lintas di kawasan Titik Nol Yogyakarta, Kamis (30/12/2021). Selama liburan Natal dan Tahun Baru, sebanyak 50 anggota Pramuka ikut membantu polisi menjaga keamanan. Waktu berjaga dibagi menjadi dua shift pagi dan malam. Selain membantu mengatur lalu-lintas juga membantu warga yang akan menyeberang. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Pengetatan ini dilakukan mengingat tidak ada kebijakan penyekatan, khususnya untuk pendatang dari luar daerah yang masuk ke DIY. "Kita perlu antisipasi perkembangan (omikron) yang cukup cepat," kata dia.

"Kami mengimbau lebih baik malam Tahun Baru kita laksanakan dan rayakan bersama keluarga di rumah saja, sehingga kesehatan bisa terjaga," kata Slamet. 

Polda Jawa Barat juga menyiapkan langkah pengalihan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada malam Tahun Baru. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago mengatakan pengalihan arus itu disiapkan guna mencegah kepadatan kendaraan di Jalur Puncak. 

"Jadi situasional kalau memang ramai, akan kita alihkan," kata Erdi, di Bandung, Kamis.

Selain pengalihan arus, tak menutup kemungkinan polisi bakal menutup jalur di kawasan Puncak Bogor apabila kepadatan kendaraan sudah membeludak. 

Prokes Destinasi Wisata Dipantau

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah akan terus mengawasi penerapan protokol kesehatan di berbagai destinasi wisata di daerah. Hal ini dilakukan mengingat potensi lonjakan kasus kembali setelah ditemukannya varian omikron di Indonesia.

photo
Ruas Jalan Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak yang dialihkan ke gerbang Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (26/12/2021). Lalu lintas kendaraan di kawasan Puncak Bogor, Saat libur Natal dan akhir pekan terpantau lengang sejak dilakukan pengetatan pemberlakuan ganjil genap serta peraturan Pemerintah Kabupaten Bogor yang mewajibkan wisatawan wajib membawa surat keterangan sudah vaksin. - (Republika/Putra M. Akbar)

Menurut dia, dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, Presiden Joko Widodo mengarahkan agar mengutamakan penanganan pandemi Covid-19 terlebih dahulu. Ia yakin, ekonomi akan dapat kembali pulih jika pandemi dapat dikendalikan.

"Kami terus pantau. Tadi arahan Sidang Kabinet, penanganan pandemi harus diutamakan karena kebangkitan ekonomi bisa kita ciptakan selama kita bisa tangani pandemi dengan baik," kata Sandiaga Uno setelah mengikuti Sidang Kabinet, di Kompleks Istana Presiden, Kamis (30/12).

Sandiaga melanjutkan, kepatuhan protokol kesehatan oleh para wisatawan di berbagai destinasi wisata terpantau mengalami peningkatan. Namun, ia juga meminta para pengelola wisata agar disiplin menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memantau kondisi para wisatawan.

"Di destinasi wisata, kepatuhan meningkat, tapi aplikasi PeduliLindungi yang harus saya ingatkan kepada pengelola untuk dipastikan terimplementasi dan terintegrasi, juga kepatuhannya dijaga dengan baik," ujarnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (29/12) menyampaikan penemuan 21 kasus baru Covid-19 varian omikron. Tambahan kasus ini menjadikan total kasus omikron di Indonesia mencapai 68 kasus.

Menkes menyebut, 21 kasus baru dibawa oleh pelaku perjalanan internasional. Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk berlibur di dalam negeri karena tingginya risiko importasi kasus. 

Kepadatan daerah

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, selama libur Natal kenaikan pengunjung, yakni 200-300 persen dari bulan sebelumnya. "Keadaan November 2021 jumlah kunjungan dari semua DTW (daya tarik wisata) di Cilacap, yaitu 164.977. Kenaikan rata-rata di libur Natal 200-300 persen," ujar Tri Komara kepada Republika, Kamis (30/12).

Adapun jumlah pengunjung sebelum pandemi atau saat keadaan normal, yaitu sekitar 700 ribu wisatawan. Pihaknya telah melakukan langkah-langkah agar jumlah pengunjung bisa sesuai dengan aturan pusat dan daerah.

Dalam aturan tersebut, kapasitas maksimal masing-masing objek wisata, yaitu hanya 75 persen, dan pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Pengelola DTW diharuskan memasang QR code PeduliLindungi di pintu masuk dan keluar, serta mengatur kapasitas pengunjung maksimal 75 persen. Pengelola DTW juga diharuskan melengkapi fasilitas prokes di DTW masing-masing," kata dia.

photo
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten mempersiapkan rambu-rambu pagar besi di kawasan Alun-alun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021). Pemerintah Kabupaten Klaten akan menutup kawasan ruang publik pada Jumat (31/12/2021) untuk mengantisipasi kerumunan masyarkat saat menyambut malam tahun baru 2022 sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19. - (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.)

Selain itu, Disporabudpar Cilacap juga membentuk Tim Pengawasan dan Pemantauan Langsung, khususnya di DTW, yang rawan padat wisatawan, selama libur Natal dan tahun baru. 

Sejumlah tempat wisata di Kota dan Kabupaten Bogor tetap beroperasi saat libur Tahun Baru 2022. Namun, ada beberapa pembatasan-pembatasan yang dilakukan, baik dari tempat wisata maupun oleh pemerintah daerah terhadap para pengunjung.

Di Kota Bogor, tempat wisata akan dipantau secara ketat saat libur tahun baru pada Sabtu (1/1). “Tempat wisata buka tentunya, tapi tadi kita akan pantau secara ketat untuk tidak ada pelanggaran, kerumunan, dan lain-lain. Tapi mungkin kolam renang tidak diizinkan untuk beroperasi nanti,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada Republika, Kamis (30/12).

Salah satu tempat wisata di Kota Bogor, yakni Kebun Raya Bogor (KRB), tetap beroperasi secara normal mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. General Manager Corporate Communication & Security PT Mitra Natura Raya (MNR) KRB, Zaenal Arifin mengatakan, pengunjung KRB saat libur Tahun Baru 2022 dibatasi sebanyak 20 ribu pengunjung.

“Pengunjung dapat masuk ke KRB dengan syarat sudah vaksinasi Covid-19, dan check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata Zae.

photo
Petugas berjaga di Alun-Alun Kota Bogor, Jawa Barat yang ditutup sementara, Rabu (29/12). Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menutup sementara Alun-alun Kota Bogor pada libur Natal hingga malam pergantian tahun baru, hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan saat perayaan Tahun Baru 2022. Selama ditutup alun-alun Kota Bogor tetap dilakukan pemeliharaan berkala oleh petugas. - (Prayogi/Republika.)

Di Banten, 200 personel kepolisian diterjunkan di wilayah Pantai Anyer dan Pantai Carita di Serang hingga Pandeglang. Pengamanan ratusan personel ini untuk mengawasi berjalannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seiring prediksi kondisi keramaian yang terjadi di tempat wisata saat Tahun Baru. 

“Tentunya di momentum ini akan ada mobilitas masyarakat ke tempat wisata Anyer maupun Carita,” ujar Dirlantas Polda Banten Kombes Rudy Purnomo, kemarin. Rudy menuturkan, kegiatan pengamanan tersebut mulai dilakukan per Kamis (30/12).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat