Petugas kesehatan bersiap menangani pasien Covid-19 di ICU di rumah sakit la Timone di Marseille, Prancir, Rabu (23/12/2021). | AP/Daniel Cole

Internasional

70 Persen Kasus di NSW adalah Omikron

Negara Bagian New South Wales (NSW) di Australia mencatat, lebih dari 70 persen kasus Covid-19 adalah varian omikron.

SYDNEY -- Negara Bagian New South Wales (NSW) di Australia mencatat, lebih dari 70 persen kasus Covid-19 adalah varian omikron. Namun, persentase sesungguhnya dapat lebih tinggi karena tidak semua tes Covid-19 diiringi dengan tes genome untuk mengidentifikasi variannya.

"Kami memperkirakan, pada satahp tertentu, setiap orang di New South Wales akan terkena omikron," kata Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard, Ahad (26/12). "JIka kami semua terkena omikron, cara terbaik untuk menghadapinya adalah divaksin penuh termasuk mendapat (suntikan) booster," katanya menambahkan.

NSW adalah negara bagian terpadat di Australia, dengan jumlah populasi lebih dari delapan juta jiwa. Pada Ahad tercatat ada 6.394 kasus baru atau naik dari sehari sebelumnya yaitu 6.288 kasus. Sekurangnya ada 458 kasus rawat inap di NSW, termasuk 52 pasien dirawat di unit perawatan intensif.

Ribuan orang lainnya menjalani dilaporkan isolasi. Pada awal pandemi, Australia termasuk di antara negara yang sukses menekan laju penularan Covid-19.

Sementara itu, sebuah laboratorium besar di Ibu Kota NSW, Sydney, melaporkan hasil tes yang keliru. Sekitar 400 orang yang dinyatakan negatif sehari sebelumnya, ternyata positif Covid-19.

"Tim tanggap darurat kini sedang menginvestigasi penyebab kesalahan ini, yang diyakini akibat kelalaian. Dengan sepenuh hati, kami meminta maaf," kata Direktur Medis SydPath Anthony Dodds.

Rekor di Prancis

Pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, Prancis melaporkan lebih dari 100 ribu kasus dalam satu hari, Ahad. Pemerintah Prancis berencana untuk menggelar rapat darurat Senin (27/12), untuk membahas langkah berikutnya.

Setidaknya ada satu dari 100 orang di Paris diketahui positif dalam sepekan terakhir. Sebagian besar kasus infeksi itu terkait varian omikron. Pemerintah memperkirakan, omikron akan menjadi kasus dominan di Prancis dalam beberapa hari mendatang.   

Sedangkan orang yang dirawat di rumah sakit akibat varian delta naik dalam beberapa bulan terakhir. Hingga Ahad, tercatat lebih dari 122 ribu orang meninggal terkait Covid-19.

Para ilmuwan dan pendidik mendesak agar sekolah tatap muka ditunda. Mereka juga mengusulkan agar jam malam diberlakukan kembali.

Namun, Menteri Pendidikan Nasional Prancis Jean-Michel Blanquer menyatakan, sekolah akan tetap dibuka 3 Januari sesuai rencana. Sedangkan pemerintah  berupaya keras menghindari langkah-langkah yang mungkin akan merusak pemulihan ekonomi.

Pemerintah Prancis menyusun rancangan undang-undang (RUU) yang mewajibkan orang yang ingin masuk restoran atau tempat umum lainnya menunjukkan tanda sudah divaksin. Jika belum divaksin, maka mereka harus menunjukkan tes negatif Covid-19 atau keterangan sudah pulih jika sempat terinfeksi.

Dalam kasus terpisah, Cina juga mencatat kasus Covid-19 harian tertinggi dalam 21 bulan terakhir. Penyumbang terbanyak ada di Kota Xi'an, yang pada Ahad menjalani lockdown hari keempat. Pada periode 9-25 Desember,tercatat 485 kasus simptomatik.

Data resmi pada Ahad menunjukkan, ada 155 kasus penularan lokal yang gejalanya dikonfirmasi pada Sabtu. Secara keseluruhan, kasus harian yang dilaporkan pada Ahad mencapai 158 kasus. 

photo
Warga menagtre untuk menjalani tes Covid-19 di Xian, Provinsi Shaanxi, Selasa (21/12/2021). Pemerintah Cina menerapkan karantina total di wilayah itu pada Rabu (22/12). - (Li Yibo/Xinhua via AP)

Ribuan Penerbangan Batal

Lebih dari 6.000 penerbangan di seluruh dunia dibatalkan selama liburan Natal, dan ribuan lainnya ditunda di tengah merebaknya varian omikron. Menurut Flightaware.com, hampir 2.800 penerbangan pada Sabtu (25/12) dibatalkan di seluruh dunia.

Sejumlah pilot, pramugari, dan karyawan maskapai penerbangan mengalami sakit atau harus menjalani karantina setelah terpapar Covid-19. Hal ini memaksa Lufthansa, Delta, United Airlines, JetBlue, Alaska Airlines, dan maskapai penerbangan lainnya membatalkan penerbangan.

“Lonjakan nasional kasus omicron berdampak langsung pada awak penerbangan kami dan orang-orang yang menjalankan operasi kami. Akibatnya, kami harus membatalkan beberapa penerbangan dan memberikan informasi kepada pelanggan yang terkena dampak sebelum mereka datang ke bandara,” kata maskapai United Airlines, dilansir Aljazirah, Ahad (26/12).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat