Relawan menjalani donor darah di dalam mobil donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/7/2021). Aksi donor darah tersebut untuk memenuhi kebutuhan darah selama penerapan Pemberlakuan Pembatassan Kegiatan Masyarakat | ANTARA FOTO

Jakarta

Wagub Apresiasi PMI DKI Kumpulkan Dana Rp 31,3 Miliar

Himpunan dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan kemanusiaan PMI DKI Jakarta.

 

JAKARTA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi kepedulian masyarakat dalam Bulan Dana PMI Tahun 2021 yang mampu menghimpun donasi mencapai Rp 31,3 miliar. Riza mengatakan, merujuk laporan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI maka capaian tahun ini meningkat Rp 2,3 miliar daripada 2020 di angka Rp 29 miliar.

“Alhamdulillah, telah terkumpul lebih dari Rp31 miliar, ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Jadi, di masa pandemi ini, alhamdulillah masyarakat Jakarta memiliki kepedulian yang tinggi," kata Riza dalam acara laporan Bulan Dana PMI DKI Jakarta di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/12).

Riza menjelaskan, himpunan dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan kemanusiaan PMI DKI Jakarta. Selain transfusi darah, kata dia, dana yang terkumpul digunakan untuk penyediaan ambulans, bantuan alat kesehatan, paket sembako, alat pelindung diri, hingga penyemprotan disinfektan.

Asisten Kesejahteraan Sekretariat Daerah DKI Jakarta, Uus Kuswanto, menyampaikan, pandemi Covid-19 tidak menghalangni masyarakat untuk menyumbang dana kepada PMI. Hal itu terbukti perolehan yang dikumpulkan PMI melebihi target yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

“Dana yang dihimpun adalah sebesar Rp 31,3 miliar, sehingga mengalami kenaikan sebesar 4,9 persen dari tahun lalu, dan melebihi target yang ditetapkan Gubernur sebesar Rp 26 miliar," kata Uus yang juga ketua Bulanan Dana PMI DKI Jakarta.

Adapun perolehan himpunan dana tertinggi dalam Bulan Dana PMI Tahun 2021 berasal dari PMI Jakarta Timur sebesar Rp 10,3 miliar, kemudian diikuti PMI Jakarta Selatan sebanyak Rp 8,1 miliar. Selanjutnya, PMI Jakarta Barat memperoleh dana Rp 5,3 miliar, PMI Jakarta Pusat sekitar Rp 3,2 miliar, PMI Jakarta Utara Rp 2,4 miliar, dan PMI Kepulauan Seribu Rp 382 juta. Adapun kantor PMI DKI Jakarta mendapat himpunan dana dari masyarakat sebanyak Rp 1,3 miliar.

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, seluruh perolehan dana itu akan dikembalikan kepada PMI masing-masing wilayah di Ibu Kota. Dana itu dipakai PMI untuk membantu kegiatan kemanusiaan dan masyarakat setempat.

“Kami menyebutnya dana masyarakat yang dititipkan melalui PMI dan akan kami kembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat mengatasi kesulitan," kata Rustam.

PMI Jakarta Timur sanggup mengumpulkan dana sebesar Rp 10 miliar pada kegiatan bulan dana PMI 2021 yang diselenggarakan pada September hingga November 2021. Ketua PMI Jakarta Timur, Krisdianto, mengatakan, capaian tersebut menjadi bukti kepedulian masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang mempercayakan dananya untuk dikelola PMI. 

Dia mengatakan, dana yang sudah terkumpul akan digunakan untuk bantuan bencana, kegiatan kemanusiaan, dan permasalahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat hingga penanganan Covid-19 di Jaktim.

"Alhamdulillah setiap tahunnya perolehan dana ini meningkat terus. Ini menunjukan bahwa PMI Jakarta Timur benar-benar bekerja sesuai dengan amanah," kata Krisdianto.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat