Warga memeriksa rumahnya yang hancur diterpa Topan Rai di Kepulauan Dinagat islands, Filipina, Ahad (19/12/2021). | AP/Erwin Mascarinas/(Office of the Vice Presi

Internasional

Filipina Terancam Penjarahan Pasca Topan Rai

Sebanyak 1,2 juta orang di wilayah terdampak Topan Rai terputus dari aliran listrik dan layanan telepon seluler.

MANILA -- Gubernur Provinsi Bohol di Filipina, Arthur Yap, meminta pemerintah pusat segera mengirimkan bantuan. Ia mengaku, dana darurat telah menipis sehingga ia tak sanggup menyediakan kebutuhan beras dan pangan lain. Sebanyak 1,2 juta orang di wilayahnya juga terputus dari aliran listrik dan layanan telepon seluler.

Yap berterima kasih atas kunjungan Presiden Filipina Rodrigo Duterte ke wilayahnya, akhir pekan lalu. Namun, ia mengingatkan ancaman penjarahan.

"Jika Anda tak segera mengirimkan uang untuk membeli makanan, mungkin Anda harus mengirimkan tentara dan polisi, karena jika tidak, maka penjarahan akan terjadi," kata Yap saat diwawancara radio DZBB, Selasa (21/12).

Saat berita ini ditulis, Selasa, korban meninggal akibat topan Rai di Filipina mencapai 392 orang. Topan Rai menyapu pada kecepatan hingga 195 kilometer per jam pada 16 Desember. Angin melambat lalu mengarah ke Laut Cina Selatan.

Sejumlah penjarahan kecil-kecilan telah terjadi. Namun, kata Yap, aksi itu bisa kian parah jika orang dibiarkan berputus asa. Orang tidak bisa menarik uang dari bank karena tidak ada koneksi telepon seluler dan listrik. Sedangkan kelangkaan bahan bakar dan air bersih menyebabkan antre panjang.

photo
Warga mengais yang tersisa dari rumah mereka yang dihantam Topan Rai di Kota Cebu city, Filipina, Jumat (17/12/2021). - (AP/Jay Labra)

Lebih sering hujan

Pakar lingkungan Renard Siew menyatakan, banjir akibat hujan deras di Malaysia selama akhir pekan mengungkap realitas pola cuaca ekstrem. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan iklim. Kejadian seperti itu yang diperkirakan akan terjadi lebih sering di masa depan.

Siew mengatakan, banjir yang melanda beberapa negara bagian, termasuk Selangor, Negeri Sembilan, Kelantan, Pahang, Melaka, dan Terengganu pada 17-18 Desember adalah contoh nyata dari peristiwa cuaca yang tidak dapat diprediksi. Ini terjadi akibat emisi karbon yang tinggi.

"Ketika kita memompa karbon dioksida ke atmosfer, apa yang cenderung yang terjadi adalah ini menciptakan efek perembesan global di mana gas rumah kaca memerangkap panas dan di bawah kondisi yang lebih hangat, atmosfer kita mampu menampung lebih banyak uap dan kelembapan," kata penasihat perubahan iklim di Centre for Governance and Politial Studies (Cent-GPS) ini, dikutip dari CNA, Selasa.

Menurut Siew, kondisi itu memiliki efek akumulasi. Dampak jangka panjangnya adalah mengalami hujan tiba-tiba di daerah tertentu dan yang terjadi banjir di Malaysia dalam beberapa hari terakhir.

"Menjadi lebih sulit bagi ahli iklim untuk memprediksi cuaca dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi karena fenomena perubahan iklim," kata Siew.

Pernyataan itu pun didukung dosen lingkungan hidup Universiti Putra Malaysia Haliza Abdul Rahman. Dia mencatat bahwa akhir-akhir ini terjadi peningkatan kejadian banjir di Malaysia negara lain, di antaranya adalah Cina, Jerman, dan Turki.

"Banjir telah disebut sebagai peristiwa sekali dalam seratus tahun. Namun, mungkin, lebih banyak insiden seperti itu akan berulang di tahun-tahun mendatang," katanya.

Hujan lebat selama tiga hari menyebabkan sejumlah wilayah Malaysia dilanda banjir. Sekurangnya delapan orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat