Yang populer di sepanjang 2021. (ilustrasi) | Pexels/Olya Kobruseva

Inovasi

Yang Terpopuler di 2021

Aplikasi mobile menjadi aset yang sangat penting bagi jenama atau perusahaan.

Aplikasi mobile merupakan  aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Khususnya, di tengah era persaingan digitalisasi bisnis. 

Saat ini, perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya.

Pertumbuhan mobile apps juga seiring sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang telah mendorong pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Maret 2021 jumlah pengguna ponsel pintar di Tanah Air telah mencapai 167 juta orang, atau 89 persen dari total penduduk Indonesia. 

Tri Raharjo selaku CEO Tras N Co Indonesia, perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan jenama di Indonesia mengungkapkan, di tengah popularitas ponsel pintar, aplikasi mobile menjadi aset yang sangat penting bagi sebuah jenama atau perusahaan. Melalui aplikasi mobile, jenama dapat terhubung dengan lebih mudah kepada konsumen. 

Termasuk juga, memanjakan para pengguna untuk dapat meningkatkan kepuasannya. “Kehadiran aplikasi mobile juga menjadi solusi efektif bagi perusahaan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan aktivitas. Tak hanya itu, bahkan aplikasi mobile juga berpotensi menjadi magnet untuk menggaet pelanggan-pelanggan baru,” ujar Tri Raharjo. 

photo
Top Mobile Application Award 2021 digelar secara daring pada Rabu (8/12) untuk mengapresiasi aplikasi mobile terbaik di Indonesia. - (Dok Infobrand )

Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika perusahaan, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar, semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Pertumbuhan mobile application tersebut untuk kedua kalinya tercapture oleh Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id dalam melakukan riset dan memberikan apresiasi Top Mobile Application Award 2021. 

CEO Infobrand Group Susilowati Ningsih, mengungkapkan, Top Mobile Application Award 2021 juga menjadi bukti keberhasilan perusahaan dan jenama dalam menciptakan saluran pemasaran langsung kepada konsumen. “Penghargaan ini pun menjadi bukti bahwa perusahaan menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama perusahaan” ujarnya.

Riset Top Mobile Application Award 2021 dilakukan Tras N Co Indonesia pada bulan Agustus – Oktober 2021 dengan melibatkan 100 kategori aplikasi dan lebih dari 1.000 aplikasi. Riset yang dilakukan di toko aplikasi sistem operasi Android (playstore), tercatat ada lebih dari 1.000 lebih aplikasi dari 100 kategori. Dari aplikasi teriset, tercatat ada 53 miliar unduhan, 1,16 miliar ulasan pengguna, dengan rating rata-rata 4,0. 

photo
Aplikasi Mobile (ilustrasi) - (Pexels/Pixabay)

Hasilnya, My Super Indo berhasil meraih penghargaan Top Mobile Application Award 2021 untuk kategori aplikasi hypermarket/supermarket, sementara Alfagift untuk kategori aplikasi layanan minimarket. 

Di kategori apotek daring, Kimia Farma Online terpilih sebagai aplikasi terbaik di kategori Apotek Online, Nimo TV untuk kategori aplikasi live stream, BNI Mobile Banking untuk kategori aplikasi mobile banking Bank Nasional, BNI Credit Card Mobile untuk kategori aplikasi informasi kartu kredit, Muamalat Din untuk kategori aplikasi mobile banking syariah, dan LinkAja untuk kategori aplikasi uang elektronik.

Penelusuran trending

photo
Aplikasi pencarian Google (ilustrasi) - (Pexels/Caio 67)

Lebih dari tahun sebelumnya, 2021 adalah tahun ketika seluruh dunia mencari cara untuk pulih dan bangkit dengan lebih kuat lagi. Pada rabu (8/12), Google mengumumkan Year in Search 2021 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren sepanjang 2021.

Year in Search 2021 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bercermin dari masa-masa sulit yang terus menguji tekad kita semua, ternnyata sepanjang tahun, banyak pengguna peramban yang mencari tahu makna “Apa itu Insecure” dan ingin belajar lebih banyak tentang kesehatan mental seperti “Apa itu Disleksia”. 

Masyarakat Indonesia ternyata juga memikirkan cara untuk pulih dari pandemi dengan bertanya “Cara Mengembalikan Indera Penciuman”, “Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen”, hingga “Pencegahan Covid-19”.

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi berbagai peristiwa yang membuat masyarakat berada dalam survival mode. “Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh,” ujrnya. 

Pada tahun 2021, Feliciana melanjutkan, lebih dari sebelumnya, Google juga melihat bahwa masyarakat Indonesia kini terus mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan. 

Hal ini tercermin dari bayaknya penelusuran yang mencari tahu, tentang “Cara Jualan Online” atau pekerja yang mencari tahu bagaimana “Cara Daftar Kartu Prakerja”. Pada 2021 masyarakat Indonesia juga mencari berbagai cara baru untuk berusaha membantu sesama dan masyarakat di sekitarnya. 

Hal ini tercermin dari maraknya pencarian informasi seputar “Apa Itu Ikoy-Ikoy-an”. Seperti tahun lalu, tahun ini orang-orang juga terus mencari cara untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah dengan film-film lokal, seperti Ali & Ratu-Ratu Queens, atau film seri menegangkan seperti Squid Game yang berhasil menjadi salah satu pencarian trending tahun ini dalam penelusuran acara TV yang ditonton di Indonesia dan seluruh dunia.

Masyarakat Indonesia juga mewarnai hari dengan lagu dari musisi lokal seperti lagu Widodari oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E dari Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu dari musisi mancanegara seperti Butter dari BTS. 

 
Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh.
 
FELICIANA WIENATHAN, Communication Manager Google Indonesia
 

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat