Peletakan batu pertama renovasi Masjid At-Taqwa di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. | Pemkab Bogor

Bodetabek

07 Dec 2021, 12:16 WIB

Mempercantik Masjid Berusia 100 Tahun di Bojong Kulur

Masjid menjadi sentra kegiatan masyarakat Kabupaten Bogor.

Masjid ini sudah berusia seabad (100 tahun). Meski masih kokoh berdiri, tapi bangunan itu perlu perbaikan (renovasi). Apalagi, masyarakat di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, ini menginginkan masjid yang lebih bagus karena masjid adalah rumah Allah SWT.

Masjid berusia 100 tahun di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, bernama Masjid at-Taqwa. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di kawasan tersebut.

Diawali dengan peletakan batu pertama, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengucapkan "Bismillah". Ade menilai, masjid ini sudah cukup kuno dan tua, sehingga tidak heran jika warga menginginkan masjid yang lebih bagus.

“Masjid ini tempat paling strategis untuk melakukan kebaikan-kebaikan tidak hanya hubungan kepada Allah juga hubungan sesama manusia,” ujar Ade Yasin, Ahad (5/12).

Dia mengaku, sangat mendukung pembangunan Masjid at-Taqwa. Bahkan, dia akan memberikan dukungan anggaran tambahan baik pribadi maupun dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dilengkapi dengan proposal.

“Dana Rp 4 miliar ini tidak sedikit. Saya salut kepada seluruh stakeholder dan masyarakat wilayah Desa Bojong Kulur Kecamatan Gunung Putri, tentu kita akan kolaborasi bangun sama-sama. Mudah-mudahan masjid ini cepat selesai, kerjakan terus-menerus, saya yakin dengan niat baik pasti bisa terwujud,” ucapnya.

Ade Yasin menambahkan, Pemkab Bogor juga berencana untuk membangun masjid di area Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong. Dengan tujuan memfasilitasi masyarakat yang berkunjung ke Stadion Pakansari, baik yang melakukan olahraga maupun para penonton kegiatan olahraga di Stadion Pakansari yang hendak melakukan ibadah.

“Sehingga tidak bingung shalat di mana. Desain masjidnya sedang saya mintakan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil, saya minta doanya supaya cita-cita saya membangun masjid di Pakansari bisa terwujud dan tiket menuju syurga kita bisa terlaksana,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid at-Taqwa, Abdul Rozak, berterima kasih kepada Bupati Bogor yang berkenan hadir untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid at-Taqwa. Hadirnya Bupati Bogor, menurut dia, menambah motivasi dan keyakinan seluruh masyarakat Desa Bojong Kulur agar merealisasikan masjid tersebut.

Rozak mengatakan, masjid kuno ini akan dibangun dua lantai dengan luas 19 meter x 22,5 meter. Adapun anggaran yang digunakan sebesae Rp 4,55 miliar.

“Model sudah jadul karena Masjid at-Taqwa ini sudah berdiri sejak 100 tahun. Lokasinya juga sangat strategis banyak dilalui dan digunakan masyarakat untuk shalat Jumat dan shalat berjamaah. Mudah-mudahan dengan semangat, kita bisa bangun masjid ini,” katanya.


×