Bincang lagu Keep it Hush | Youtube

Geni

29 Nov 2021, 17:50 WIB

Keep it Hush dan Ajakan Enggak Overshare

Keep it Hush merupakan lagu baru Disjoki

Disjoki sekaligus produser lagu Dipha Barus melepas karya terbarunya berjudul “Keep it Hush”. Dirilis pada 26 November 2021 di kanal-kanal musik digital, lagu pop dengan unsur dansa ini turut menampilkan kontribusi vokal dari satu nama familier, yaitu Afgansyah Reza alias Afgan, serta satu penyanyi muda bernama Esther Geraldine.

Menurut Dipha, lagu “Keep it Hush” merupakan respons terhadap fenomena overshare atau kecenderungan seseorang untuk berbagi hal-hal yang tidak perlu melalui media sosial. Menurut dia, overshare memiliki banyak dampak buruk, termasuk penipuan, seperti halnya kasus yang belum lama ini menimpa pengguna Instagram yang mengikuti fitur “Add Yours”.

“Memang isu itu yang gue angkat dari lagu ‘Keep it Hush’, karena bagi gue pribadi, media sosial itu ya secukupnya saja,” kata Dipha dalam virtual meeting bersama media, Rabu (24/11).

Untuk lirik lagunya sendiri, Dipha melakukan riset bersama tim penulis lagu, yakni Monica Karina dan Matter Mos. Ketika riset, Dipha juga sempat membaca sebuah artikel mengejutkan yang membahas soal fenomena social media anxiety, di mana generasi muda banyak yang mengalami kecemasan berlebih sebelum mengunggah, setelah menggunggah, bahkan ketika tidak mengunggah apa pun ke media sosial. 

Temuan ini juga semakim membulatkan tekadnya untuk merilis lagu “Keep It Hush”.

Lirik tembang ini mengajak pendengar tidak perlu mengumbar semua hal ke orang lain. Tidak semua harus dibagi dan dikomentari. “Menurut //gue// juga ada nilai yang salah karena banyak orang menganggap komentar warganet itu sebuah validasi,” ujarnya.

Baik Afgan maupun Ester juga memiliki sudut pandang yang sama soal bagaimana menggunakan media sosial. Afgan tidak terlalu senang mengumbar kehidupan pribadinya di media sosial.

“Secukupnya saja dan kita juga punya ranah privasi,” kata dia.

Untuk keperluan rekaman vokal “Keep it Hush”, Dipha yang kini berdomisili di Bali terbang ke Jakarta khusus untuk menggarap proses rekaman. Lagu “Keep it Hush” telah melalui proses yang panjang dan unik menuju perilisan. 

Pada awalnya, lagu ini merupakan kolaborasi antara Dipha dan Stephanie Poetri yang dikerjakan di sebuah studio di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Namun, karena satu dan lain hal termasuk pandemi, “Keep it Hush” tak kunjung dapat diselesaikan dan Dipha memutuskan untuk menyimpan demo lagu tersebut di komputernya.

Dengan perubahan tema dari hubungan gelap ke oversharing, serta restu dari Stephanie, “Keep it Hush” dapat dinikmati dalam bentuknya yang sekarang, yaitu sebuah lagu dengan makna yang dalam tapi mudah dicerna.

Gue ingin lagu ini jadi pesan yang bisa didengar dan menjadi pilihan untuk bersenang-senang,” kata Dipha. 


×