Ketum HIPMI, Mardani H Maming | Dokpri

Ekonomi

23 Nov 2021, 01:24 WIB

HIPMI Gelar Digital Technopreneur Festival 2021

Digital Technopreneur Festival 2021 dan Socio Technopreneur Campus 2021 merupakan terobosan Kementerian Investasi dan HIPMI.

JAKARTA- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggandeng Kementerian Investasi/BKPM menyelenggarakan acara Digital Technopreneur Festival (DTF) 2021 dan Socio Technopreneur Campus (STC) 2021 yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Puncak dari acara Digital Technopreneur Festival 2021 dan Socio Technopreneur Campus 2021 ini adalah pengumuman hasil investor dan investor matching untuk Digital Technopreneur Festival 2021. 

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming menyatakan ekonomi digital akan berkembang. Pertumbuhan ekonomi diprediksi akan melonjak delapan kali lipat dari Rp 632 triliun menjadi Rp 4.531 triliun pada 2030 mendatang. Salah satunya E-commerce berperan cukup besar, yaitu 34 persen atau setara dengan Rp 1.900 triliun. 

Digital Technopreneur Festival 2021 dan Socio Technopreneur Campus 2021 merupakan terobosan Kementerian Investasi dan HIPMI untuk menciptakan wirausaha baru sebagai inventor startup dan menjadikan program kampus merdeka sebagi media untuk mencetak wirausaha baru guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri. 

"Saat ini, kita bisa melihat perkembangan ekonomi digital yang sangat cepat dan sehingga kita harus terus berkolaborasi bersama dengan pemerintah dan universitas untuk menciptakan inovasi di era baru ini, dengan banyak potensi yang terbuka untuk ekonomi digital. Meskipun ekonomi digital Indonesia berkontribusi sebanyak 4 persen terhadap PDB nasional tahun 2020," ungkap Mardani. 

Mardani menambahkan, HIPMI akan terus menciptakan inovasi dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam ekonomi digital, lewat program HIPMI yang berpedoman pada tujuan HIPMI untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru dan menaikkan kelas pengusaha dari kecil ke menengah, dari menengah ke besar dan juga IPO tentunya. Seperti IPB University, Universitas Andalas, Universitas Mulawarman, Universitas Halu Oleo dan Univesitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi yang bekerjasama dengan HIPMI serta Kementerian Investasi RI untuk program Socio Technopreneur Campus, yang dimana mendorong hadirnya inovasi-inovasi dalam dunia ekonomi digital. 

Pada pergelaran acara ini diumumkan juga tim terbaik selama pergelaran acara Digital Technopreneur Festival 2021 dan Socio Technopreneur Campus 2021 ini, yaitu Tim Batex Energi Mandiri untuk tim terbaik DTF 2021 dan Tim Mindfish.id untuk tim terbaik STC 2021. 

"HIPMI terus mendorong terciptanya hilirisasi ekonomi digital, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi gelombang baru seperti teknologi 5G, IoT (internet of things), blockchain, artificial intelligence, dan cloud computing, untuk mempercepat petumbuhan ekonomi nasional dan menuju Indonesia Emas 2045. Kita terus hadirkan program inovasi untuk pengusaha pemula bisa lebih mengakselerasi usahanya," tutup Mardani. 

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming dan serta para jajaran dari Kementerian Investasi/BKPM dan HIPMI, tentunya para investor hadir dalam acara ini.


×