Presiden Joko Widodo bersiap mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya. | ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto

Ekonomi

Jokowi Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik

Jokowi mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipamerkan.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pembangunan ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hibrida.

"Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Jokowi seusai meninjau pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/11).

Pada pameran GIIAS 2021, Jokowi juga meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Di sejumlah stan, Jokowi juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipamerkan. Selain itu, ia juga bertemu sejumlah pimpinan dari produsen mobil yang hadir dalam GIIAS 2021.

"Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," ungkap Jokowi.

Usai peninjauan, Jokowi juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, ia tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Jokowi menyampaikan, industri otomotif merupakan salah satu industri yang terkena dampak sangat besar karena pandemi Covid-19 pada tahun lalu. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi pajak penjualan barang mewah atau PPnBM bagi sejumlah mobil yang memenuhi syarat.

"Pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk UMKM-UMKM yang menyuplai komponen-komponen yang ada. Oleh sebab itu, pemerintah kemudian membuat kebijakan untuk sementara relaksasi dengan PPnBM," ujar Jokowi.

Kebijakan itu pun mendorong peningkatan produksi dan penjualan dari industri otomotif. Menurut dia, kebijakan relaksasi PPnBM berhasil mendongkrak kenaikan penjualan mobil hingga lebih dari 60 persen.

Mobil Minicab Miev yang dicoba Jokowi telah digunakan di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan memulai uji coba dengan mitra potensial di Indonesia untuk operasional produk tersebut. Hasil pengujian akan digunakan untuk pengembangan kendaraan listrik Mitsubishi Motors di Indonesia. MMKSI berharap pemerintah bisa terus memberikan dukungan dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami juga berharap dukungan tersebut mencakup akselerasi kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya, terutama terkait //hybrid, plug-in hybrid electric vehicle// (PHEV), dan //battery electric vehicle// (BEV),” ujar Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

Selain Minicab Miev, MMKSI menghadirkan Mitsubishi Outlander PHEV sebagai model SUV PHEV yang telah dipasarkan di Indonesia sejak 2019. Outlander PHEV menjadi bukti komitmen dan inisiatif Mitsubishi Motors dalam mendukung pemerintah mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat