Pemain Brasil merayakan gol pembuka timnya yang dicetak oleh rekan setimnya Neymar saat pertandingan sepak bola kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022 melawan Paraguay di stadion Defensores del Chaco di Asuncion, Paraguay, Selasa, 8 Juni 2021. | AP/Jorge Saenz

Olahraga

Serbia, Kroasia, dan Spanyol Kantongi Tiket ke Piala Dunia

Timnas Serbia paling dramatis kala memastikan diri masuk ke putaran final Piala Dunia 2022.

LISBOA -- Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2022 Zona Eropa telah berada dalam partai terakhir. Sebanyak sembilan kesebelasan sudah memastikan diri lolos ke putaran final di Qatar.

Sebelumnya, empat negara Benua Biru, seperti timnas Jerman, Denmark, Belgia, dan Prancis, sudah lebih dahulu menempatkan nama mereka di ajang turnamen bergengsi Jules Rimet yang dilaporkan bakal digelar pada musim dingin 2022 mendatang.

Adapun runner-up Piala Dunia 2018, timnas Kroasia, lalu kampiun PD 2010 Spanyol dan tim asal Balkan Serbia menyusul. Ketiga tim tersebut berhasil lolos setelah memetik kemenangan pada partai terakhir.

Timnas Serbia paling dramatis kala memastikan diri masuk ke putaran final. Pasalnya, anak asuh Dragan Stojkovic sukses mengamankan kemenangan secara heroik melawan juara Euro 2016 Portugal. Stojkovic pun mengaku sangat senang dan bahagia bisa memastikan timnya berpartisipasi pada gelaran empat tahun sekali tersebut.

"Kami tidak memiliki batasan, kami menganalisis semuanya dan kami melakukan semua yang kami lakukan dengan sempurna," kata Stojkovic purnalaga, dilansir Sportmax, Senin (15/11).

Portugal sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang melawan Serbia, tetapi ternyata justru menelan kekalahan pahit lewat gol telat Aleksandra Mitrovic. Stojkovic menilai timnya mampu tampil lebih baik untuk bisa mendapatkan kemenangan. Ia menyebut Serbia memiliki potensi untuk hal-hal yang jauh lebih besar.

Sementara itu, pencetak pahlawan kemenangan Serbia, Mitrovic, mengaku terharu bisa membantu negaranya lolos dan bermain di Piala Dunia 2022 musim dingin nanti. "Saya tak tahu harus berkata apa, saya menangis dan tertawa bahagia. Kemenangan besar, kami datang ke Portugal untuk menang. Kami lebih baik, mengalahkan lawan dan sepatutnya dirayakan," kata Mitrovic.

Gagal menduduki posisi puncak klasemen Grup A membuat pelatih Fernando Santos membeberkan penyebab utama timnya bisa kalah 1-2 dari Serbia. Kata Santos, Portugal tidak menunjukkan penampilan terbaik serta banyak membuang peluang.

"Kami selalu menemukan kesulitan. Penampilan kami pun tidak lebih baik daripada saat bertemu Irlandia meski di atas kerta seharusnya kami bisa jauh lebih baik," kata Santos.

Situasi yang tak jauh berbeda juga dialami Kroasia. The Vatreni, julukan Kroasia, mengusung target kemenangan saat menjamu Rusia di Stadion Poljud. Pasalnya, mereka duduk di peringkat kedua klasemen Grup H.

Duel penentu akhirnya dimenangkan tuan rumah. Kroasia sukses mengandaskan Rusia berkat gol yang lahir pada menit ke-81 dari bunuh diri bek Rusia, Fedor Kudryashov. Hasil itu sekaligus membuat armada Zlatko Dalic sukses menyalip Rusia di klasemen akhir.

"Saya senang dan bangga karena hari ini adalah salah satu momen olahraga terbaik dalam hidup saya. Kami sekarang harus bersiap untuk menjadi lebih baik lagi," kata Dalic, dikutip Croatia Week.

Dalic sendiri mencatat sejarah bagi negaranya dengan menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil membawa timnas Kroasia lolos secara beruntun ke turnamen bergengsi Piala Dunia 2018, Euro 2020, serta Piala Dunia 2022. Ia juga sempat membawa timnya menjadi runner-up pada PD 2018.

Setelah Serbia dan Kroasia, tim lain yang menyusul adalah Spanyol. Kepastian La Roja diperoleh setelah menundukkan timnas Swedia dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal tersebut dicetak penyerang Juventus Alvaro Morata pada menit akhir interval kedua.

Manajer timnas Spanyol Luis Enrique merasa lega bisa membawa skuad-nya ke Piala Dunia 2022 tanpa harus melewati babak play-off. Sebab, kemenangan itu membuat La Roja mengakhiri Kualifikasi Grup B sebagai juara dengan perolehan nilai 19.

"Pada akhirnya saya sangat bangga dengan seluruh pemain. Kami pun telah menutup siklus setelah melalui banyak kesulitan," kata eks pelatih Barcelona.

Untuk Portugal, Rusia, dan Swedia, nantinya mereka akan tergabung dengan Skotlandia, Makedonia Utara, Wales, Republik Cheska, serta Austria di babak play-off.

Sebanyak 12 tim peserta play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa ini akan dibagi ke dalam tiga grup (bracket) dan bertanding dalam format semifinal dan final satu leg. Ketiga pemenang dari masing-masing bracket akan mendapat tiket ke Qatar 2022.

Daftar 9 Negara Lolos ke Piala Dunia 2022

1. Qatar

2. Jerman

3. Denmark

4. Brasil

5. Belgia

6. Prancis

7. Kroasia

8. Spanyol

9. Serbia

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat