Pelancong menuju Amerika Serikat memperlihatkan dokumen saat pemeriksaan tiket di Bandara Charles de Gaulle, utara Paris, Prancis, Senin (8,/11/2021). Peringatan peningkatan kasus Covid-19 datang dari daratan Eropa. | AP/Christophe Ena

Tajuk

Peringatan dari Eropa

Peringatan peningkatan kasus Covid-19 datang dari daratan Eropa.

Peringatan peningkatan kasus Covid-19 datang dari daratan Eropa. Gelombang keempat virus korona telah melanda seluruh Eropa. Pengetatan aktivitas negara mulai dilakukan di sejumlah negara.

Eropa kembali menjadi pusat pandemi Covid-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi virus korona di seluruh Eropa meningkat sebesar tujuh persen dan kematian naik sebesar 10 persen selama sepekan terakhir. Hal ini menjadikan Eropa sebagai satu-satunya wilayah di dunia, yang mencatat kenaikan kasus dan kematian secara terus-menerus.

WHO mengatakan, hampir dua pertiga atau sekitar 1,9 juta kasus baru Covid-19 global berada di Eropa. Jumlah kasus baru di Eropa meningkat selama enam pekan berturut-turut. Hal ini menandakan bahwa penyebaran virus telah meningkat di hampir seluruh benua Eropa. Bahkan, beberapa negara mengalami gelombang keempat atau kelima.

Perkembangan ini tentu mengkhawatirkan. Kita tahu program vaksinasi di negara-negara Eropa jauh lebih berhasil dibandingkan negara-negara berkembang. Tapi kenapa virus korona kembali menyebar?

 
Jumlah kasus baru di Eropa meningkat selama enam pekan berturut-turut. Hal ini menandakan bahwa penyebaran virus telah meningkat di hampir seluruh benua Eropa.
 
 

Salah satu dugaan penyebabnya adalah beberapa negara Eropa terlena dengan pelonggaran pembatasan Covid-19. Hampir seluruh lapisan masyarakat mulai kendor dengan protokol kesehatan Covid-19 dan menganggap seolah-olah pandemi tidak pernah terjadi.

Apa tarjadi di Eropa, tentu mengkhawatirkan kita. Angka penularan Covid-19 di Indonesia memang menunjukkan trend yang semakin melandai dalam beberapa minggu terakhir. Tapi kita juga melihat masyarakat mulai kendor dengan protokol kesehatan. Situasinya hampir sama dengan kondisi Eropa sebelum gelombang keempat dan kelima terjadi.

Apalagi jika membandingkan program vaksinasi. Kita masih jauh tertinggal dengan negara-negara di Eropa. Jika Eropa saja yang mayoritasi penduduknya sudah divaksinasi kembali dihamtam badai Covid-19, bagaimana dengan Indonesia ?

Kita tidak bosan mengingatkan bahwa pandemi ini belum berakhir. Kenyataannya, vaksinasi tak sepenuhnya mampu membendung Covid-19. Karena itu jangan terlena dengan angka-angka penularan Covid-19 yang terus melandai. Tetaplah disiplin menjaga protokol keaehatan

Peningkatan kasus di Eropa jadi pelajaran kita semua. Indonesia baru mengalami gelombang kedua, jangan sampai terjadi gelombang berikutnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat