Penyerang Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol menggiring bola dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1-2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (24/9). Dalam pertandingan tersebut Persipura Jayapura mengalahkan Persiraja Band | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Olahraga

05 Nov 2021, 09:15 WIB

Persipura Ingin Cepat Bangkit

Persipura mengincar kemenangan melawan tim tangguh Bali United.

BANDUNG -- Penggemar Persipura Jayapura disuguhkan pemandangan aneh sekaligus tak mengenakkan saat melihat papan klasemen sementara Liga 1 2021/2022. Tim kesayangan mereka yang dalam beberapa tahun ke belakang langganan juara atau minimal finis di papan atas, kini terpuruk di posisi dua terbawah klasemen.

Persipura baru mengoleksi nilai lima dari 10 laga, hanya unggul satu angka dari Persiraja Banda Aceh yang menempati dasar klasemen. Tim Mutiara Hitam baru menang sekali. Sisanya dua laga berakhir imbang dan tujuh lainnya kalah. Ini membuat tekanan tersendiri, baik di dalam maupun di luar lapangan. Persipura bahkan sempat menerima suporter yang datang ke hotel untuk berdiskusi soal hasil negatif yang didapatkan tim.

Tim Mutiara Hitam tak mau berlama-lama dalam kondisi pelik ini. Mereka ingin segera kembali ke jalur kemenangan agar perlahan bisa menapak ke papan atas. Untuk itu, Persipura mengincar kemenangan melawan tim tangguh Bali United pada laga pekan kesebelas kompetisi Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (5/11). Apalagi, ini menjadi laga terakhir kedua tim di seri kedua sebelum jeda menuju seri ketiga.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago menegaskan, timnya tetap menargetkan tiga poin untuk laga ini terlepas dari lawan yang mereka hadapi adalah juara bertahan Liga 1 2019. Dia mengatakan, poin penuh bisa membangkitkan posisi tim yang kini terpuruk.

"Target dalam setiap pertandingan adalah hasil maksimal, hasil terbaik karena kita tahu Persipura klub besar. Dalam setiap pertandingan, penting ditanamkan mental dalam diri untuk merebut poin maksimal," kata Jacksen dalam konferensi pers menjelang laga, Kamis (4/11).

Jacksen mengatakan, dukungan suporter selalu menjadi motivasi bagi para pemain di lapangan agar meraih hasil lebih baik. Menurut pelatih asal Brasil ini, kemenangan juga merupakan harapan bagi skuad Mutiara Hitam.

Sayangnya, usaha untuk meningkatkan posisi di klasemen tidak sejalan dengan kondisi dalam tim. Tim kembali tidak bisa diperkuat oleh empat pemain asing karena Henrique Motta cedera. Sementara satu pemain, Hedipo Gustavo baru bergabung dan belum dalam kondisi prima.

Pemain asing Persipura lainnya Takuya Matsunaga mengakui tekanan yang ada dalam tim. Pemain asal Jepang ini mengatakan kondisi mental pemain sangat buruk dengan rentetan hasil buruk. Meski demikian, tim tidak menyerah dan terus berusaha untuk mengembalikan posisi Persipura ke tempat seharusnya mereka berada.

"Semua sangat parah, tapi kami bisa bangkit dari setiap kejatuhan. Sedih, tapi kami harus coba positif agar semua lebih baik. Mara,  tapi kami positif," ujar Takuya.

Takuya pun siap untuk menjawab tantangan Jacksen untuk menutup seri kedua ini dengan poin penuh. Menurutnya, persiapan yang lancar bisa dibuktikan dalam laga nanti.

"Persiapan semua kita sudah jalani untuk bisa dapat tiga poin dalam pertandingan, jadi kita lihat besok (hari ini)," kata Takuya.

Ambisi menang Persipura dipastikan tak akan mudah. Sebab, Bali United nyatanya juga membutuhkan poin untuk kembali bersaing di papan atas. Hasil kurang baik pada seri kedua membuat Serdadu Tridatu harus berjuang di papan tengah klasemen dengan raihan 16 poin.

Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra menilai, timnya tetap profesional meski posisi Persipura tidak baik. Menurut dia, timnya akan tetap bekerja keras untuk mendapatkan poin penuh dalam laga tersebut.

“Kami sebagai pelatih dan pemain profesional. Kami harus kerja keras di setiap latihan dan pertandingan agar dapatkan poin untuk Bali United," kata Teco.

Teco menaruh rasa hormatnya pada Mutiara Hitam. Menurutnya, Persipura memang tidak seharusnya berada di zona degradasi dengan seluruh sejarah yang pernah mereka tulis di sepak bola Indonesia. Alasan inilah yang membuat Bali United bersiap sebaik mungkin tanpa meremehkan lawan mereka. Teco menyatakan, ia hanya akan fokus memperkuat timnya tanpa memikirkan lawan mereka.

Kedua tim sudah bertemu enam kali di Liga 1. Persipura memetik tiga kemenangan, Bali satu, dan dua lainnya berakhir imbang. 

photo
Sejumlah pemain Persipura Jayapura melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1-2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (24/9). Dalam pertandingan tersebut Persipura Jayapura mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan Skor 2-1. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)


×