Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/10/2021). Persib Bandung menang atas Persipura Jayapura dengan skor | ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.

Olahraga

04 Nov 2021, 15:11 WIB

Persib Menjaga Rekor

Persib akan memuncaki klasemen sementara jika mengalahkan Persela.

BANDUNG -- Persib Bandung akan menutup seri kedua kompetisi Liga 1 2021/2022 dengan menghadapi Persela Lamongan. Kedua tim akan bertemu di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (4/11). Pelatih Persib Robert Rene Alberts ingin menutup seri kedua ini dengan mempertahankan tren positif tim, yakni poin penuh, tetap tidak terkalahkan, serta clean sheet.

Maung Bandung menempati posisi kedua klasemen dengan nilai 22, hasil dari enam kemenangan dan empat kali imbang. Sementara itu, Persela berada di peringkat ke-10 dengan nilai 12 dari tiga kemenangan, tiga imbang, dan empat kali kalah.

Persib akan memuncaki klasemen sementara jika mengalahkan Persela. Sebaliknya, Persela akan melompat ke posisi kedelapan jika menaklukkan Maung Bandung. Dari 10 pertemuan kedua tim sebelumnya, Persib dominan dengan enam kemenangan. Tiga laga berakhir imbang dan satu kemenangan didapatkan Persela.

Robert mengatakan, persiapan pada laga terakhir ini cukup baik karena Persib punya waktu satu pekan sejak laga terakhirnya melawan Persipura. Robert menilai waktu tersebut cukup untuk memulihkan pemain yang sudah mulai kelelahan dengan padatnya jadwal dalam empat laga sebelumnya.

"Jadi, yang terpenting adalah pemain merasa termotivasi. Sejauh ini kami cukup dibilang beruntung karena tetap bisa berlatih meskipun hujan," kata Robert dalam konferensi pers sebelum laga, Rabu (3/11).

Robert menilai timnya berada di jalur yang tepat untuk pertandingan nanti. Meski demikian, pelatih asal Belanda ini tetap siaga satu dan menunjukkan rasa hormat kepada Persela. Ia percaya Laskar Joko Tingkir akan datang dengan kekuatan terbaiknya hari ini. “Mungkin mereka tidak berlatih karena kelelahan dan lebih memilih untuk melakukan pemulihan, tapi saya yakin mereka akan menurunkan pemain asingnya," kata Robert.

Sisi lain yang diwaspadai Robert adalah motivasi berlipat Persela menghadapi Maung Bandung. Sebagai tim yang belum pernah tumbang, Persib menjadi incaran lawan-lawannya yang bertekad memberikan kekalahan pertama. Dia menegaskan, skuad Maung Bandung sudah paham atas tantangan itu sejak awal.

"Banyak tim yang termotivasi untuk menang melawan Persib karena di atas kertas kami tim paling kuat. Banyak juga tim yang bermain bertahan ketika menghadapi kami dengan tujuan untuk menghentikan kami," kata Robert.

Dia memastikan pasukannya sudah bisa mengatasi setiap motivasi lawan. Maung Bandung selalu mengevaluasi performa setiap laga dan berusaha memperbaikinya dalam selanjutnya. Sekarang ini, kata dia, target Persib adalah mengalahkan Persela

Pemain belakang Persib Victor Igbonefo siap menjawab tantangan jajaran pelatih pada laga terakhir seri kedua sebelum jeda. Dia memastikan Persib telah mempersiapkan laga ini dengan sangat baik. "Pemain dalam kondisi yang bagus. Kami usahakan hasil yang baik besok (hari ini—Red)," kata Victor.

Di sisi lain, pelatih Persela Iwan Setiawan mengeluhkan kondisi timnya yang pincang. Persela tidak diperkuat Gian Zola karena status pemain pinjaman dari Persib. Selain itu, dua pemain asing, Ivan Carlos dan Jabar Sharza, juga cedera. "Gian Zola itu tidak bisa bermain karena sesuai dengan perjanjian kami dengan Persib," kata Iwan.

Dia berharap pemain yang menggantikan Zola bisa bermain maksimal. Dia pun memastikan pemain yang turun nanti bisa memanfaatkan kesempatan menit bermain yang dia berikan.

Sama seperti timnya lainnya, kata Iwan, Persela punya harapan untuk menjadi tim pertama yang bisa mengalahkan Persib. Namun, dengan kondisi tanpa pemain inti, Laskar Joko Tingkir berharap Dewi Fortuna bersama mereka agar mendapatkan hasil terbaik.

"Buat kami, itu menjadi motivasi tersendiri. Inginlah rasanya kami ini, orang kecil, memecahkan rekor tak terkalahkan Persib. Insya Allah, itu adalah motivasi kami untuk pertandingan besok (hari ini—Red)," kata Iwan.


×