Pemain Atletico Madrid Marcos Llorente menyundul bola dalam sebuah pertandingan | EPA-EFE/NEIL HALL

Olahraga

03 Nov 2021, 10:06 WIB

Atletico Vs Liverpool, Mana yang akan Menang?

Atletico butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur.

MADRID -- Atletico Madrid akan menyambangi Stadion Anfield membawa misi revans usai takluk di Wanda Metropolitano dalam matchday ketiga fase grup Liga Champions, Kamis (4/11) dini hari WIB. Dalam pertandingan pada Oktober lalu tersebut, Atletico kalah 2-3.

Saat itu, Liverpool sempat unggul 2-0 sebelum tuan rumah menyamakan kedudukan jadi 2-2. Namun, Mohamed Salah membuat the Reds mempermalukan Atletico di hadapan pendukung sendiri lewat golnya pada menit ke-78.

Atletico butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Skuad asuhan Diego Simeone tersebut tertinggal lima poin dari the Reds. Dengan sama-sama mengoleksi empat poin dengan Porto, kekalahan bisa membuat Atletico berada dalam situasi sulit.

Namun, motivasi Atletico untuk revans tampaknya lebih besar dari sekadar mendapatkan poin. Gelandang Atletico Rodrigo de Paul merasa timnya telah bekerja keras untuk bisa membalaskan dendam atas rasa malu di Metropolitano.

"Mereka tim besar, tapi kami akan bersaing dengan mereka karena kami masih memiliki luka dari pertandingan di Metropolitano. Saya pikir hasil tersebut tidak adil," kata De Paul, dikutip dari Football Espana, Selasa (2/11).

Striker Atletico Luis Suarez mengungkapkan sedikit rencana Atletico untuk mengalahkan Liverpool. Suarez duduk di bangku cadangan dalam pertemuan pertama. Namun, dengan absennya Antoine Griezmann karena menerima kartu merah, kemungkinan besar Suarez akan jadi starter di lini depan. Menurutnya, dalam pertandingan melawan tim besar dan di Liga Champions, detail kecil akan sangat menentukan.

"Setiap detail kecil, kesalahan sekecil apa pun, meskipun terganggu selama milidetik saja di Liga Champions, Anda akan membayarnya. Itu jelas," ujar Suarez, dikutip dari 90min.

Atletico memiliki modal berharga dalam lawatan mereka ke Inggris usai menang 3-0 atas Real Betis dalam pertandingan La Liga Spanyol. Selain itu, dalam lima pertemuan terakhir, Atletico dua kali menang. Adapun Liverpool sekali menang dan dua imbang.

Di sisi lain, Liverpool berada di posisi yang kurang menguntungkan. The Reds ditahan imbang Brighton 2-2 di Liga Primer Inggris. Skuad asuhan Juergen Klopp tersebut bukan hanya kehilangan poin, melainkan juga salah satu pemain intinya. Naby Keita dipaksa keluar lapangan dalam pertandingan di Anfield tersebut. Ini membuat Liverpool mengalami krisis baru di lini tengah.

Liverpool sudah tanpa Fabinho ketika melawan the Seagulls karena mengalami cedera lutut. Mantan pemain Monaco itu justru cedera saat bertandang ke markas Atletico pada pertemuan pertama. Selain itu, Liverpool juga tanpa Harvey Elliott, yang telah cedera sejak awal September lalu. James Milner dan Thiago Alcantara juga masih diragukan bisa turun dalam pertandingan ini.

Ditambah lagi, Klopp terlihat frustrasi dengan penampilan lini pertahanan timnya saat ditahan Brighton. Bahkan, Klopp sampai menunjuk-nunjuk Virgil van Dijk seolah menyalahkannya karena tidak mampu bertahan dengan baik.

Klopp tak ingin pasukannya mengulangi kesalahan tersebut. “Kita tahu Atletico tim bagus, jadi kami harus tampil konsisten hingga akhir,” kata Klopp.

Prediksi susunan pemain

Liverpool (4-3-3)

Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Jones, Henderson, Oxlade-Chamberlain; Salah, Jota, Mane

Atletico Madrid (3-4-3)

Oblak; Felipe, Gimenez, Hermoso; Trippier, De Paul, Koke, Carrasco; Felix, Suarez, Correa.


×