Pemanfaatan konektivitas internet di rumah. (ilustrasi) | Dok TP-Link

Inovasi

Inovasi untuk Hasilkan Kecepatan Tinggi 

Kebutuhan untuk memiliki layanan internet di rumah, sudah semakin tak bisa ditawar.

Saat ini, kebutuhan untuk memiliki layanan internet di rumah, sudah semakin tak bisa ditawar. Memiliki rumah atau kantor dengan banyak ruang atau lantai membuat dead zone Wi-Fi atau zona yang tidak dapat dijangkau oleh sinyal Wi-Fi ada dimana-mana. 

Pemilihan asesoris tambahan untuk router, yaitu range extender, bisa membantu dapat memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi. Salah satu perangkat dari TP-Link, yaitu RE305 AC1200 hadir dengan memadukan tiga teknologi sekaligus. 

Pertama, adalah teknologi yang mampu menghilangkan dead zone Wi-Fi dengan ekspansi signal Wi-Fi yang kuat dengan kecepatan hingga 1,2 Gbps. Kemudian, ada pula penggunaan Wi-Fi dual band yang memungkinkan RE305 AC1200 dapat dioperasikan pada band 2.4GHz (300Mbps) dan band 5GHz (867Mbps) untuk pengalaman Wi-Fi yang lebih stabil.  

photo
perangkar baru TP Link RE305 AC1200 - (Dok TP Link )

Sinyal nirkabel dipancarkan pada dua pita frekuensi terpisah, akan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam hal terhubung ke internet. Ketiga, teknologi Intelligent Signal Light. 

Teknologi ini membantu menemukan lokasi terbaik untuk jangkauan Wi-Fi yang optimal dengan menunjukkan kekuatan sinyal. Ketika lampu berwarna biru, maka hal itu merupakan indikator bahwa lokasinya terbaik, sementara jika warna merah artinya koneksi cukup jauh dari router.

“Dengan dual band berkecepatan tinggi, akan memberikan koneksi lebih baik dan lebih stabil. Pengguna bisa memanfaatkan band 2,4 GHz untuk mengirim surel dan menjelajahi laman, dan band 5 GHz untuk bermain gim dan streaming HD,” jelas  Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia.

Perangkat ini kompatibel dengan Wi-Fi router pada umumnya. RE305 juga memiliki satu buah ethernet port yang dapat digunakan untuk mengubah koneksi internet kabel menjadi access point dual band.  “Cukup sambungkan range extender dengan router utama secara wireless dan pengguna bisa mendapatkan jangkauan internet ekstra", ia melanjutkan. 

Saat ini, perangkat RE305 AC1200 sudah bisa didapatkan di beragam lokapasar dengan harga Rp 300-ribuan. 

 
Sinyal nirkabel dipancarkan pada dua pita frekuensi terpisah, akan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam hal terhubung ke internet.
 
 

Tercepat di Kuartal Tiga 

Speedtest kembali mengumumkan daftar perusahaan penyedia fixed broadband internet tercepat di Indonesia. Kali ini, Biznet kembali berhasil menduduki peringkat teratas sebagai provider dengan fixed broadband Internet tercepat berdasarkan Speed Score tertinggi, di angka 42.17.

Adi Kusma selaku President Director Biznet mengungkapkan, prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Biznet karena bisa kembali menjadi fixed broadband internet tercepat versi Speedtest untuk kuartal ketiga 2021 ini. “Pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya dalam meningkatkan kualitas layanan serta terus melakukan perluasan jaringan agar seluruh area/kota di Indonesia dapat tersedia jaringan Biznet Fiber. Termasuk juga, dapat terciptanya pemerataan akses Internet bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.  

Di era digital saat ini, internet memang telah menjadi kebutuhan utama dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Termasuk bekerja, belajar, belanja, menjalankan usaha online dan juga untuk hiburan ketika sedang berada di rumah. 

photo
Internet (Ilustrasi) - (Pixabay)

Melihat pertumbuhan gaya hidup digital tersebut, di tahun  ini Biznet juga kian fokus pada perluasan jaringan ke lebih banyak area/kota di Indonesia. Dimana saat ini jaringan fiber optic Biznet telah mencapai lebih dari 55 ribu kilo meter di sepanjang pulau Jawa, Bali, Batam, Bangka, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Flores dan mencakup lebih dari 130 kota. “Pada bulan Oktober, kami juga telah memperluas jaringan ke wilayah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang dibarengi juga dengan pembukaan kantor cabang,” ungkap Adi. 

Selain melakukan perluasan jaringan, Biznet juga menghadirkan paket layanan Biznet Home terbaru dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar yaitu mulai dari 85 Mbps dengan harga Rp 375 ribu bulan. Dengan adanya layanan baru ini Biznet berharap dapat memberikan performa layanan Internet yang cepat dan stabil untuk mendukung segala kegiatan masyarakat selama beraktivitas di rumah. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat