Sejumlah tamu VIP berfoto bersama dengan penerima award berfoto bersama dalam acara malam penganugerahan Republika.co.id Award 2021 di Jakarta, Kamis (7/10/2021). Kegiatan yang mengakat tema #BangkitBareng ini merupakan puncak peringatan HUT Republika.co | .Prayogi/Republika

Kabar Utama

08 Oct 2021, 03:55 WIB

Bangkit Bareng dari Pandemi

Republika.co.id mengapresiasi perusahaan dan tokoh yang berperan aktif memerangi pandemi Covid-19.

JAKARTA -- Perjuangan melawan pandemi Covid-19 bukan hanya tugas pemerintah semata. Dibutuhkan peran semua pihak untuk bahu membahu dan saling memberikan dukungan. Sinergi menjadi kunci agar Indonesia bisa selekasnya bangkit dari pandemi yang telah melanda lebih dari 1,5 tahun.

Untuk mengapresiasi pihak-pihak yang telah berkontribusi bagi bangsa dalam menghadapi pandemi, Republika.co.id menggelar malam penghargaan "Republika.co.id Award 2021" pada Kamis (7/10). Penghargaan diberikan kepada lima perusahaan dan dua tokoh yang berperan aktif memerangi pandemi Covid-19.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, malam penghargaan ini merupakan acara puncak dari rangkaian peringatan milad ke-26 tahun Republika.co.id yang mengambil tema "Bangkit Bareng". "Kami memberikan apresiasi sebagai bentuk terima kasih kepada institusi dan sosok yang sudah tulus dan bekerja keras dalam melawan pandemi," kata Irfan dalam sambutannya.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Selain itu, turut hadir sejumlah direksi perusahaan BUMN dan swasta.

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan sambutan pada acara puncak peringatan HUT ke-26 Republika.co.id di Jakarta, Kamis (7/10). HUT ke-26 Republika.co.id  tersebut mengusung tema #BangkitBareng dengan membagikan penghargaan ke institusi maupun perorangan yang dengan semangatnya mengispirasi masyarakat untuk bersama melawan pandemi Covid-19. - (Republika/Putra M. Akbar)

Menko PMK Muhadjir Effendy mengapresiasi acara penghargaan yang digelar Republika.co.id. Menurut dia, acara ini merupakan inisiatif yang bagus untuk mengapresiasi dan mendorong perusahaan untuk berkontribusi dalam menangani pandemi.

"Suatu inisiatif yang bagus untuk memberikan penghargaaan kepada perusahaan-perusahaan yang mengabadikan energinya untuk membantu penanganan Covid-19. Dan juga semoga Republika.co.id menjadi media yang tetap utuh dan tetap bertahan walaupun banyak tantangan," kata dia.

Republika.co.id memberikan penghargaan kepada lima institusi sebagai "Perusahaan Inspiratif". Kelima perusahaan itu adalah PT Adaro Energy Tbk, PT Pertamina (Persero), Huawei Indonesia, Yayasan Artha Graha Peduli, dan Bank BJB. Adapun dua sosok yang dinobatkan sebagai "Tokoh Inspiratif" adalah Ustaz Das'ad Latif dan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Prof Aman Bhakti Pulungan.

Ketujuh penerima penghargaan tersebut memiliki andil dalam membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air. PT Adaro Energy, misalnya, telah bergerak sejak awal kasus Covid-19 terdeteksi di Indonesia. Adaro langsung menyerahkan bantuan Rp 20 miliar kepada Gugus Tugas Covid-19 untuk membantu pemerintah memerangi virus korona.

Tahun ini, Adaro kembali menyumbangkan dana hingga miliaran rupiah kepada Satgas Penanganan Covid-19 yang dimanfaatkan untuk operasional ambulans. Adaro juga aktif membantu pengadaan konsentrator oksigen.

Direktur Utama PT Adaro Power Dharma Djojonegoro yang mewakili Adaro Group untuk menerima penghargaan, mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama melawan pandemi. "Kami punya program Adaro Berjuang untuk Indonesia. Kami berharap program ini menjadi contoh dan kerja sama bagi kita semua, agar kita semua bisa menjadi pemenang melawan pandemi ini," ujar Dharma.

Kemudian, Pertamina sebagai salah satu perusahaan BUMN dengan mengusung moto #BangkitkanSemangatBaru telah mengerahkan asetnya untuk penanganan pandemi. Selain memasok masker, disinfektan, alat pelindung diri, hingga ventilator, Pertamina mendedikasikan tujuh rumah sakitnya untuk merawat pasien Covid-19.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penghargaan ini merupakan kerja keras semua insan Pertamina dan dukungan masyarakat. "Terima kasih kepada Republika. Ini pengakuan atas peran serta Pertamina sebagai BUMN untuk memberikan kontribusi dan mendukung pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi Covid-19 melalui anak usaha kami. Semoga pandemi ini bisa segera kita atasi bersama," ujar Nicke.

Semangat untuk bersama-sama bangkit dari pandemi juga ditunjukkan perusahaan multinasional, Huawei Indonesia. Berbasis nun di Negeri Tirai Bambu tak menghalangi Huawei berperan pada masa-masa pandemi. Mulai dari membangun infrastruktur telekomunikasi darurat di lokasi karantina di Pulau Sebaru, dukungan sistem untuk telemedicine, pemasangan peralatan komunikasi di titik-titik kritis termasuk 600 rumah sakit rujukan, hingga mendatangkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan bahan pokok.

photo
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berbincang bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menghadiri acara malam penganugerahan Republika.co.id Award 2021, di Jakarta, Kamis (7/10/2021). - (Prayogi/Republika.)

Direktur of Goverment Affairs Huawei Yanti Joman berharap semua pihak bisa tetap semangat dan bergandengan tangan untuk menghadapi pandemi. "Kami akan berkontribusi lebih banyak lagi. Kami berharap bisa memberikan yang terbaik bagi negara ini dalam menghadapi pandemi," ujar Yanti.

Republika.co.id juga memberikan penghargaan untuk Artha Graha Peduli (AGP) yang aktif membantu penanganan pandemi. Saat kasus Covid-19 melonjak dan membuat rumah sakit kewalahan menampung pasien, AGP membangun rumah sakit lapangan. Salah satu yang menonjol ialah pendirian rumah sakit lapangan di Kawasan SCBD Lot 7, Jakarta Selatan disusul dengan Rumkitlap AGP-Yayasan Tzu Chi di Ancol Timur, Jakarta Utara.

Ketua Umum AGP Eka Hartanto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus hadir bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, kata dia, AGP juga berperan dalam penyaluran vaksin bekerja sama dengan TNI-Polri.

Sebanyak 37 ribu dosis vaksin sudah disalurkan. "Satu tahun ini kita semua berjuang. Semoga pandemi segera berakhir. Indonesia sehat, ekonomi bangkit, dan menuju Indonesia Maju," ujar Eka.

Peran perbankan juga penting dalam upaya penanganan dampak pandemi. Bank BJB mendapatkan penghargaan dari Republika.co.id karena berperan aktif dalam menyentuh ratusan ribu warga yang terdampak Covid-19 di lebih 30 kabupaten dan kota. Wujud kontribusi Bank BJB dibuktikan dengan pemberian bantuan sosial, APD, masker, disinfektan, hingga hand sanitizer, baik yang disalurkan secara langsung maupun yang disinergikan dengan Satgas Penanganan Covid-19 pusat dan daerah.

Sementara itu, dua sosok yang menjadi "Tokoh Inspiratif", yaitu Ustaz Das'ad Latif dan Ketua IDAI Aman Bhakti Pulungan, memiliki peran yang juga penting. Ustaz Das'ad melalui ceramahnya gencar mengajak umat Islam untuk terus menerapkan prokes. Adapun Aman sejak awal terus mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan anak dari paparan Covid-19. 

Perkuat Peran dan Inovasi 

Di acara malam puncak penghargaan ini, Republika.co.id juga meresmikan tampilan baru. Tampilan Republika.co.id dibuat lebih nyaman bagi pembaca. Penguatan konten juga terus dilakukan.

Redaktur Pelaksana Republika.co.id Elba Damhuri mengatakan, maraknya kabar bohong, apalagi terkait pandemi Covid-19, merupakan tantangan bagi semua pihak. Di sinilah Republika.co.id berperan untuk meluruskan kabar bohong tersebut dengan menyajikan informasi yang tepercaya. 

Elba mengatakan, Republika.co.id terus berupaya menjadi media terdepan yang mengusung prinsip "the Content is the Key". "Di usia 26 ini, Republika.co.id terus mengedepankan trust, credibility, dan faktual. Itu adalah kekuatan kita untuk terus menjadi media yang kredibel," kata Elba. 

Untuk membantu penanganan pandemi Covid-19, Republika.co.id mengadakan fundraising yang merupakan kegiatan gotong-royong bagi semua. Elba mengungkapkan, saat ini ada sekitar 11 ribu anak Indonesia yang kehilangan orang tuanya akibat pandemi. "Ini menjadi alasan kami untuk melakukan fundraising dan lelang barang melawan Covid-19," kata Elba. 

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengucapkan selamat ulang tahun untuk Republika.co.id yang ke-26 tahun. Ia berharap Republika.co.id terus menjadi inspirasi bagi masyarakat. 

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi menyerahkan santunan secara simbolis kepada pengurus yayasan di kantor Republika, Jakarta, Senin (11/5/2021). Republika menyurkan santunan sebesar Rp 45 juta dari pembaca melalui program Berbagi Bersama Sahabat yang disalurkan kepada sembilan yayasan di Jabodetabek. - (Republika/Thoudy Badai)

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Republika.co.id. Semoga anugerah dan yang terbaik buat Republika," kata Mendag Lutfi. 

Dalam perbincangannya dengan Republika, Mendag Lutfi memastikan akan terus menjalankan perannya pada masa pandemi Covid-19. "Stabilitas harga, semua barang stabil. Kami pastikan itu," kata dia.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi saat menerima penghargaan Bank BJB sebagai "Perusahaan Inspiratif" mengatakan, Republika sejak lama telah menjadi mitra strategis bagi Bank BJB. “Bagi perusahaan, peran media sangat dibutuhkan karena terkait informasi demi kemajuan BJB ke depan, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Penghargaan yang diterima pihaknya merupakan bukti Bank BJB mampu tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Pencapaian itu dapat terwujud karena komitmen Bank BJB dalam memainkan perannya sebagai agen pembangunan daerah, sesuai visi misi pemerintah.

"Kami komitmen terhadap peran vital Bank BJB sebagai salah satu motor penggerak perekonomian di daerah,” ucapnya. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang juga hadir menerima penghargaan "Perusahaan Inspiratif" mengatakan, Republika telah menjalankan perannya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat terkait digitalisasi media. “Republika sudah bertransformasi mengikuti tantangan ke depan melalui digitalisasi desain,” ujar Nicke. 

photo
Suasana acara puncak peringatan HUT ke-26 Republika.co.id di Jakarta, Kamis (7/10).- (Republika/Putra M. Akbar)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan sejumlah harapan kepada Republika.co.id. Teten berharap agar Republika.co.id bisa membantu pengembangan UMKM. "Saya berharap Republika dapat mempromosikan produk UMKM," katanya. 

Teten juga memberikan kiat bagi UMKM untuk bisa bertahan pada era pandemi. Era pandemi saat ini mendorong masyarakat untuk terus beradaptasi karena sudah masuk era digital. "Saat pandemi, UMKM juga harus melakukan adaptasi dan inovasi," kata Teten. 

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, acara penghargaan yang digelar Republika.co.id sebagai apresiasi dan tanda terima kasih bagi pihak-pihak yang dengan segala sepak terjang dan kesungguhannya mau bersama-sama menguatkan bangsa pada masa pandemi. 

Irfan mengatakan, acara ini juga menjadi menjadi momentum penting agar Republika.co.id bisa lebih progresif untuk melihat peluang-peluang perkembangan dunia digital dalam mendistribusikan konten ke masyarakat secara lebih luas. "Mohon doa dari seluruh masyarakat supaya Republika.co.id ke depan bisa semakin memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat dan bangsa," kata Irfan.


×