Data center (ilustrasi) | Pexels/Brett Sayles
20 Sep 2021, 14:04 WIB

Percaya Diri di Persaingan Data Center 

Indonesia saat ini menjadi hotspot pasar data center di Asia Tenggara.

Percepatan digitalisasi mendorong peran data center menjadi semakin esensial. Salah satunya, adalah sebagai infrastruktur yang mendasari operasi sektor digital berbasis komputasi awan. 

Terlebih lagi, Indonesia saat ini menjadi hotspot pasar data center di Asia Tenggara. Sehingga menyedot perhatian berbagai kalangan untuk turut mendirikan data center di Indonesia.

Di tengah ramainya persaingan bisnis data center saat ini, Telkomsigma kian menguatkan eksistensinya sebagai penyedia data center di Indonesia melalui keberhasilannya dalam memperoleh penghargaan “The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori Data Center dalam ajang Corporate Image Award 2021.

Perolehan Corporate Image Award 2021 pada kategori data center, ini makin menegaskan peran serta Telkomsigma sebagai penyedia data center yang telah memenuhi berbagai kriteria penting dari data center, selain dari aspek operasionalnya.

Terkait

photo
Data center (ilustrasi) - (Pexels/Brett Sayles)

Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno menjelaskan, dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya. “Akan lebih baik jika penyedia layanan data center-nya didukung oleh praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola pada standar internasional”, ujarnya. 

Per 2021, Telkomsigma terus menjaga komitmen operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Adanya sertifikat Tier III Operation. menjamin operasi data center yang dikelola telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, perangkat lunak, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lainnya. Sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi terjadinya downtime yang tak terduga.

Selain itu, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia, Telkomsigma juga menawarkan kapabilitas layanan data center secara end-to-end. Mulai dari colocation, cross connect, remote & smart hand, managed operation, hingga tersedianya layanan konsultasi dan pembangunan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membangun data center.

 
Dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya.
TANTO SURATNO, Direktur Business & Sales Telkomsigma.
 

Perluas Jaringan

Biznet, perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, belum lama ini melakukan perluasan jaringan ke lebih banyak area di Kota Medan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pilihan layanan internet dengan harga yang kompetitif untuk mendukung aktivitas digital warga Medan yang kian berkembang. 

“Kami melihat perkembangan kegiatan digital masyarakat di kota ini bertambah pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini semakin penting semenjak pandemi dimana banyak kegiatan dilakukan secara online dari rumah seperti bekerja dan belajar, yang tentunya membutuhkan koneksi Internet yang memadai,” ujar Endra Leonardy, selaku SM Regional Biznet.

Saat ini, jaringan Biznet di kota Medan telah menjangkau lebih dari 65 kelurahan termasuk kelurahan Sei Kera, Pandau Hilir, Sidorejo, Sukaramai, Helvetia Timur, Sei Sikambing D, Cinta Damai, Indra Kasih dan kelurahan lainnya. Untuk warga Medan, Biznet juga menghadirkan banyak pilihan paket layanan yang dapat dijadikan pilihan warga sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk pengguna perumahan atau individual, pelanggan dapat memilih paket layanan Biznet Home Internet yang hadir dengan kapasitas mulai 50 Mbps dengan harga Rp 350 ribu per bulan. Smentara untuk pengguna bisnis atau UKM, Biznet menawarkan paket layanan Biznet Metronet yang tersedia mulai dari 50 Mbps dengan harga Rp 1,1 juta per bulan.


×