(L-R) Silver medalists Qing Chen Chen and Yi Fan Jia of China, Gold medalists Greysia Polii and Apriyani Rahayu of Indonesia, and Bronze medalists Soyeong Kim and Heeyong Kong of South Korea react during the Women | EPA-EFE/MAST IRHAM

Kabar Utama

'Terima Kasih Greysia/Apriyani'

Medali emas menjadi kado bagi Indonesia yang sebentar lagi merayakan Hari Kemerdekaan.

JAKARTA -- Keberhasilan Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia di tengah kejenuhan akibat pandemi Covid-19. Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akhirnya berkumandang di Olimpiade Tokyo dirasakan berbagai pihak menjadi penyuntik semangat untuk melewati masa sulit.

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada Greysia/Apriani atas kesuksesannya meraih medali emas. "Penantian emas itu berakhir sudah siang ini. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan," kata Jokowi melalui akun resmi Instagramnya, Senin (2/8).

Jokowi mengatakan, kemenangan yang berhasil diraih Greysia/Apriyani sekaligus menjadi kado bagi Indonesia yang sebentar lagi merayakan Hari Kemerdekaan. "Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!," kata dia.

Greysia/Apriyani keluar sebagai juara ganda putri cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan pasangan asal Cina, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Dalam partai final yang digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8), Greysia/Apriyani menang dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-15.

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) merasa sangat bangga dan terharu atas kerja keras Greysia/Apriyani. Erick mengatakan, ia menghentikan kegiatan sejenak untuk melihat detik-detik kemenangan Greysia/Apriyani.

"Dada berdegup kencang dan mata berkaca-kaca. Saya yakin semua yang melihat pertandingan tadi merasakan hal yang sama," kata Erick dalam akun Instagram-nya.

Dalam unggahannya itu, ia juga menyinggung perjuangan yang dilalui Greysia dalam meraih medali di Olimpiade. Erick berkisah soal Greysia yang didiskualifikasi di Olimpiade London dan hampir memutuskan pensiun pada 2017. "Namun, hari ini semua lelah terbayarkan."

Ia tak lupa mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Greysia/Apriyani yang telah mempersembahkan medali emas. "Kemenangan ini pasti membawa semangat baru untuk kita semua," ucap Erick.

Ketua DPR RI Puan Maharani turut mengucapkan selamat dan apresiasi atas keberhasilan Greysia/Apriyani. Menurut dia, Greysia/Apriyani telah membuktikan ketangguhan perempuan Indonesia dalam berjuang hingga titik akhir.

Puan mengaku bangga dengan Greysia/Apriyani yang berhasil menunjukkan kemampuannya kepada dunia. Sebab, pasangan tersebut sempat tidak diunggulkan, bahkan dari segi usia juga tidak semuda lawannya.

“Mental yang teruji, tidak terintimidasi. Terima kasih telah menebarkan semangat dan harapan bagi seluruh bangsa di tengah situasi pandemi yang sangat butuh kabar-kabar baik seperti ini,” ujarnya.

photo
Pebulutangkis ganda Putri Indonesia peraih medali emas Greysia Pollii/Apriyani Rahayu hormat saat pengibaran bendera Merah-Putih usai menjuarai final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Greysia Pollii/Apriyani Rahayu meraih medali emas setelah mengalahkan ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara itu, media sosial dipenuhi dengan ucapan rasa terima kasih kepada Greysia/Apriyani. Sejak pertandingan dimulai, tanda pagar #GreyApFinalTokyo2020 bahkan menjadi trending topic, bersamaan dengan tagar #Badminton.

Tepat setelah Greysia/Apriyani memenangi pertandingan, warganet ramai-ramai mengucapkan syukur. Tak lama berselang, tagar #Gold memuncaki tanda pagar bersamaan dengan tagar #proudofyou.

Tak sedikit pula warganet yang mengungkapkan rasa harunya ketika lagu Indonesia Raya diputar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo Stadium.

Hadiah menanti 

Sederet bonus dan hadiah telah menanti menanti Greysia/Apriyani. Apresiasi tak akan diberikan pemerintah, tapi juga oleh berbagai elemen masyarakat.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga menjanjikan bonus Rp 5 miliar untuk peraih emas, perak Rp 2 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar di Olimpiade tahun ini. Tak hanya mendapat bonus berupa uang tunai, mereka juga bakal mendapat apresiasi berbentuk sebidang tanah hingga gerai bakso.

Berbagai kalangan telah menyatakan akan memberikan bonus kepada peraih medali dalam pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Misalnya, bos dari J99.Corp, Gilang Widya Pramana, menjanjikan peraih medali emas Rp 500 juta, perak Rp 250 juta, dan perunggu Rp 100 juta.

Selain berbentuk uang, bonus lainnya juga datang berupa sebidang tanah yang dijanjikan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut untuk Greysia Polii yang merupakan atlet berdarah Manado, Sulawesi Utara.

Ada pula bonus gerai kuliner Baso Aci Akang dari influencer sekaligus Youtuber, Arief Muhammad. Dalam akun Instagramnya, Senin (2/8), ia mengucapkan selamat sekaligus berjanji memberikan Greysia/Apriyani masing-masing paket usaha bakso tersebut.

Legenda Bulu tangkis Hariyanto Arbi  mengatakan, ada pengusaha yang berjaji memberikan hadiah berupa apartemen. Bonus itu juga akan diberikan kepada sang pelatih.

"Pengusaha yang dulunya pemain klub Djarum  akan memberikan bonus buat peraih emas. Kemudian, saya usulkan agar pelatihnya juga mendapatkan yang sama. Karena sudah membimbing dan mendampinginya." kata Hariyanto kepada Republika, kemarin.  

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat