Petugas melakukan sterilisasi kepada petugas medis di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (29/6/2021). Kelurahan Pasar Minggu mengadakan vaksinasi untuk membantu percepatan pemberian vaksinasi Covid-19. | Republika/Thoudy Badai
24 Jul 2021, 07:49 WIB

Vaksinasi di Pasar Minggu Digencarkan

Kegiatan ini merupakan bentuk membantu percepatan pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19.

JAKARTA -- Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan (Sudinkes Jaksel) melaporkan, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Pasar Minggu, Jaksel, saat ini mencapai 47,47 persen. Guna melakukan percepatan vaksinasi, Kecamatan Pasar Minggu menggandeng Republika, Universitas Nasional (Unas), dan Masjid Palapa menggelar vaksinasi massal pada Sabtu (22/7).

Pelaksanaan vaksinasi diadakan di halaman kantor Kelurahan Pasar Minggu, Jalan Raya Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jaksel, pada pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Danramil Pasar Minggu Mayor Arm Nawang mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Melalui Babinsa, camat, lurah, hingga RT/RW setempat, Nawang mengatakan, percepatan vaksinasi di Pasar Minggu diadakan di puskesmas, kantor pemerintah, hinga pusat perbelanjaan. “Kita mendorong semuanya lewat pemerintah wilayah setempat, kita dorong warga untuk vaksin. Melalui puskesmas juga di mal seperti di Pejaten Village, Citos, dan di Transmart,” ujar Nawang ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (23/7).

Dia menjelaskan, selain menempatkan lokasi vaksinasi di tempat yang mudah dijangkau masyarakat, kuota vaksinasi juga ditambah. Nawang mengatakan, pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan secara daring melalui Gugus Tugas RW. Adapun kuota yang disiapkan sebanyak 100 dosis per hari untuk dosis pertama.

Terkait

Menurut dia, vaksinasi di kawasan Pasar Minggu tidak hanya dikhususkan bagi warga Jaksel. Nawang menyebut, warga non-KTP Jakarta juga bisa ikut dengan mendaftar terlebih dahulu. Dia menyebut, capaian vaksinasi di Pasar Minggu seharusnya lebih besar dari angka yang dilaporkan. Pasalnya, selama ini, banyak warga luar wilayah mengikuti vaksinasi yang diadakan di Kecamatan Pasar Minggu.

photo
Poster pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. - (Republika/Nurrokhim)
Nggak harus KTP Jakarta Selatan, bebas. Kan dari online bisa mana saja. Makanya itu vaksinasi di Pasar Minggu baru sampe sekitar 40 persen, karena itu warganya yang datang dari mana saja,” ujarnya. 

Berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Pasar Minggu saat ini mencapai 47,47 persen. Oleh karena itu, Kelurahan Pasar Minggu menggelar percepatan vaksinasi bersama Kelurahan Pasar Minggu, Puskesmas Pasar Minggu, Harian Republika, Universitas Nasional, dan Masjid Palapa.

Vaksinasi akan diadakan setiap Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Khusus untuk Sabtu (24/7), vaksinasi akan dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Pasar Minggu di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 
Vaksinasi akan diadakan setiap Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Khusus untuk Sabtu (24/7), vaksinasi akan dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Pasar Minggu.
 
 

Ketua RW 02, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Nurrokhim mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk membantu percepatan pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19 yang dibentuk dari Gugus Tugas Kelurahan, RT/ RW dan Puskesmas.

Nurrokhim mengatakan, vaksinator yang akan melaksanakan vaksinasi merupakan relawan dari warga setempat mulai RW 01 hingga RW 010 Kelurahan Pasar Minggu. Begitu juga dokter relawan yang dikerahkan untuk menjaga vaksinasi.

Relawan diturunkan dalam bentuk membantu tugas tenaga kesehatan (nakes) dan para dokter puskesmas yang tugasnya sudah berat. Hanya saja, lanjut dia, pihak puskesmas ada yang dilibatkan sebagai pemegang data.

“Vaksinatornya dari relawan warga setempat. Dokternya juga dari wilayah. Tapi sebagai pemegang data tetap nakes dari puskesmas karena dokter puskesmas sudah berat melayani warga yang sakit. Jadi biar mereka fokus,” ucapnya.

Dalam kegiatan percepatan vaksin Covid-19 ini dilibatkan Lurah Pasar Minggu, Gita Puspita Sari; Kepala Puskesmas Pasar Minggu, Enny Maduretno; dan Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Sri R Amelia. “Kita bekerja sama dengan klinik-klinik di Pasar Minggu. Dari Universitas Nasional yang sekolah perawat dan klinik dari Masjid Palapa. Kenapa Sabtu? Karena hari libur. Biar warga gampang,” ujar Nurrokhim menambahkan.


Terkini

×