Hikmah Republika Hari ini | Republika

Hikmah

Munajat Nasional

Islam mengajarkan amalan berupa munajat sebagai upaya menangkal musibah.

Oleh IMAM NUR SUHARNO

 

OLEH IMAM NUR SUHARNO

Hidup ini tidak terlepas dari ujian dan cobaan, bahkan hal itu merupakan sunnatullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dalam hidupnya, baik dengan perkara yang menyenangkan maupun dengan perkara yang tidak disukai.

Ujian dan cobaan juga sebagai sarana untuk mengokohkan imunitas keimanan. Tanpanya, manusia akan mengalami lemah imunitas keimanan. Bahayanya lagi ketika manusia merasa hebat dan kuat sehingga tidak perlu munajat kepada Ilahi.

Seiring perkembangan wabah Covid-19 yang semakin meninggi ditambah dengan bervariasinya varian Covid-19. Berbagai usaha secara manusiawi sudah dilakukan mulai dari disiplin penerapan protokol kesehatan secara ketat, vaksinasi, hingga pembatasan wilayah.

Selain usaha secara manusiawi, semestinya diikuti dengan usaha pendekatan diri secara kolektif (nasional) kepada Ilahi melalui upaya peningkatan imunitas keimanan dan ketakwaan sehingga diturunkan keberkahan dari langit dan bumi.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS al-A’raf [7]: 96).

Al-Qurtubi dalam tafsirnya mengatakan, yang dimaksud keberkahan dari langit dan bumi adalah hujan dan tumbuh-tumbuhan. Sementara, al-Baghawi menjelaskan, keberkahan dalam ayat tersebut adalah diluaskan dan dimudahkannya berbagai macam kebaikan di seluruh penjuru.

Dengan iman takwa akan diberi jalan keluar dari setiap permasalahan kehidupan, mendapatkan rezeki dari arah yang tidak diduga, dan dimudahkan dalam segala urusan, termasuk mudah mengendalikan wabah Covid-19 (QS at-Thalaq [65]: 2-4).

Islam sebagai agama yang sempurna (syamil) telah memberikan amalan berupa doa (munajat) sebagai upaya untuk menangkal dari berbagai bala atau musibah yang bisa terjadi kapan di mana saja. Dengan doa, atas izin Allah, bangsa ini akan dilindungi dan diproteksi dari musibah yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang diuji dengan terpapar Covid-19 sehingga mengharuskan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman), selain melakukan aktivitas yang disarankan secara kesehatan, seperti olahraga, berjemur, minum air hangat, makan yang bergizi, dan istirahat yang cukup, juga melakukan aktivitas untuk meningkatkan imunitas jiwa. 

Di antaranya adalah banyak berdoa, melakukan shalat lima waktu tepat waktu, shalat Tahajud, shalat Dhuha, zikir pagi dan sore, perbanyak istighfar, membaca Alquran, bersedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

Dengan usaha secara manusiawi diikuti dengan gerakan munajat nasional sebagai upaya pendekatan kepada Ilahi, bangsa ini akan terlindungi dari musibah, termasuk wabah Covid-19.

Wallahu a’lam.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat