Pemain Portugal, Pepe memeluk temannya Nelson Semedo (kiri) setelah timnya dinyatakan lolos ke babak berikutnya. | EPA POOL/Tibor Illyes / POOL

Olahraga

25 Jun 2021, 13:55 WIB

Prancis, Jerman, dan Portugal Lolos dari Jurang Neraka

Tak hanya meloloskan Portugal, Ronaldo juga mencetak sejumlah rekor.

JAKARTA – Tim nasional Prancis, Jerman, dan Portugal berhasil memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2020. Tiga tim raksasa Eropa itu lolos dari Grup F meski hanya bermain imbang.

Prancis yang berhadapan dengan Portugal di Stadion Puskas Arena, Budapest, Kamis (24/6) dini hari WIB, bermain imbang 2-2. Kedua gol masing-masing tim dicetak Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo.

Ini menjadi gol perdana Benzema sekembalinya ia bersama timnas Prancis. Sebelumnya, sang penyerang kerap disorot media karena belum juga mengakhiri puasa gol.

Ronaldo yang menjadi aktor utama dalam kelolosan Portugal juga mencatatkan rekor gemilang. Dua gol ke gawang Les Bleus menambah koleksi Ronaldo menjadi total lima gol dalam tiga partai fase grup. Ia memimpin daftar top skorer sementara Euro 2020, unggul dua gol dari Patrik Schick (Republik Cheska), Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), dan Georginio Wijnaldum dari Belanda.

Ronaldo pun tercatat sebagai top skorer Piala Eropa sepanjang masa dengan mengemas 14 gol. Ia juga mencetak 48 gol dari 45 pertandingan internasional terakhirnya.

Tak hanya itu, total lima gol Ronaldo di pentas Piala Eropa tahun ini membantunya menorehkan catatan istimewa di panggung internasional. Tercatat, CR7, julukan Ronaldo, saat ini telah mengoleksi 109 gol untuk timnas Portugal. Ia menyamai catatan Ali Daei dari Iran untuk berbagi puncak top skorer sementara internasional.

"Yang sangat saya sukai sebenarnya bukan catatan individu, melainkan sikap kolektif dari tim. Kami kuat, konsisten, dengan semangat luar biasa. Kini kami memiliki waktu untuk menganalisis Belgia sebagai lawan berikutnya," kata pelatih Portugal Fernando Santos, dilansir laman resmi UEFA, Kamis (24/6).

Hasil seri ini sudah cukup meloloskan Portugal ke babak 16 besar. Sang juara bertahan menutup fase grup dengan menempati posisi ketiga klasemen grup.

Portugal akan bersua pemimpin klasemen Grup B, Belgia, yang tampil superior sepanjang Euro 2020. Tim besutan Roberto Martinez belum pernah menelan kekalahan dan hanya kebobolan satu gol dari Denmark.

Adapun Prancis yang keluar sebagai pemimpin Grup F akan berhadapan dengan lawan yang terbilang mudah, Swiss. Skuad Ayam Jantan dari Eropa praktis difavoritkan untuk mengantongi kemenangan. Apalagi armada Vladimir Petkovic hanya menyandang status tim terbaik ketiga fase grup.

Keluar sebagai juara grup memang menjadi bukti Prancis merupakan salah satu tim yang diunggulkan untuk menjuarai Piala Eropa. Skuad besutan Didier Deschamps tidak pernah menelan kekalahan dengan dua hasil imbang dan sekali menang atas Jerman.

Di sisi lain, Jerman sempat limbung manakala gol Adam Szalai pada menit ke-11 membuat Der Panzer kewalahan. Jerman membutuhkan waktu satu jam untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Kai Havertz menit ke-66, sebelum akhirnya laga berkesudahan dengan skor seri 2-2.

Meski dipastikan melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up, permainan Jerman terbilang mengkhawatirkan. Sebab, Die Mannschaft hanya meraih satu kemenangan, sekali kalah, dan satu hasil imbang dengan raihan angka empat dari tiga partai. Skuad Joachim Loew pun telah kebobolan lima kali. "Sangat bagus kami berhasil lolos dari grup yang sulit ini. Sekarang kami bisa menantikan pertandingan melawan Inggris," kata Loew.

Wacana final kepagian sepertinya bakal disematkan saat duel fase gugur Jerman versus Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris. Kedua tim diklaim bakal tampil mati-matian untuk bisa mempertahankan harapan menjadi kampiun Euro 2020.


×