Satu unit Bus Trans Padang keluar dari Terminal Anak Air, Padang, Sumatra Barat, Ahad (23/5/2021). Terminal tipe A satu-satunya di Kota Padang yang dibangun dengan biaya Rp72 miliar itu kini sudah bisa digunakan untuk operasional Bus Trans Padang, tapi ma | Iggoy el Fitra/ANTARA FOTO

Nasional

24 May 2021, 03:40 WIB

Menhub: Penumpang dari Sumatra Wajib Tes Antigen

Pemerintah telah membentuk Satgas Khusus Provinsi Lampung yang dikomando Kapolda Lampung.

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan masyarakat yang melakukan perjalanan dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa wajib melakukan tes cepat antigen. Langkah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 meningat banyak wilayah di Sumatra berstatus zona merah maupun oranye.

“Kami mohon kepada jajaran Pemprov Lampung dan Satgas Khusus Covid-19 Lampung yang diketuai kapolda untuk terus melakukan pengawasan agar tidak ada yang lolos pemeriksaan,” kata dia dikutip dari laman Setkab, Ahad (23/5).

Menhub mengimbau agar masyarakat bisa melakukan tes secara mandiri dari kota asal sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Jawa. Jika hal itu dilakukan, maka tidak perlu mengantre melakukan tes di sejumlah titik pemeriksaan dan menghindari penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni.

Untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pascalebaran dari Sumatra ke Jawa, pemerintah telah membentuk Satgas Khusus Provinsi Lampung yang dikomando Kapolda Lampung.

Satgas khusus ini akan memastikan masyarakat yang akan menyeberang sudah melakukan tes antigen. Ini dilakukan lantaran adanya peningkatan kasus positif di Sumatra yang berpotensi memicu penularan Covid-19.

photo
Polisi mengecek dokumen hasil rapid test penumpang bus di Pos Check Point Penyekatan Antar Provinsi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021). Pada masa perpanjangan penyekatan arus balik hingga tanggal 24 Mei, Kementerian Perhubungan fokus pada dua tempat yakni penghubung antara Pulau Sumatra dengan Pulau Jawa dan penghubung Pulau Bali dengan Pulau Jawa. - (BUDI CANDRA SETYA/ANTARA FOTO)

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sampai 22 Mei 2021 terdapat sebanyak 37.931 orang yang melakukan tes cepat antigen di tujuh titik pengecekan. Sebanyak 338 orang dinyatakan positif dan langsung dibawa ke tempat isolasi yang telah disediakan oleh Satgas Khusus Provinsi Lampung.

“Kalau 338 orang ini lolos masuk ke wilayah Pulau Jawa maka dampaknya akan mudah sekali memberikan penularan kepada warga lainnya,” ujar Doni.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, ratusan orang positif Covid-19 tersebut hasil pengecekan di tujuh posko menjalani isolasi di berbagai tempat yang telah disediakan. Petugas masih akan melakukan pemeriksaan kepada pelaku perjalanan dari Lampung menuju Pulau Jawa, yang rencananya sampai akhir Mei 2021.

Beberapa pelaku perjalanan pada arus balik menyatakan, pemeriksaan tes antigen di posko penyekatan Pelabuhan Bakauheni terjadi antrean panjang yang memakan waktu lama. Tes ini diminta untuk lebih dipercepat, karena banyak menyita waktu di jalan dan rentan dengan penularan Covid-19 kalau terjadi antrean panjang.


×