Imigran menyeberang di perbatasan Maroko-Spanyol di Ceuta Rabu (19/5/2021). | AP/Bernat Armangue

Internasional

Cegah Depopulasi, Spanyol Galakkan Wisata Desa

Spanyol juga akan mengizinkan wisatawan dari negara mana pun yang sudah divaksin Covid-19.

MADRID--Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez tidak hanya mengajak wisatawan untuk menikmati pasir dan hangatnya matahari di pantai-pantai. Tapi, melalui rencana yang ambisius  ia juga mengundang para turis untuk datang ke wilayah pedesaan yang tersebar di Spanyol.

Pemerintah Spanyol menggelontorkan 10 miliar euro untuk menyelamatkan desa-desanya. Depopulasi atau penurunan populasi di desa-desa Spanyol mencapai 42 persen jatuh lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara Uni Eropa lainnya yang sebesar 10 persen.

"Secara khusus saya ingin menekankan wisatawan untuk menikmati atraksi wisata pedesaan yang negeri kami miliki, salah satu permata di mahkota," kata Sanchez dalam pertemuan dengan para walikota daerah di Madrid, Sabtu (22/5).

Mulai Senin (24/5), Spanyol mulai membuka kembali perbatasan mereka untuk warga di luar Uni Eropa yang angka virus koronanya rendah. Warga Inggris dan Jepang juga tidak memerlukan tes dengan hasil negatif untuk bisa masuk Spanyol. 

Mulai 7 Juni mendatang Spanyol juga akan mengizinkan wisatawan  dari negara mana pun yang sudah divaksin Covid-19 untuk masuk. Langkah ini diharapkan dapat membangkitkan industri pariwisata yang lesu selama pandemi virus korona.

Selain membuat visi pariwisata yang berkelanjutan. Salah satu langkah Pemerintah Spanyol meningkatkan kehidupan di desa-desa adalah dengan meningkatkan konektivitas digital untuk perusahaan-perusahaan.

Pemerintah yang moderat kiri, ingin meningkatkan akses internet, memperbaiki rute transportasi, menawarkan pinjaman pada pengusaha muda dan kecil di daerah. Termasuk juga, meluncurkan skema pendidikan Erasmus. Program ini, adalah program Uni Eropa yang mendukung pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga.

Sanchez mengatakan 47 juta pendudukan Spanyol, kini hanya menghuni 12,7 persen lahan di negeri itu. Jauh lebih rendah dibandingkan Prancis yang sebanyak 67,8 persen dan Jerman 59,9 persen. Pemerintah Spanyol mengatakan kepadatan penduduk di desa-desa di negeri itu kurang dari 12 orang dalam setiap satu kilometer persegi. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat