Pelatih Juventus Andrea Pirlo | EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO

Olahraga

Trofi Hadiah Ultah Pirlo karena Keberhasilan Juventus

Kemenangan ini terasa spesial bagi pelatih Juventus Andrea Pirlo.

REGGIO EMILIA – Para penggemar Juventus mendapatkan hiburan pada pengujung musim yang buruk. Juventus baru saja mendapatkan trofi Coppa Italia musim 2020/2021. Ini menjadi trofi ke-14 Biaanconeri dari ajang tersebut atau terbanyak di antara tim-tim lainnya di Italia.

Juventus unggul tipis 2-1 atas Atalanta di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Kamis (20/5) dini hari WIB. Kemenangan tersebut disambut sukacita setelah kesulitan yang dihadapi Juventus dan betapa tangguhnya Atalanta ketika menghadapi Nyonya Tua musim ini.

Bek gaek Juventus Giorgio Chiellini mengaku berbicara dengan kiper veteran Gianluigi Buffon selepas laga. Ia mengatakan, trofi Coppa Italia kali ini sangat berarti setelah dominasi mereka di Seri A dihentikan Inter dan tiket ke Liga Champions belum dipastikan hingga pekan terakhir. "Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, Juventus bukan tim favorit di final. Rasanya agak aneh," kata Chiellini kepada RAI Sport, dikutip dari Football Italia.

Sebelum duel di markas Sassuolo, Juventus belum pernah menang atas Atalanta pada musim ini. Pada babak pertama, Atalanta menggempur pertahahan Juventus. Setelahnya, anak asuh Gian Piero Gasperini tak bisa memperlihatkan kecepatan yang sama. Bisa ditebak, usai jeda, giliran Bianconeri mendominasi.

Federico Chiesa yang mencetak gol kemenangan mengatakan, Juventus tampil dengan intensitas tinggi dan rasa lapar. “Biasanya itu dilakukan Atalanta, meningkatkan kecepatan pada babak kedua, tapi kali ini kami yang berhasil melakukannya," kata Chiesa bangga.

Kemenangan ini terasa spesial bagi pelatih Juventus Andrea Pirlo. Mendekati akhir musim, ia terus dihantam kritik karena inkonsistensi Juventus di Liga Champions dan Seri A. Namun, dengan segala kekurangannya, Pirlo meraih dua trofi domestik pada pengalaman pertamanya menjadi pelatih. Pada Januari lalu, Juventus menjuarai Super Coppa Italia dengan mengalahkan Napoli di Stadion Mapei. Kini, di tempat yang sama, Juventus dibawanya menjuarai Coppa Italia. Makin spesial karena pada 19 Mei 2021 usianya genap 42 tahun. Trofi juara jadi hadiah ulang tahun terbaik Pirlo.

Ia mengatakan, pertandingan ini layak menjadi duel final karena melibatkan dua tim hebat yang berjuang dari awal hingga akhir. “Untuk para penggemar, kami senang bisa memberi mereka malam yang luar biasa," ujar Pirlo.

Trofi edisi terkini juga menandai perpisahan manis antara kiper Gianluigi Buffon dan Juventus. Setelah Juni 2021, sang portiere sudah tak bertugas di Allianz Stadium. Kedua kubu sepakat untuk tidak memperbarui kerja sama.

Namun, pemenang Piala Dunia 2006 itu benar-benar tampil luar biasa di Reggio Emilia. Ia menepis sejumlah peluang emas Duvan Zapata cs. Buffon membuktikan tetap menjadi “superman” kendati telah berusia senja.

"Menyelesaikan dengan cara seperti ini membuat saya bangga, dan saya sangat bahagia. Penggemar, orang-orang di Juve, rekan setim, dan para direktur selalu menjadi bagian dari hidup saya," tutur kiper 43 tahun ini.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andrea Pirlo Official (andreapirlo21)

Pengganti Christiano Ronaldo

Penyerang sayap Barcelona, Antoine Griezmann dilaporkan menjadi sosok ideal untuk menggantikan peran Cristiano Ronaldo yang dirumorkan bakal angkat koper dari Juventus musim panas ini.

Surat kabar Spanyol Sport mengeklaim pihak Barca akan melepas beberapa pemain bintang termasuk Griezmann. Dengan berat hati Los Azulgrana memutuskan mendepak Griezmann lantaran demi menyeimbangkan keuangan klub yang mengalami krisis.

Sumber yang sama dikutip Football Italia, Kamis (20/5) menambahkan apabila Griezmann bisa saja merapat ke Juventus. Apalagi, masa depan Ronaldo di Turin diklaim belum jelas.

Beberapa pekan terakhir tersiar rumor jika Ronaldo berencana untuk pindah dari Juve, meski belum ada informasi terbaru kemana sang superstar asal Portugal mendambatkan pilihannya.

Sementara itu, Juve diklaim harus berjuang untuk mendapatkan Griezmann. Pasalnya, sang pemain hanya akan merapat ke salah satu klub yang memastikan ambil bagian pada ajang Liga Champions musim depan.

Bianconeri sendiri berada dalam posisi tak menentu pada tabel klasemen Serie A Italia. Hingga pekan ke-37 Juve sementara berada di peringkat lima klasemen dengan koleksi angka 75 terpaut satu poin dari Napoli dan AC Milan yang duduk kursi keempat, pun ketiga.

Griezmann memiliki kontrak hingga Juni 2024 dengan Blaugrana dan Bianconeri tidak dapat segera mengontrak pemain dengan kesepakatan permanen.

Nyonya Tua bisa mencari kesepakatan pinjaman dan membayar gaji penuh, tetapi outlet media olahraga Spanyol menyoroti tidak jelas apakah Griezmann akan terbuka untuk pindah dari Camp Nou.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat