Pemain Chelsea Ngolo Kante menyundul bola dalam sebuah pertandingan. | AP

Olahraga

Ngolo Kante Semakin Kuat saat Berpuasa

Ngolo Kante banyak mengukir prestasi dalam sepak bola.

OLEH EKO SUPRIYADI 

Ngolo Kante mungkin telah menjadi pesepak bola paling dicintai selama berkarier di Inggris. Popularitasnya kian meningkat setelah menjadi man of the match dalam dua leg semifinal Liga Champions melawan Real Madrid.

Kante memang tidak mencetak gol dalam kemenangan 2-0 Chelsea di Stamford Bridge, Kamis (6/5) dini hari. Namun, kontribusinya di lapangan hijau dinilai sangat penting.

Dua gol yang diciptakan oleh Timo Werner dan Mason Mount berawal dari kerja keras Ngolo Kante dalam membangun serangan. Usai pertandingan, Kante yang mengendarai mobil Mini Cooper dikerubungi oleh fan. Bahkan, pemain sekelas Kante saja menggunakan Mini Cooper sebagai kendaraannya, di tengah sebagian besar pesepak bola memamerkan mobil Ferrari, Lamborghini, atau Rolls Royce.

Ya, Kante memang dikenal sebagai sosok yang sederhana, pekerja keras, dan murah senyum. Itulah yang membuat dirinya menjadi pemain paling dicintai. Namun, di dalam lapangan, Kante menjadi sosok yang ditakuti lawan. Bahkan, sekarang banyak meme bertebaran yang mengatakan, “71 persen bumi diisi oleh air. Sisanya dijelajahi oleh Kante.” Anggapan itu memang benar adanya.

Melawan Real Madrid saja, Kante hampir ada di semua sisi lapangan. Ia berlari merebut bola, membantu serangan, hingga bertahan. Kante memberikan umpan kepada Kai Havertz yang kemudian tendangannya membentur tiang gawang, sebelum Werner menyelesaikan bola muntah dengan mudah.

Peran yang sama dilakukan dalam gol kedua. Ia merebut bola dari pemain Madrid, lalu menyodorkannya ke Christian Pulisic di sisi kanan untuk kemudian dilanjutkan menjadi assist ke Mount. Karena itulah Kante layak menjadi pemain terbaik dalam pertandingan Chelsea melawan Real Madrid.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh N'Golo Kanté (nglkante)

Tak pernah lelah meski berpuasa

Sebagai seorang Muslim, Kante tetap menjadi puasa selama pertandingan. Namun, pertandingan tak terlihat dihentikan sementara untuk memberikan kesempatan bagi pemain Muslim berbuka puasa. 

UEFA tidak menerapkan kebijakan seperti di Liga Primer Inggris, yaitu pertandingan akan dihentikan sesaat ketika ada pemain Muslim yang ingin berbuka puasa. Hal itu juga terjadi dengan Paul Pogba saat Manchester United melawan AS Roma. 

Meski tak berbuka puasa, Kante tetap memperlihatkan energi yang luar biasa. Berlari tanpa lelah meski dengan kecepatan tinggi.

"Jangan lupa bahwa N'Golo Kante masih berpuasa Ramadhan. Dan masih menampilkan performa yang luar biasa malam ini. Pemain yang luar biasa," kata jurnalis Prancis yang berbasis di London, Julien Laurens, melalui akun Twitter.

Kante memang selalu tampil ganas di dalam lapangan. Namun, ia mewakili wajah seorang Muslim yang murah senyum. Kante hampir tak pernah terlihat marah, baik di luar maupun di lapangan lapangan.

Kante merupakan sosok pemalu. Ia pernah tidak mau berfoto dengan trofi Piala Dunia saat memenangkannya bersama Prancis pada 2018. Mantan pemain Leicester City itu sampai dipaksa oleh rekan setimnya, Steven Nzonzi, untuk berfoto.

Namun, yang membuat Kante menjadi pesepak bola spesial adalah kesederhanaan dan keramahannya. Pernah suatu waktu Kante menerima undangan makan malam dari fan dan menyantap kari sebelum pertandingan, lalu bermain gim. Uniknya, Kante menerima undangan tersebut setelah keduanya bertemu ketika shalat di mushala, saat Kante tertinggal kereta ketika hendak pulang ke Paris.

Kante sendiri mengaku tidak ingin masuk dalam ingar bingar dunia gemerlap pesepak bola Eropa. Ia menyatakan tak ingin menjadi pusat perhatian di luar lapangan. ''Cukup memperlakukan saya sebagai pesepak bola, Anda tidak perlu berlebihan dan bilang, 'Oh, dia seperti ini, seperti ini.’ Saya hanya ingin menjadi pemain di antara pada pemain,'' ucap Kante, dikutip dari Sportbible.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat