Jose Mourinho kini menjadi pelatih AS Roma | EPA-EFE/FACUNDO

Olahraga

Mourinho Mendadak Jadi Pelatih AS Roma

Menurut Friedkin, Mourinho adalah seorang juara yang telah memenangkan gelar di setiap level.

OLEH EKO SUPRIYADI 

Pemilik AS Roma Dan Friedkin seolah menunjukkan kalau dirinya merupakan produsen dan sutradara film Hollywood. Secara mengejutkan, pebisnis asal Amerika itu menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih baru Roma.

Padahal, dalam beberapa pekan terakhir, sosok yang digadang-gadang bakal menggantikan Paulo Fonseca di kursi pelatih adalah Maurizio Sarri. Bahkan, Sarri dan Roma disebut-sebut bakal segera merampungkan kesepakatan.

Namun, tanpa ada aba-aba maupun gosip, tiba-tiba Roma menunjuk pelatih yang baru dipecat Tottenham Hotspur tersebut. Sehingga pengumuman Roma soal penunjukan resmi Mourinho sebagai pelatih dianggap sebagai plot twists.

''Kami bersemangat dan senang menyambut Jose Mourinho bergabung ke keluarga AS Roma,'' ujar Presiden Roma Dan Friedkin, dikutip dari laman resmi klub, Rabu (5/5).

Menurut Friedkin, Mourinho adalah seorang juara yang telah memenangkan gelar di setiap level. Ia yakin, pelatih asal Portugal itu bakal memberikan kepemimpinan dan pengalaman yang luar biasa dalam proyek ambisius klub. Friedkin menyatakan, penunjukan Mourinho adalah langkah besar dalam membangun klub dalam jangka panjang serta konsisten menerapkan budaya juara.

Mourinho tercatat sebagai salah satu pelatih paling sukses di Eropa, dengan mengoleksi 25 trofi bergengsi sepanjang kariernya. Sebanyak 25 trofi tersebut diraihnya setelah melatih FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Pelatih berusia 58 tahun itu juga merupakan satu dari tiga manajer yang telah memenangkan Liga Champions dengan dua klub berbeda dan itu diraihnya juga dalam ajang Liga Europa. Mourinho tiga kali juara Liga Primer Inggris bersama Chelsea (2005,2006 dan 2015). Selain itu, ia juga meraih trofi bergengsi bersama Italia, Spanyol, dan Portugal.

"Saat Mourinho tersedia, kami segera ambil langkah cepat untuk bicara dengan seorang manajer terbaik sepanjang masa. Kami tertarik dengan hasrat dan tekad Jose untuk menang dalam pertandingan," kata manajer umum Roma, Tiago Pinto.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jose Mourinho (josemourinho)

Ingin melatih klub rival Inter

Di sisi lain, tiga hari lalu, Mourinho telah memberi isyarat perihal keinginannya untuk kembali ke Italia. Namun, bukan untuk kembali bersama Inter Milan—klub yang dibuatnya berjaya pada 2010.

Sebaliknya, Mou malah ingin jadi pelatih dari rival Nerazzurri. Sampai akhirnya, dua hari setelah Inter mengunci trofi Seri A, Mourinho memutuskan untuk melatih Roma.

''Saya memenangkan segalanya bersama Inter. Ada pengaruh spesial. Namun, jika suatu hari saya harus ke Italia dan melatih klub rival, saya tidak akan berpikir dua kali,'' kata Mourinho, dikutip dari Football-italia.

Selain itu, seusai dipecat oleh Tottenham, Mourinho mengaku belum ingin beristirahat dari sepak bola. Hal itu berbeda ketika pelatih asal Portugal tersebut dipecat oleh Manchester United. Mou menghabiskan waktu hampir selama setahun di kampung halamannya.

Karena itu, belum genap sebulan dipecat, Mou sudah menerima tawaran dari Roma, yang mulai akan bekerja awal musim depan. Mou mengungkapkan, seusai pertemuan dengan pemilik dan Pinto, dirinya langsung memahami ambisi Roma. Ambisi itu membuatnya termotivasi. Sehingga ingin bersama membangun proyek kemenangan pada tahun-tahun mendatang.

''Hasrat yang luar biasa dari fan Roma meyakinkan saya untuk menerima pekerjaan ini dan saya tidak sabar untuk mengawali musim depan,'' ujar Mourinho.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat