Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menggelar konferensi pers di Yogyakarta, Kamis (29/4). Konferensi pers ini menjelaskan terkait deklarasi Partai Ummat. Dalam partai ini Amien Rais menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Ummat. | Wihdan Hidayat / Republika

Nasional

30 Apr 2021, 03:40 WIB

Partai Ummat Dipimpin Menantu Amien

Struktur Partai Ummat disebut mirip PKS yang mengandalkan Majelis Syuro.

YOGYAKARTA—Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendeklarasikan partai barunya, Partai Ummat, Kamis (29/4). Deklarasi dilakukan secara virtual melalui kanal Youtube Amien Rais Official sekitar pukul 13.00 WIB. Amien Rais menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Sementara, menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Ummat. "Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader dan anggota Partai Ummat pada 17 Ramadhan 1442 Hijriyah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi, bismillahirrahmanirrahim saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," tutur Amien Rais, Kamis (29/4).

Amien Rais menegaskan, kehadiran Partai Ummat untuk bekerja melawan kezaliman di Indonesia. Partai Ummat juga bersedia berkorban untuk menegakkan keadilan. "Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya insya Allah akan berjuang dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," tegasnya.

Walaupun begitu, pihaknya sadar bahwa hal tersebut tidak mudah dilakukan. Untuk itu, Amien Rais menyatakan, perlu adanya kesabaran, ketekunan dan ketangguhan dari seluruh kader partai untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

"Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dan kehidupan nasional. Sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional," jelasnya.

photo
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menggelar konferensi pers di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). Konferensi pers ini menjelaskan terkait deklarasi Partai Ummat. Dalam partai ini Amien Rais menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rohmadi merupakan suami dari putri Amien, Tasniem Rais. Usianya baru 37 tahun dan menjadi ketum termuda partai politik di Indonesia saat ini.

Ia diketahui pernah mengajar Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia (UII). Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai sejumlah pengurus yang diperkenalkan Ummat dalam deklarasi cenderung tak dikenal publik.

"Ridho yang didapuk sebagai ketum juga nyaris tak pernah dikenal publik. Berbeda dengan nama Hanafi Rais yang relatif populer," kata Adi kepada Republika, Kamis (29/4).

Menurutnya deklarasi Partai Ummat tak munculkan efek kejut. Partai Ummat terlihat ingin menjadikan Amien Rais sebagai magnet dengan menempatkan Amien Rais di posisi ketua majelis syuro.

Potensi

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada Nyarwi Ahmad menilai kehadiran Partai Ummat tidak bisa diremehkan. Dengan basis ideologi Islam, partai ini berpotensi tumbuh besar. Nyarwi mengatakan, struktur Partai Ummat mirip dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki kekuatan pada majelis syuronya.

"Tetapi sekali lagi mengelola partai tidak cukup dengan ideologi dan tokoh, namun juga dengan sumber daya. Pertanyaannya seberapa dukungan publik dan dukungan elite terkait sumber daya ini terhadap Partai Ummat," ujar Nyarwi.

Di sisi lain, Partai Amanat Nasional (PAN) tidak khawatir sosok Amien membawa gerbong kader untuk migrasi ke Ummat. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN DIY Suharwanta mengaku konsolidasi kader PAN di wilayahnya berjalan dengan baik. Ia optimistis PAN mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya di DIY.

Terkait adanya kemungkinan pengurus PAN pindah ke Partai Ummat, menurutnya hal tersebut wajar sebagai dinamika yang terjadi di dunia politik. "Sebagaimana juga terjadi bergabungnya mantan pengurus partai lain yang masuk jajaran pengurus PAN," tegasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PARTAI UMMAT (partaiummatofficial)

 

Susunan Pengurus Ummat:

Ketua Majelis Syura': Amien Rais

Wakil Ketua Majelis Syura: MS Kaban, Thalib Shaggaf Al Jufri

Sekretaris Majelis Syura': Ansufri Idrus Sambo

Ketua Umum: Ridho Rahmadi

Wakil Ketua Umum:

1. Agung Mozin

2. Sugeng

3. Chandra Tirta Wijaya

Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhajir Sodruddin

Bendahara Umum: Benny Suharto


×