Pemain Real Madrid Sergio Ramos (kanan) menendang bola dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/JUANJO MARTIN

Olahraga

Penebusan Real Madrid Melawan Chelsea

Real Madrid bakal menjamu The Blues Chelsea pada leg pertama semifinal Liga Champions musim 2020/2021.

MADRID — Real Madrid butuh angin segar. Sejumlah faktor membuat kubu El Real sedikit melenceng dari jalur semestinya. Beberapa pekan lalu Madrid menampilkan kedigdayaan. Si Putih mampu menghajar tim, seperti Liverpool dan Barcelona. Skuad polesan Zinedine Zidane sempat bertengger di puncak klasemen La Liga Spanyol dan melaju mulus di Eropa.

Namun, belakangan Sergio Ramos dan rekan-rekan diadang berbagai permasalahan. Mulai dari hal klasik seperti badai cedera pemain hingga kemudian drama di luar lapangan seputar wacana Liga Super Eropa. Fakta demikian membuat langkah pasukan Zidane tersendat. Madrid hanya meraih satu kemenangan dalam empat laga terakhir. Selebihnya Karim Benzema dkk mendapatkan tiga hasil imbang.

Jelas, Los Blancos menginginkan pelampiasan. Sebuah titik balik untuk kembali ke tren kemenangan. Ada Chelsea di depan mata. El Real bakal menjamu the Blues pada leg pertama semifinal Liga Champions musim 2020/2021. Duel tersebut berlangsung di Stadion Alfredo di Stefano, Rabu (28/4) dini hari WIB. Zidane menyadari tantangan sulit menanti timnya.

Itu hal lumrah saat bertempur di kompetisi terelite Benua Biru. "Kami siap untuk menampilkan jenis permainan seperti ini," kata allenatore berkebangsaan Prancis, dikutip dari laman resmi klubnya, Senin (26/4).

Untungnya sejumlah bintang Los Blancos mulai pulih dari cedera. Eden Hazard dan Dani Carvajal bahkan sempat unjuk gigi saat Si Putih ditahan imbang Real Betis akhir pekan kemarin. Nama kedua diprediksi menjadi starter kontra London Biru.

Zidane juga bakal kembali mengandalkan Toni Kroos. Sebelumnya gelandang asal Jerman ini diistirahatkan dalam tiga laga beruntun. Kroos sudah mulai berlatih penuh bersama rekan-rekannya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chelsea FC (chelseafc)

Hanya, di sektor bek kiri, belum ada perubahan berarti. Ferland Mendy tak terlihat di sesi latihan terakhir. Saat jumpa Betis, Zidane menurunkan Nacho Fernandes mengisi pos Mendy.

Sejatinya Madrid belum terkalahkan dalam 17 laga teranyar. Hitungannya dari berbagai ajang. Sebanyak 12 partai berhasil dimenangkan. Hanya lima duel berkesudahan imbang. Ini menjadi modal berharga sebelum bertempur melawan Chelsea.

Lalu, bagaimana dengan kubu tamu? The Blues baru saja meraih kemenangan penting atas West Ham United. Hasil tersebut membuat skuad polesan Thomas Tuchel naik ke posisi keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Timo Werner dkk di jalur yang benar.

Fakta positif lainnya, Chelsea berhasil lolos ke final Piala FA. Pada babak empat besar, pasukan Tuchel melewati adangan Manchester City. Jelas, awak London Biru sudah menunjukkan bagaimana bertarung dan menjadi pemenang melawan tim dengan kualitas kelas wahid.

"Kami sangat senang karena setiap pekan ada laga penting. Ini adalah pertandingan yang ingin Anda mainkan. Secara emosional dan fisik kami sangat siap," kata bek kiri Chelsea, Ben Chilwell, dikutip dari laman resmi klubnya.

 
Kami sangat senang karena setiap pekan ada laga penting.
 
 

Sama seperti Madrid, Chelsea juga sempat terlarut dalam drama Liga Super Eropa. Namun, awak London Biru bertindak cepat. Setelah mendapat banyak pertentangan, wakil Inggris ini menarik diri.

Situasi demikian membuat pasukan Tuchel lebih fokus ke lapangan dibandingkan sang rival. Melihat statistik terbaru, the Blues kian menancapkan tajinya. Dalam 24 pertandingan terakhir, tim tersebut hanya mengalami tiga kekalahan.

Itu hitungannya dari berbagai kompetisi. Selebihnya Chelsea mendulang 16 kemenangan. Kemudian lima partai berkesudahan imbang. Kedua klub baru tiga kali bertemu pada kompetisi Benua Biru. Pertemuan terakhir terjadi pada 1998 lalu. Saat itu the Blues mengalahkan El Real 1-0 dalam perebutan Piala Super Eropa.

 

Prediksi Formasi

Real Madrid (4-3-3)

Kiper: Courtois

Bek kiri, kanan: Nacho, Carvajal

Bek tengah kiri, kanan: Varane, Militao

Gelandang kiri, tengah, kanan: Kroos, Casemiro, Modric

Penyerang kiri, tengah, kanan: Vinicius jr, Benzema, Asensio

Pelatih: Zinedine Zidane

 

Chelsea (3-4-2-1)

Kiper: Mendy

Bek tengah kiri, tengah, kanan: Rudiger, Silva, Azpilicueta

Bek sayap kiri, kanan: Chilwell, James

Gelandang tengah kiri, kanan: Jorginho, Kane

Gelandang serang kiri, kanan: Pulisic, Mount

Penyerang: Werner

Pelatih: Thomas Tuchel

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Real Madrid C.F. (realmadrid)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat