Pemain Sheffield Ben Osborn (kiri) berupaya membobol gawang Arsenal yang dijaga Bernd Leno (kanan) dalam sebuah pertandingan di Sheffield, Inggris, 11 April 2021. | EPA-EFE/Tim Keeton

Olahraga

Degradasi Hantui Dua Tim Liga Inggris Sheffield dan Albion

Sheffield sudah tak mampu mengejar Burnley

SHEFFIELD – Setelah menderita kekalahan dalam enam laga beruntun, Sheffield United akhirnya merasakan kemenenangan pada lanjutan Primer Inggris. Sheffiled baru saja menundukkan Brighton and Hove Albion 1-0 di Bramall Lane, Ahad (25/4) dini hari WIB.

Hasil ini tak mengubah keadaan. The Blades tetap dipastikan terdegradasi. Sheffield ada di dasar klasemen sementara Liga Primer. Armada the Blades telah menyelesaikan 35 pertandingan. Dengan mengantongi 17 poin, Rhian Brewster dan rekan-rekan tertinggal 16 angka dari Burnley di posisi ke-17.

Hanya ada lima pertandingan tersisa bagi Sheffield. Secara matematis, the Blades sudah tak mampu mengejar Burnley.

Terlepas dari kepastian akan lembali ke Divisi Championship, pelatih interim Sheffield Paul Heckingbottom merasa pasukannya pantas mendapat pujian. Mereka tampil penuh determinasi. Menurut sang pelatih, pasukannya ingin menang untuk penggemar, walaupun mereka sudah mengetahui ke mana akan melangkah setelah musim ini berakhir.

"Musim depan, kami peserta Divisi Championship. Itu bukan berarti kami tidak akan memberikan segalanya dari saat ini hingga akhir musim nanti," kata arsitek 43 tahun, dikutip dari laman the Star.

Lantas, tim mana saja yang berpotensi mengikuti jejak the Blades? Jika merujuk ke klasemen terakhir, West Bromwich Albion ada dalam posisi sulit. The Baggies tertahan di peringkat 19 dari 32 laga dengan nilai 24, terpaut sembilan poin dari Burnley di batas akhir zona aman.

West Brom bertanding melawan Aston Villa pada Senin (26/4) dini hari tadi. Setelah menghadapi Villa, West Brom masih harus meladeni sejumlah lawan tangguh, tiga di antaranya, yakni Arsenal, Liverpool, dan West Ham United. Tampaknya, kecil kemungkinan bagi West Brom untuk lepas dari jeratan degradasi.

Reputasi pelatih mereka, Sam Allardyce, yang punya rekam jejak sebagai sosok penyelamat tim-tim di zona merah tampaknya tak akan berpengaruh besar kali ini. Sebab, Arsenal, Liverpool, dan West Ham juga punya misi sapu bersih demi mengamankan tempat di kompetisi Eropa musim depan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sheffield United (sheffieldunited)

Allardyce mengeluhkan penjadwalan ini. Menurut dia, timnya beberapa kali mengalami kerugian karena hal tersebut. Namun, ia tak bisa berbuat banyak. "Orang bisa mengatakan apa yang mereka inginkan bahwa saya membuat alasan sebelum pertandingan dimulai. Itu bukan alasan, itu fakta," ujar Allardyce, dikutip dari Birmingham Mail.

Selanjutnya, ada Fulham di posisi ke-18 tabel klasemen atau batas atas zona merah. Skuad polesan Scott Parker mengantongi 27 poin dari 33 partai. Anak-anak London juga mempunyai sejumlah lawan berkelas di depan mata. Dua di antaranya, Chelsea dan Manchester United. Sisanya, the Whites akan berhadapan dengan Burnley, Southampton, dan Newcastle United.

Masih ada peluang Fulham untuk menjauh dari zona merah. Namun, pasukan Parker harus bersaing ketat dengan Burnley (33 poin) serta Brighton (34) yang juga memiliki target serupa. Burnley akan melawan West Ham, Fulham, Leeds, Liverpool, dan Sheffield. Laga kontra Fulham akan sangat krusial bagi Burnley. Jika menang pada laga ini ditambah membekuk Sheffield, Burnley bakal aman.

Sementara, Brighton dinanti partai berat kontra Leeds, Wolverhampton, West Ham, Manchester City, dan Arsenal. Dua laga melawan Leeds dan Wolves wajib dimenangkan Brighton untuk berada dalam posisi relatif aman.

Beberapa lainnya juga dalam posisi yang belum pasti bertahan. Newcastle dan Southampton yang sama-sama mengoleksi nilai 36 secara matematis harus memenangkan minimal tiga pertandingan selanjutnya. Namun, satu atau dua kemenangan saja tampaknya sudah menggaransi posisi mereka.

Palace yang kini tertahan di posisi ke-13 juga butuh satu kemenangan dari tujuh pertandingan sisa mereka. Palace telah mengantong 38 poin dari 31 laga. Palace akan menghadapi Leicester, Sheffield, Southampton, dan Liverpool pada laga tandang serta menjamu City, Villa, dan Arsenal di kandang. Dengan rekam jejak Palace yang kerap mengejutkan tim papan atas, mendapatkan tiga poin tambahan bahkan lebih dari tujuh laga sisa itu bukan suatu yang mustahil.

Jadi, tampaknya tak banyak yang berubah di klasemen sementara. West Brom dan Fulham paling mungkin menemani Sheffield ke Divisi Championship musim depan. Andai ada kejutan, posisi Fulham digantikan oleh Burnley ataupun Brighton.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat