Penjaga gawang Liverpool Alisson (kanan) mengadang serangan pemain Real Madrid Vinicius Junior (kiri) dalam sebuah pertandingan Liga Champions di Liverpool, Inggris 14 April 2021. | EPA-EFE/Peter Powell

Olahraga

Saatnya Madrid Kembali ke Puncak 

Madrid kini duduk di posisi kedua, terpaut tiga poin dari Atletico.

MADRID -- Real Madrid punya kesempatan untuk kembali naik ke puncak klasemen La Liga Spanyol meski mungkin hanya sementara. Caranya, Los Blancos harus mengalahkan Real Betis pada laga pekan ke-32 di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Ahad (25/4) dini hari WIB. 

Madrid sempat menempati puncak klasemen setelah mengalahkan Cadiz pada Kamis (22/4) dini hari WIB. Namun, itu hanya bertahan sehari. Posisi puncak kembali direbut Atletico yang mengalahkan Huesca, 2-0, Jumat (23/4) dini hari WIB. Gol Los Rojiblancos diciptakan Angel Correa dan Yannick Carrasco.

Kemenangan juga diraih pesaing terdekat Madrid, yaitu Barcelona. Blaugrana menekuk Getafe dengan skor meyakinkan 5-2. Dua kemenangan yang diraih rival Madrid tersebut menjadi pesan bagi pelatih Zinedine Zidane bahwa timnya tak boleh kehilangan satu poin pun pada enam laga sisa ke depan. 

Madrid kini duduk di posisi kedua, terpaut tiga poin dari Atletico. Los Blancos hanya unggul dua angka dari Barcelona di posisi ketiga. Namun, Barca punya satu laga sisa lebih banyak dibandingkan dengan Madrid dan Atletico. 

Dengan ketatnya perolehan angka ini, Madrid wajib menyapu bersih laga sisa jika tak ingin kesempatan meraih gelar La Liga hilang. 

Dilansir dari Sportsmole, Madrid masih tanpa kapten Sergio Ramos, Lucas Vazquez, dan Ferland Mendy ketika menjamu Betis nanti. Ketiganya masih berkutat dengan cedera. Sementara, Fede Valverde absen karena karena baru sembuh dari Covid-19. Kabar baiknya, Eden Hazard kemungkinan bisa terlibat dalam laga tersebut setelah ada perkembangan baik mengenai cedera ototnya.

Toni Kroos yang juga tak diikutsertakan ketika Madrid mengalahkan Cadiz kemungkinan akan kembali mengisi lini tengah Madrid. Namun, pemain asal Jerman tersebut belum bisa dipastikan akan tampil sejak awal. Sebab, Kroos dan Luca Modric mengeluhkan masalah pada otot mereka dan tak ikut latihan pada Kamis (22/4). Bisa jadi keduanya diparkir agar siap melawan Chelsea pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (28/4).

Zidane kemungkinan akan memberikan kesempatan kepada Dani Carvajal turun melawan Betis sebagai pemanasan sebelum menjamu Chelsea. Carvajal masuk sebagai pemain pengganti ketika Madrid menang 3-0 atas Cadiz. Zidane pun dapat memainkan Marco Asensio sejak awal menggantikan Rodrygo Goes. Asensio dapat bahu-membahu di lini depan dengan Karim Benzema dan Vinicius Junior di depan. Sementara, di belakang, duet Raphael Varane dan Casemiro diperkirakan tampil melawan Betis.

Madrid tak kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir dan itu membuat Zidane senang. Menurut pelatih berdarah Aljazair itu, catatan tersebut bentuk tekad timnya mengamankan dua gelar sisa yang mungkin diraih musim ini.

“Kami masih hidup di kedua kompetisi dan kami terus maju. Kami telah mengambil tiga poin yang sangat penting untuk menjaga kami dalam perlombaan, tapi jalan masih panjang,” kata Zidane seusai kemenangan melawan Cadiz, dilansir dari Football Espana.

Pernyataan Zidane tersebut sebuah peringatan bagi tim tamu bahwa Madrid sedang mengincar poin penuh setiap pertandingan. Betis pun harus menyiapkan strategi tepat untuk meredam ambisi tuan rumah.

Betis datang ke markas Madrid bermodalkan lima pertandingan terakhir tanpa kekalahan, yaitu satu kemenangan dan empat hasil imbang. Salah satunya berhasil menahan Atletico. Itu artinya Betis bukan lawan mudah ditaklukkan. Namun, Betis tanpa tiga pemainnya, yaitu Victor Camarasa, Dani Martin, dan Nabil Fekir.

Tim asal Sevilla tersebut mencatatkan tiga kali clean sheet dalam laga tandang terakhir melawan Madrid di semua kompetisi. Betis yang saat ini menempati posisi keenam juga mempunyai ambisi meriah poin penuh guna tampil di kompetisi Eropa musim depan. Maka dari itu, laga ini diprediksi akan berlangsung ketat dan sengit.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Real Madrid C.F. (realmadrid)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat