Diogo Jota dari Liverpool, kanan kedua, melakukan selebrasi bersama rekan setimnya Mohamed Salah, kanan, setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Wolverhampton Wanderers dan Liverpool di Stadion Molineux | AP/Paul Ellis/Pool AFP
19 Apr 2021, 11:24 WIB

Peluang Liverpool ke Empat Besar

Liverpool akan bertandang ke markas Leeds United, Selasa (20/4) dini hari WIB.

LIVERPOOL -- Liverpool tidak boleh membiarkan musim ini makin kelam setelah kehilangan satu-satunya peluang meraih trofi musim ini usai disingkirkan Real Madrid dari Liga Champions. Caranya, the Reds harus mampu finis di empat besar Liga Primer Inggris agar bisa kembali ke Liga Champions musim depan. Sebab, gagal tampil di kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa ini akan menjadi pukulan telak bagi skuad the Reds yang juga bisa memengaruhi keuangan klub.

Liverpool saat ini berada di peringkat enam dengan tujuh pertandingan sisa. Anak-anak asuh Juergen Klopp tertinggal tiga poin dari West Ham United di posisi empat. Namun kesempatan kembali ke empat besar lebih cepat terbuka lebar. Liverpool akan bertandang ke markas Leeds United di Elland Road pada laga pekan ke-32 Liga Primer Inggris pada Selasa (20/4) dini hari WIB. 

Jika menang, Liverpool akan menggusur West Ham yang sudah tersandung di kandang Newcastle United, kalah 2-3 pada Sabtu (17/4). Setidaknya, Liverpool akan berada di empat besar sampai menunggu hasil Chelsea vs Brighton, tengah pekan ini. Chelsea belum melakoni laga pekan ke-32 karena baru tampil di semifinal Piala FA, Sabtu.

Meski tampil buruk di Liga Champions, the Reds sedang on fire di liga dengan tiga kemenangan beruntun. Kabar baiknya, Liverpool tidak memiliki tambahan daftar pemain cedera saat berkunjung ke Elland Road. “Jadi, jalannya jelas, kami harus menang,” kata Klopp, dikutip dari laman resmi Liverpool, Ahad (18/4).

Terkait

Klopp menyatakan, situasi skuad-nya saat ini sedang positif. Apalagi, Leeds hanya sekali menang dalam 11 pertandingan kandang melawan Liverpool di semua kompetisi. Terakhir kali, Leeds berjaya pada 2000 saat Mark Viduka mencetak empat gol untuk membawa the Whites menang 4-3. 

Meski demikian, Klopp tetap menghormati Leeds. Menurutnya, Leeds berada dalam momen yang berbeda di liga. Apalagi, pekan lalu, mereka mengalahkan Manchester City 2-1 dengan hanya 10 pemain. Padahal, lanjut dia, tidak banyak tim yang bisa melancarkan serangan balik ke pertahanan City dengan 10 pemain.

 

 

Leeds benar-benar spesial dan untuk itu kami harus siap.

 

JUERGEN KLOPP, Pelatih Liverpool
 

Misi the Reds meraih tiga poin di Elland Road dipastikan tak akan berjalan mudah. Leeds juga sedang dalam performa terbaiknya musim ini usai menang tiga kali beruntun di liga setelah menumbangkan City, akhir pekan lalu. Tiga poin dari markas City bisa menjadi motivasi lebih bagi Patrick Bamford cs untuk bisa membuat Liverpool gigit jari. Terlebih, peluang Leeds ke kompetisi Eropa masih terbuka lebar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Liverpool Football Club (liverpoolfc)

Pelatih Leeds Marcelo Bielsa memuji permainan Liverpool yang menghibur. Ia menyebut, klub asal Merseyside itu selalu tampil dengan sikap yang sama. Bielsa memuji, tidak ada satu pun pemain Liverpool yang tidak siap menerima bola dalam segala situasi dan posisi. Sang juara bertahan liga juga punya kekuatan di lini serang yang besar, ditopang bek sayap yang selalu naik membantu.

"Saya pikir, mereka adalah tim yang konsisten saat bermain sepak bola. Mereka tidak berspekulasi, selalu menyerang, dan menghabiskan waktu di sana serta tidak banyak bertahan," kata Bielsa, dikutip dari laman resmi klub.

Leeds terancam tak diperkuat oleh Raphinha yang mengalami cedera saat melawan City. Namun, Bielsa menyebut, perkembangan pemulihan Raphinha cukup baik. Ia bertekad membalas kekalahan 3-4 pada pertemuan pertama di Andfield. n ed: Israr Itah

Prediksi susunan pemain

Leeds United

4-1-4-1

Meslier; Ayling, Llorente, Koch, Alioski; Phillips; Costa, Dallas, Roberts, Harrison; Bamford

Pelatih: Marcelo Bielsa

Liverpool

4-3-3

Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Kabak, Robertson; Fabinho, Wijnaldum, Milner; Salah, Jota, Mane

Pelatih: Juergen Klopp


×